Startup asal Colorado, Solid Power Mendapatkan Investasi dari BMW dan Ford untuk Mengembangkan Generasi   Terbaru dari Mobil Listrik
Solid Power yang merupakan sebuah startup asal Colorado baru aja mengumumkan kalau mereka mendapatkan pendanaan sebesar $130 juta.

solid power
Ada kabar baik nih kisanak dari Negeri Paman Sam alias Amerika Serikat. Salah satu startup asal Colorado dikabarkan mendapat pendanaan atau investasi langsung dari Ford dan BMW, dua perusahaan raksasa otomotif dari Amerika Serikat dan Jerman yang produknya sampai ke Indonesia dan tersebar dimana-mana.

Dilansir dari CPR pada awal minggu ini, Solid Power yang merupakan sebuah startup asal Colorado baru aja mengumumkan kalau mereka mendapatkan pendanaan sebesar $130 juta. Seperti yang Qatros sebutkan di atas, Solid Power mendapatkan pendanaan langsung dari dari perusahaan otomotif besar asal Amerika Serikat dan Jerman, Ford dan BMW.


Doug Campbell, CEO dari Solid Power mengatakan kalau perusahaannya akan menggunakan uang investasi tersebut untuk menambahkan 60 bidang kerja tambahan di kantor pusatnya yang berada di Louisville, Colorado. Dilansir dari CPR, Campbell berharap bahwa uang investasi yang diberikan oleh Ford dan BMW bisa membantu Solid Power untuk membuat link permanen dalam supply chain untuk mobil listrik.

“Jika kami dapat membantu berkontribusi pada asal-usul industri kecil di sini tentang elektrifikasi kendaraan, langit adalah batasnya,” kata Campbell.


Sebelumnya Solid Power telah mendapatkan atensi banyak pihak atas hasil kerja mereka dalam membuat solid-state batteries yang diklaim mampu menyimpan lebih banyak energi kalau dibandingkan dengan lithium-ion batteries yang sudah lebih dulu dipakai untuk mobil listrik saat ini. Campbell mengungkapkan kalau solid-state batteries cells bisa memberi daya sebanyak 50% lebih banyak dari baterai yang saat ini dipakai oleh banyak pembuat kendaraan listrik saat ini-tanpa harus menambah beban pada kendaraan yang menggunakannya.

Dengan uang yang didapatkan dari Ford dan BMW, rencananya Solid Power berencana untuk membuat rencana yang lebih meyakinkan bagi para automakers di dunia untuk mengganti mobil bertenaga gas dengan tenaga listrik. Solid Power ingin berkontribusi dalam menanggulangi perubahan iklim. Saat ini salah satu Gubernur Colorado, Jared Polis juga telah menetapkan target untuk mengadakan hampir satu juta mobil listrik baru di Colorado.

Salah satu cara untuk mencapai target Jared Polis tersebut adalah dengan cara melakukan peningkatan pada proses pengembangan solid-state batteries. Nantinya kalau rencana dari Solid Power bisa bertahan, ada kemungkinan besar untuk Ford dan BMW akan menggunakan teknologi tersebut untuk meningkatkan jangkauan dan harga mobil listrik di masa depan.

Saat ini, Solid Power tengah mengembangkan solid-state batteries untuk membuat pusat tenaga yang lebih kuat dari sebelumnya. Sebelumnya Solid Power telah meneliti dan mengembangkan metode untuk menghilangkan cairan elektrolit dari baterai lithium-ion.

Se-Hee Lee dan Conrad Stoldt, profesor teknik mesin, malah menggunakan keramik berbasis sulfida untuk memindahkan energi melintasi baterai. Pergeseran kimiawi memungkinkan baterai tidak mudah terbakar dengan kepadatan energi yang jauh lebih tinggi.

Sejak 2012, Solid Power telah berupaya mengubah wawasan tersebut menjadi sesuatu yang lebih praktis untuk industri otomotif. Di kantor pusatnya di Louisville, Solid Power membangun jalur perakitan menggunakan proses standar untuk baterai lithium-ion saat ini. Dan perlahan-lahan meningkatkan sistem untuk membangun sel baterai yang lebih besar dan lebih besar, yang dapat ditumpuk menjadi kemasan yang cukup besar untuk menyalakan mobil.

Campbell mengatakan investasi baru dari Ford dan BMW akan memungkinkan perusahaan membuat suku cadang mobil pada awal tahun 2022 mendatang. Ford dan BMW akan menggunakan baterai untuk mengembangkan dan menguji kendaraan listrik di masa depan, tapi sampai saat ini masih tidak jelas apakah automakers akan mengandalkan Solid Power untuk memasok sel baterai untuk kendaraan terakhir buatan mereka.

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Apa Itu Anti-Spoofing Liveness Detection?
Spoofing adalah salah satu tindak kejahatan penipuan online yang dilakukan dengan cara menyamar sebagai seseorang untuk melakukan penipuan. Umumnya, pelaku spoofing ini akan menyamar sebagai seorang yang kamu kenal