Tips Mengelola Aset Teknologi/Digital
Pengelolaan aset teknologi/digital yang tepat akan memperkuat impact, interaction, sustainability, efficient, dan quality dari bisnis Anda



Membuat bisnis agar dapat tampil secara digital merupakan satu bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh para pebisnis untuk berinteraksi dengan publik. Perlu untuk membuang pikiran bahwa membuat tampilan bisnis di arena digital hanyalah persoalan mengikuti tren. Jika melihat aspek perkembangan dari ranah teknologi yang terus dipacu oleh para developer yang berperan di dalamnya, arena digital berpeluang besar untuk bertahan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Maka dari itu, akan sangat disayangkan jika melewatkan peluang yang memang terbuka lebar. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh para pebisnis sebagai upaya untuk membuat bisnisnya dapat tampil dan dijangkau oleh publik secara digital, antara lain:

1) Membuat media sosial.
2) Membuat website.
3) Membuat aplikasi mobile.
4) Memanfaatkan search engine.

Hasil dari pengupayaan empat hal di atas dapat kita sebut sebagai ‘aset bisnis’. Apabila telah mengupayakan empat hal yang telah disebutkan di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan ‘maintenance’ dan ‘pengembangan’. Objek dari upaya ‘maintenance’ dan ‘pengembangan’ adalah ‘infrastruktur’ dan ‘konten’. Perlu untuk merancang dan memantau aset-aset tersebut dalam periode-periode tertentu sesuai dengan keperluan bisnis.

Startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara mempunyai sederet layanan dan produk yang akan membantu proses ‘maintenance’ dan ‘pengembangan’ aset teknologi/digita Andal. Masing-masing dari layanan dan produk yang akan disebutkan berikut akan memperkuat impact, interaction, sustainability, efficient, dan quality dari aset bisnis.

Pentesting

Pentesting (penetration testing) merupakan sebuah simulasi serangan cyber pada sistem - jaringan aset teknologi/digital. Tiap aset teknologi/digital memiliki sistem dan/atau jaringan yang perlu untuk diperkuat pertahanannya. Pentesting (penetration testing) merupakan suatu upaya preventif untuk mengevaluasi keamanan aset teknologi/digital Anda karena sistem – jaringan yang lemah akan membuka lebar peluang untuk dieksploitasi oleh pihak-pihak lain untuk keuntungan tertentu.

Designing

Designing merupakan layanan merancang arsitektur, modul, interface, dan data dari sistem produk digital. Layanan designing akan mencakup tipografi, layout dan grid, warna, ikon, komponen dan coding convention, voice and tone, style-guide dan dokumentasi. 

Getdebug

Getdebug merupakan platform skenario dan bug collaboration tool untuk mempermudah kerja tim (QA, PM, Dev) dalam proses development sebuah software. Preset bug report yang dikembangkan Getdebug akan meringankan proses penulisan bug reporting bagi para QA. Sedangkan, PM dan Dev akan mudah dalam mengelola bug reporting yang masuk ke dalam daftar.

Chat Engine

Chat Engine merupakan layanan pembuatan fully functional chat utility untuk software Anda. Penambahan fitur chat dapat dimaksimalkan untuk membuat produk digital Anda lebih ‘hidup’. Terlebih apabila produk digital yang di-develop merupakan wadah yang kerap kali melibatkan interaksi human to human.

QRCode-Barcode Generator

QRCode-Barcode Generator merupakan layanan pembuatan label optikal yang dikhususkan untuk menyimpan data sesuai dengan kebutuhan pengguna. QRCode dan barcode dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Barcode cukup familiar digunakan untuk memuat informasi terkait produk yang dijual di suatu swalayan. Sedangkan QRCode dapat memuat informasi-informasi yang lebih bervariasi seperti url, nomor telepon, teks, dan lain-lain.

Landing Page

Landing page merupakan halaman dalam website yang didesain khusus untuk keperluan pemasaran. Landing page bertujuan untuk mendorong  pengunjung halaman web agar fokus pada sebuah produk atau melakukan aksi tertentu. Fungsi lain dari landing page adalah mengumpulkan data pengunjung potensial yang akan berpartisipasi dalam sebuah event atau melakukan transaksi di kemudian hari.

WebRTC Streaming

WebRTC streaming dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, utamanya untuk aplikasi yang mewadahi interaksi human to human. WebRTC streaming merupakan fitur real-time communication dengan beberapa pilihan format output yang dapat disesuaikan dengan kepentingan bisnis Anda dari: video, audio, sampai audio - visual.

Besarnya migrasi bisnis dari offline menuju online merupakan salah satu fenomena yang menjadi ciri khas era saat ini. Selain persoalan infrastruktur teknologi yang makin solid, semakin dekatnya teknologi dengan masyarakat merupakan potensi pasar yang perlu untuk dimaksimalkan oleh para pebisnis. Startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara menyarankan kepada semua pemilik bisnis agar memanfaatkan perkembangan faktor teknologi ini. Bukankah setiap peluang perlu untuk dimaksimalkan?

Sign in to leave a comment
What is Getdebug Made of? (Part 2)
TL;DR: JavaScript