Wi-Fi Generasi 7: Evolusi dari Wi-Fi Generasi Terbaru
Wi-Fi generasi 7 menghadirkan banyak perubahan dan perkembangan loh dari versi Wi-Fi generasi sebelumnya. Kira-kira fitur apa aja sih yang bakal dihadirkan lewat Wi-Fi generasi 7 ini?

Wi-Fi Generasi 7: Evolusi dari Wi-Fi Generasi Terbaru

Wi-Fi generasi 7 menghadirkan banyak perubahan dan perkembangan loh dari versi Wi-Fi generasi sebelumnya. Kira-kira fitur apa aja sih yang bakal dihadirkan lewat Wi-Fi generasi 7 ini?

Dua tahun lalu, kita baru aja mengenal Wi-Fi generasi keenam nih kisanak. Tapi saat ini ternyata kita udah disiapkan untuk menyambut Wi-Fi generasi terbaru, yang nggak lain dan nggak bukan adalah Wi-Fi generasi 7. Nggak nyangka ya, udah lebih dari 20 tahun semenjak Wi-Fi generasi pertama dirilis.

Sebagai makhluk sosial yang senantiasa menggunakan media sosial untuk selalu up-to-date, kita butuh banget nih Wi-Fi. Ibarat makan nasi tanpa garam, akses media sosial tanpa Wi-Fi tuh rasanya ada yang kurang. Ya gimana nggak kurang, tanpa Wi-Fi, kita bisa jadi lebih boros karena kuota kita selalu berkurang secara signifikan untuk mengakses banyak situs dan aplikasi.

Bicara soal Wi-Fi generasi terbaru, Wi-Fi generasi 7 menghadirkan banyak perubahan dan perkembangan loh dari versi Wi-Fi generasi sebelumnya. Kira-kira fitur apa aja sih yang bakal dihadirkan lewat Wi-Fi generasi 7 ini? Kapan Wi-Fi generasi 7 ini bakal hadir? Nah hari ini Qatros Teknologi Nusantara bakal langsung membahas tuntas tentang Wi-Fi generasi 7 ini. Simak yah!

Sebagaimana teknologi pada umumnya, Wi-Fi juga dituntut untuk meningkatkan performanya, menaikkan efisiensi pada spektrum, mengurangi biaya, dan yang paling penting untuk meningkatkan user experience para pengguna Wi-Fi itu sendiri.

Dengan kehadiran 5G juga, Wi-Fi generasi 7 diharapkan dapat memberikan akses internet bagi orang-orang di luar sana yang sama sekali belum terhubung dengan akses internet loh kisanak. Itu makanya walaupun baru aja dua tahun lalu Wi-Fi generasi 6 dipasarkan secara global, para developer Wi-Fi sudah mempersiapkan kehadiran Wi-Fi generasi 7 dari tahun lalu.

Buat yang belum tau, Wi-Fi generasi 7 ini dikembangkan oleh IEEE (the Institute of Electrical and Electronics Engineers) Group yang sepertinya bekerja sama juga sama Intel, kisanak. Untuk mencapai ekspektasi yang diinginkan oleh pengguna secara global, Wi-Fi generasi 7 ini memiliki tujuan yang super ambisius dengan requirement yang ketat.

Saat ini, IEEE masih memiliki banyak rencana untuk akhirnya bisa merilis Wi-Fi generasi 7 802.11 di tahun 2024 nanti. Wuidihhhh, kayaknya bakal lebih kenceng banget ya si Wi-Fi generasi 7 ini? Kisanak pasti udah tertarik banget nih!

Apa aja sih yang bakal hadir di Wi-Fi generasi 7?

  • Higher data rates

  • Lower latency

  • Higher spectrum efficiency

  • Higher power efficiency

  • Better interference mitigation

  • Higher Capacity Dencity

  • More connected devices

  • Higher cost effiency

Timeline Wi-Fi generasi 7

Wi-FI Next Generation

Source: Intel Corporation

Kalau dilihat dari gambar di atas, rencananya Wi-Fi generasi 7 ini akan selesai pada Mei tahun 2024 mendatang. Nantinya Wi-Fi generasi 7 ini akan memakai basis penyempurna dari versi sebelumnya yaitu 802.11be dan nantinya juga IEEE akan merilis program sertifikasi setelah proses standarisasi selesai dikerjakan.

Wi-Fi dari generasi ke generasi

Wi-FI Next Generation

Source: Intel Corporation

Dari gambar di atas kisanak bisa melihat improvisasi Wi-Fi dari generasi ke generasi. Coba lihat deh, di tahun 2007 Wi-Fi generasi 4 memiliki bands yang hanya mencapai 5GHz, keamanan WPA 3, serta 4x4 MIMO. Sedangkan pada Wi-Fi generasi 7, kisanak bisa melihat perubahan yang signifikan. Dimana pada Wi-Fi generasi 7 ini memiliki bands yang mencapai 7.25 GHz, keamanan WPA 3 yang sama seperti Wi-Fi generasi 6, dan 16x16 MIMO.

Gimana nih kisanak, udah siap belum menyambut kehadiran Wi-Fi generasi 7 di tahun 2024 nanti? Wi-Fi ini pastinya dibutuhkan banget nih sama kita semua, apalagi di banyak startup yang ada di Jogja. Kita semua butuh akses internet yang super cepat juga untuk bekerja. Gimana tanggapan kisanak, coba komen di bawah dong!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Kemendagri Raih Penghargaan atas Penerapan Sistem Merit untuk Membangun Smart ASN
sistem merit untuk membangun Smart ASN adalah salah satu sistem manajemen sumber daya manusia di sebuah perusahaan.