Tanggapan Qatros dan Perubahan Budaya Kerja dengan Hadirnya UU Cipta Kerja
Apakah Budaya Kerja Startup Qatros bakal Berubah dengan Hadirnya UU Cipta Kerja?

Budaya kerja Qatros dan UU Cipta Kerja

Belakangan ini, media sosial kisanak pasti diramaikan sama tagar #mositidakpercaya dan #tolakomnibuslaw yang timbul akibat keresahan masyarakat akibat pengesahan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law secara tiba-tiba. Kisanak pasti udah tau juga nih, pengesahan UU Cipta kerja ini dilakukan secara tiba-tiba pada Senin (5/10) kemarin dalam rapat paripurna DPR RI.

Nggak tanggung-tanggung, hasil rapat yang mengesahkan UU Cipta Kerja oleh para anggota DPR RI ini memicu gelombang demonstrasi hingga tulisan ini tayang. Pengesahan UU Cipta Kerja ini membuat para aktivis, mahasiswa, dan buruh bergerak untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja di berbagai kota.


Qatros mau tanya dong, kira-kira kisanak tau nggak apa sih sebenarnya UU Cipta Kerja ini dan kenapa pengesahan UU Cipta Kerja ini menjadi kontroversi? Kalau belum tau, Qatros jelaskan yah! Cekidot!


UU Cipta Kerja ini berasal dari istilah Omnibus Law yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato pertamanya setelah dilantik sebagai Presiden RI untuk kedua kalinya. UU Cipta Kerja, atau saat itu bernama Omnibus Law ini disinggung oleh Presiden Joko Widodo tentang sebuah konsep hukum perundang-undangan baru yang akan menjadi undang-undang baru untuk menggantikan puluhan undang-undang yang sudah ada.


Tujuan awal pembuatan UU Cipta Kerja ini adalah untuk merampingkan regulasi dari segi jumlah. Nggak cuma itu aja, UU Cipta kerja ini juga bertujuan untuk menyederhanakan peraturan agar lebih tepat sasaran.


Kemudian Konsep UU Cipta Kerja ini diumumkan pada 21 Januari 2020, saat itu ada dua Omnibus Law yang diajukan pemerintah, yaitu UU Cipta Kerja dan Perpajakan. Secara keseluruhannya, UU Cipta Kerja ini memiliki 11 klaster yang menjadi pembahasan dalam Omnibus Law. Dan saat pengesahannya (5/10), UU Cipta Kerja atau Omnibus ini terdiri dari 15 bab dan 174 pasal yang mengatur perihal ketenagakerjaan hingga lingkungan hidup.


Terus gimana nih soal budaya kerja di Qatros dan bagaimana tanggapan semenjak adanya UU Cipta Kerja?


Perlu kisanak ketahui dulu nih, kalau sejatinya nggak ada perusahaan yang benar-benar sebagus dan sebaik itu. Too good to be true sih sebenarnya. Tapi tapi tapi, memilih perusahaan untuk bekerja itu menjadi pilihan kisanak. Soal kenyamanan dan kebahagiaan itu kan akan kembali lagi ke diri kisanak masing-masing.


Sebagai startup teknologi tergaul di Jogja, Qatros menanggapi hadirnya UU Cipta Kerja ini dengan super tenang. Tetap mengikuti aturan yang ada tanpa mengesampingkan hak-hak karyawan. Karena Qatros sendiri berdiri secara kekeluargaan dengan tingkat kasih sayang yang diberikan ke karyawan sebesar 9999%. 


Nggak sedikit yang khawatir tentang sistem kontrak kerja di UU Cipta Kerja yang meresahkan banyak lapisan pekerja. Pasalnya kalau kita lihat UU Cipta Kerja yang mengatur sistem kontrak kerja, para karyawan bisa terancam menjadi karyawan kontrak tanpa batas waktu tertentu.


Tapi, kisanak nggak perlu khawatir karena di Qatros, kami memperhatikan kinerja para crewmates yang bekerja dengan Qatros. Karena nanti setiap beberapa waktu akan ada evaluasi kinerja para karyawan. Jadi kisanak nggak perlu khawatir soal jenjang karir kalau ingin masuk Qatros, karena kami akan selalu menilai kemampuan dan keahlian kisanak.


Apalagi kerja di startup itu bisa dibilang enak loh! Nggak sedikit juga yang bilang kalau kerja di startup itu super fleksibel. Kalau di Qatros, kita memiliki sistem lima hari kerja dari Senin sampai Jumat dengan jam kerja yang super duper fleksibel. Eittss, walaupun jam kerjanya fleksibel, kisanak tetap nggak disarankan untuk kerja sambil lomba lari marathon ya!


Karena rasa kekeluargaan yang ada di Qatros ini sudah mendarah daging sampai ke DNA para crewmates, kisanak juga nggak perlu khawatir kalau suatu saat ingin mengajukan cuti karena menikah, hamil, melahirkan, atau perjalanan ibadah. Semuanya bisa dibicarakan dengan baik kok!


Last but not least, hal yang kemarin bikin banyak orang khawatir soal pembayaran gaji. Qatros masih menerapkan sistem pembayaran upah yang dilakukan setiap bulan. Jadi kisanak nggak perlu khawatir kalau nanti di tengah bulan kehabisan uang untuk beli kopi di Setirbak.


Karena dari dulu semenjak awal berdiri, Qatros berdedikasi untuk menjadi tempat yang nyaman dan aman dengan rasa kekeluargaan yang kental. Yaa, bisa dibilang kita ini adalah rumah kedua bagi para crewmates yang bekerja di Qatros. Menarik kan kerja di startup? Apalagi di Qatros!

 

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Pentingnya Cyber Security untuk Mencegah Cyber Attack
Udah jadi hal wajib bagi perusahaan untuk punya sistem cyber security untuk meminimalisir cyber attack