Tips Kegiatan Ramadan 2o2o: Tetap #dirumahaja
Tips kegiatan Ramadan 2020 ini tetap mengedepankan jargon #dirumahaja. Maklum lagi 'Covad Covid', bosque~

Tips Kegiatan Ramadan 2o2o: Tetap #dirumahaja

Tips kegiatan Ramadan 2020 ini tetap mengedepankan jargon #dirumahaja. Maklum, lagi 'Covad Covid', bosque~

Tips Kegiatan Ramadan 2020 #dirumahaja

Bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan bulan Ramadan sebelumnya. Tidak hanya menahan diri karena menjalankan ibadah puasa seperti sebelumnya, ibadah puasa kali ini makin komplit dengan adanya himbauan untuk kita menahan diri bepergian dari rumah.

Mau ngabuburit dengan jalan-jalan tidak memungkinkan. Mau ngabuburit ngobrol seru bareng temen di rumah makan yang nantinya dilanjut dengan buka bareng juga nggak mungkin karena rumah makan sekarang cuma memfasilitasi kisanak untuk take away makanan saja.

Ngabuburit merupakan kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghindarkan kisanak-kisanak sekalian dari penjiwaan rasa lapar dan haus yang terlalu mendalam. Maka dari itu, startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara, mau ngasih beberapa opsi kegiatan ngabuburit yang memungkinkan untuk dijalani oleh kisanak-kisanak sekalian guna mengisi Ramadan tahun ini.

Kami sangat memahami  bahwa kegabutan menjelang magrib bisa jadi momen yang mengerikan. Jadi, dicek-cek aja, siapa tahu ada kegiatan yang kisanak banget.

1. Ngabuburit untuk Ngumpul Online

    Yang biasanya gampang banget buat ngajakin temen buat ngabuburit, jalan-jalan ke lokasi-lokasi tertentu, saat ini hal semacam itu cukup riskan untuk dilakukan. Kalau pun nekat malah nanti 'tercyduk' oleh aparat yang siap mengamankan orang-orang yang berkumpul ramai-ramai di tengah masa Corona ini.

    Tenang kisanak, tenang. Dengan bantuan teknologi, kita masih bisa melakukan aktivitas ngabuburit secara online. Pakai aja salah satu aplikasi yang menyediakan layanan video conference. Kisanak-kisanak sekalian masih bisa sharing-sharing cerita seru sambil menunggu adzan magrib berkumandang.

2. Belajar Masak

    Aktivitas yang satu ini sangat tidak disarankan untuk kisanak-kisanak yang punya kelemahan rohani terhadap makanan. Lebih baik dihindari saja, daripada kisanak sok-sokan kuat.

    Masak bisa mengganti menu-menu makanan yang biasa dipesan lewat aplikasi Ojek Online. Belajar masak bisa dijadikan latihan untuk membina rumah tangga, masakin pasangan kan jadi enak tuh. Seenggaknya, kalau emang pasangan kisanak masih jauh, skill masak bisa lah dipakai jadi survival skill lah.

3. Nonton Streaming

    Kegiatan ampuh lain yang bikin lupa sebentar rasa lapar dan haus adalah nonton. Langsung aja kalian pilih TV series, film, video seru yang kalian suka. Eh, kisanak juga bisa nontonin ceramah. Siapa tahu kan mau mempertebal yang perlu ditebalkan.

4. Ikut Webinar

    Buat pribadi-pribadi yang sinis terhadap kegiatan-kegiatan unfaedah, bisa banget gabung webinar alias seminar online. Niscaya sih ada insight dan hal-hal baru yang bakal kisanak dapat dari acara semacam ini. Banyak banget startup atau figur-figur di dunia digital bikin webinar. 

5. Ibadah

    Satu pamungkas (yang bukan Bambang) dari beberapa kegiatan yang telah disebutkan. Katanya pak ustaz banyak amalan-amalan yang dilipatgandakan pada bulan puasa ini. Jadi kalau mau cari untung gede atau mau bayar utang-utang, langsung aja gas beribadah, gaes.

Jadi begitulah kira-kira kisanak beberapa pilihan kegiatan yang mungkin dilakukan saat Ramadan tahun ini dari salah satu startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara. Mana nih kegiatan yang kisanak banget? Atau mungkin punya saran lain? Tulis aja langsung di kolom komentar, kisanak.


Sign in to leave a comment
Getdebug: Bug Report Makin Mudah dan Detail
Getdebug merupakan sebuah platform kolaborasi untuk menyampaikan bug report dengan efisien, efektif, dan mudah untuk digunakan.