Tips Agar Work From Home Lancar Jaya
Tips Work from Home

    Oke, baiklah, kini ijinkan saya memulai tulisan kali ini dengan bismillah. Saudaraku setanah air, kita sangat tau saat ini keadaan di negara kita seolah-olah sedang dibuat chaos oleh sebuah virus bernama Covid-19 atau akrab disapa corona. Kenapa saya bilang seolah-olah? Karena saya berharap kita tidak benar-benar chaos hanya karena virus. Kita harus melakukan satu langkah pasti, bersama-sama melawan pandemik ini, sehingga kita bersama bisa merasakan keadaan yang kembali normal.

    Saya tau, minggu-minggu ini adalah minggu-minggu yang semakin menjadi berat. Karena kabarnya puncaknya dikabarkan akan ada di akhir bulan Maret ini. Tapi jangan panik pliss, marilah tetap kita sikapi dengan bijak dan tenang. Mari bersama-sama melakukan social distancing, dan sebisa mungkin tinggal di rumah saja jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.
    Untuk mendukung program pemerintah inilah, kemudian banyak perusahaan -Qatros juga salah satunya- menetapkan kebijakan work from home. Kebijakan Work From Home atau akrab di sapa WFH ini diharapkan bisa membantu kita semua untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas. 
    Nah mungkin nih ya mungkin, ada dari beberapa kalian yang mungkin belum terbiasa melakukan work from home. Karena sebuah kata “kerja” selalu dipadankan dengan kata “ke kantor”. Tenang, berikut akan saya berikan beberapa tips untuk  work from home.

  1. Ubah Mindset

Kebiasaan kita nih, kalo misal namanya “kerja” itu ya “ke kantor”. Nah mindset ini nih yang perlu dirubah lebih dulu. Bekerja tidak selalu dan tidak harus ke kantor. Ada beberapa profesi saat ini yang memang mereka terbiasa bekerja dari rumah saja atau Work From Home itu tadi. Cobalah untuk contoh saudara-saudara kita yang sudah lebih dulu biasa dengan Work From Home. Mungkin kalian bingung, profesi apa sih yang udah biasa work from home, saya kasih contoh ya, salah satunya adalah penulis. Mereka sudah biasa metode work from home. Penulis Freelance terutama. Mereka sudah terbiasa dengan metode menerima pekerjaan kemudian mengerjakan dari rumah dan tinggal kirim hasilnya.  

  1. Abaikan omongan orang

Lah, ini dibilang penting gak penting sih. Walaupun ya, semua orang di Indonesia raya ini kini sudah pada paham ada kebijakan work from home, atau bekerja dari rumah, belum tentu juga tetangga sebelah kita paham dengan sepaham-pahamnya. Kalau misal ada komentar “Kok kamu gak pernah ke kantor lagi sih, nanti kamu dipecat lhoo” nah komentar ini cukup kamu jelaskan dengan suasana hati yang tetap tenanggggggg. Lalu sudahlah abaikan.

  1. Persiapkan diri dan peralatan dengan baik

Work from home sebenarnya tidak berbeda dengan bekerja dari kantor. Mungkin saja sedikit bedanya adalah, biasanya semua sudah disiapkan kantor, seperti meja kursi kerja, internet, air minum dsb, nah kamu cukup menyiapkan sendiri semua itu di rumah. Jika perlu, susun sebuah ruang kerja ato istilah ketjenya working space di rumah khusus untuk kamu selama kantor menerapkan kebijakan work from home. Jangan lupa untuk selalu isi kuota internet kamu. Jangan sampai pas lagi meeting eh kuota abis, gak lucu kan. 

  1. Lakukan aktifitas seperti biasa

Work from home pada dasarnya hanya memindahkan tempat kerja saja. Jangan berpikiran kalau kerja dari rumah kita bisa lebih santai. Tetap lakukan aktifitas seperti biasa seperti, bangun pagi, olahraga, masak, sarapan, mandi, lalu mulai bekerja sesuai dengan jadwal. Kalau biasaya kamu punya call sheet, time sheet atau apapun itu, tetap jalani dengan biasa. Sehingga kegiatan Work from home ini tidak akan membuat peforma kalian turun di kantor. 

Oke gaes, itulah sedikit tips work from home untuk kalian yang mungkin sekarang sedang menerima kebijakan ini dari kantor. Intinya, tetap semangat, tetap jalani aktifitas seperti biasa namu bedanya kini hanya dari rumah. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan selalu, mari sama-sama berdoa agar pandemik ini segera berlalu.


Sign in to leave a comment
What is Getdebug made of? (Part 1)
Team effort. Also JavaScript. But mostly team effort.