Yuk Kenalan Sama Edge Computing!
Apa bedanya Edge Computing sama Cloud Computing??

Yuk Kenalan Sama Edge Computing, Saudaranya Cloud Computing!

Apa bedanya Edge Computing sama Cloud Computing?


Kisanak pasti familiar kan sama istilah Cloud Computing? Kalau udah familiar sama istilah Cloud Computing, kisanak juga harus tau nih sama istilah Edge Computing. Menurut kisanak, apa sih Edge Computing itu? Apa bedanya Edge Computing dengan Cloud Computing? Hari ini Qatros bakal ngajak kisanak untuk kenalan sama Edge Computing. Yuk simak!

Apa itu Edge Computing?

Edge Computing adalah sebuah proses yang memungkinkan data yang dihasilkan oleh perangkat internet dapat diproses dengan lebih mudah dan dekat ke tempat pembuatannya. Daripada harus mengirim data yang dihasilkan melintasi rute panjang ke pusat data atau cloud, Edge Computing ini mempersingkat dan mempermudah pengiriman dan penyimpanan data. 

Edge Computing juga memungkinkan untuk dilakukannya komputasi dengan lebih dekat ke tepi jaringan yang juga memungkinkan untuk menganalisis data penting dalam waktu dekat. Atau dalam kata lain, Edge Computing adalah sebuah jaringan mesh pusat data mikro yang memproses atau menyimpan data penting secara lokal dan mendorong semua data yang diterima ke pusat data dalam jarak kurang dari 100 kaki persegi.

Edge Computing familiar dalam penggunakan IoT atau internet of things, di mana Edge Computing bakal mengumpulkan data dalam jumlah kecil atau besar dan mengirimkan semuanya ke pusat data atau cloud untuk diproses. Edge Computing ini bekerja dengan memproses data secara lokal dengan mengurangi lalu linta backhaul ke repositori pusat.

Seberapa penting Edge Computing?

Edge Computing ini sebenarnya sangat ideal dalam berbagai situasi. Apalagi ketika perangkat IoT memiliki konektivitas internet yang super buruk dan jadi nggak efisien untuk perangkat IoT buat terhubung ke pusat cloud. Edge Computing juga berhasil mengurangi latensi karena data nggak harus melintasi jaringan ke pusat cloud untuk diproses.

Edge computing ini dianggap sangat ideal loh kisanak, karena edge computing ini sangat bisa diandalkan untuk situasi di mana latensi milidetik nggak dapat dipertahankan. Contoh dari penggunaan edge computing yang paling sering ditemui adalah dalam industri layanan keuangan dan manufaktur.

Nggak cuma itu aja, edge computing ini juga ada loh dalam pengembangan jaringan seluler 5G generasi berikutnya yang digunakan oleh para perusahaan telekomunikasi. Karena menurut Kelly Quinn sebagai manajer riset IDC, dirinya menyatakan kalau dengan hadirnya edge computing akan semakin menambah pusat data mikro yang terintegrasi atau terletak berdekatan dengan menara 5G.

Itu dia kisanak soal edge computing, menurut kisanak gimana nih? Perlu nggak sih penggunaan Edge Computing dalam kehidupan sehari-sehari. Bisa aja kan kita menggunakan sistem edge computing ketika ibu kita menyuruh kita jajan ke warung, jadi daripada lupa sama catatan di kertas, titipan ibu kisanak udah ada di dalam edge computing. Jadi kisanak tinggal buka lagi deh!

Latest Posts


Sign in to leave a comment
Kenapa Landing Page itu Penting untuk Website Kamu?