Tahapan Software Release
Sebelum software siap dirilis, ternyata ada berbagai tahapan yang harus dilewati. Kira-kira apa aja ya tahapan software release itu?

Tahapan Software Release

Sebelum software siap dirilis, ternyata ada berbagai tahapan yang harus dilewati. Kira-kira apa aja ya tahapan software release itu?

Kalau berbicara tentang software, kisanak pernah nggak sih membayangkan bagaimana sebuah alur kehidupan sebuah software. Pernah nggak cari tau, tahapan-tahapan apa yang harus dilalui sebuah software sebelum dirilis?

Kalau belum, hari ini Qatros bakal kasih tau tentang  siklus kehidupan atau tahapan-tahapan sebuah software sebelum dirilis. Tapi sebelum itu, Qatros juga mau kasih tau kisanak, apa sih software itu?

Kalau dari bahasanya, bisa dipastikan kalau kata software nggak berasal dari bahasa Sunda melainkan Bahasa Inggris. Software ini diambil dari dua kata, soft yang berarti lembut atau lunak kayak hati gebetanmu dan ware yang berarti perangkat. Dan bisa disimpulkan, software ini berarti perangkat lunak. 

Lebih sederhananya lagi, software ini adalah penghubung antara perangkat keras dengan para pengguna. Software ini terbentuk dari sekumpulan data elektronik berupa program atau instruksi yang tersimpan dalam komputer.

Lalu, apa sih tahapan software release itu?

Menurut pengertian dari para ahli software di Planet Bumi, tahapan software release atau yang juga dikenal sebagai software release life cycle adalah jumlah dari tahap pengembangan dan kematangan untuk perangkat lunak komputer.  Singkatnya, tahapan software release ini adalah tahapan awal hingga bentuk final dari sebuah software sebelum dirilis.

Tahapan software release ini sendiri terdiri dari berbagai tahapan yang berfungsi untuk melaporkan stabilitas suatu program dan jumlah pengembangan yang diperlukan sebelum final rilis. Tahapan-tahapan software release biasa kita tau sebagai pre-alpha, alpha, beta, release candidate, RTM, dan GA. Waduuuhh, apa aja tuh? Yuk kita bahas!

Tahapan software release

  1. Pre-Alpha

Tahapan software release yang pertama adalah tahap Pre-Alpha, di mana pada tahap ini para developer masih mengumpulkan dan menganalisa data untuk kebutuhan sebuah software. Pada tahap ini, para developer masih baru akan merancang sebuah software dan mengembangkannya hingga melakukan evaluasi software yang dibuat dengan unit testing.

  1. Alpha

Pada tahapan software release ini, Alpha adalah salah satu jenis pengujian pertama yang dilakukan pada software setelah melakukan tahapan Pre-Alpha. Biasanya pengujian pada tahapan software release Alpha ini dilakukan secara in-house.

  1. Beta

Tahapan software release yang ketiga ini lumayan familiar di telinga kisanak nih pasti. Pada tahap Beta, semua fitur dari sebuah software udah selesai dibuat. Pada tahapan software release Beta ini, testing dilakukan dengan lebih intensif dan seringkali melakukan pengujian untuk umum.

  1. Release Candidate

Setelah melakukan tahapan software release Beta dan pada tahap itu, software yang masih dalam bentuk Beta benar-benar bersih dari critical bug. Sebuah software akan menuju tahapan software release selanjutnya, yaitu Release Candidate. Biasanya pada tahap Release Candidate ini nggak ada lagi perubahan fitur dari sebuah software.

5. Release atau General Availability

Ini adalah tahap terakhir dari serangkaian tahapan software release. Setelah melalui proses panjang, tahapan software release akhirnya berada pada tahap General Availability. Tahap ini adalah bentuk final dari software yang sudah dikembangkan. Artinya, pada tahap General Availability ini, sebuah software sudah siap untuk dirilis.

Gimana nih kisanak, udah paham banget kan sama apa itu tahapan software release? Harus paham dongggg!!! Oh Iya kalau kisanak tertarik untuk membuat software, Qatros siap loh buat bantu kisanak! 

Latest Posts


Sign in to leave a comment
Apa Itu Integration Testing?
Apa Itu Integration Testing? Adalah sebuah tahap dimana hasil dari penggabungan unit-unit atau komponen aplikasi yang berinteraksi di dalam software diuji coba.