Sejarah sistem Kanban yang Perlu Kamu Tau!
Sejarah Sistem Kanban ini Bakal Sepanjang Sejarah Hubunganmu sama Doi nggak ya?

Sejarah Sistem Kanban

Gimana nih kabar kalian wahai Kisanak? Masih ingatkah kemarin Qatros bahas soal prinsip-prinsip Sejarah sistem Kanban yang ada di Hari Kesaktian Pancasila? Nah hari ini Qatros bakal kasih tau lebih dalam lagi nih soal Sejarah sistem Kanban. Simak ya kisanak!

Sejarah Sejarah sistem Kanban dimulai dari era Edo di Jepang. Sekitar tahun 1600 konflik militer dan isu sosial di Jepang mulai berakhir, Jepang mulai memasuki era kestabilan ekonomi. Dan pada masa itu, jalanan di Kota-kota Jepang mulai dipenuhi dengan berbagai toko. Para pelaku usaha lokal pada masa itu mencoba berbagai macam cara untuk mendapat perhatian pelanggan. Dari sini lahirlah istilah Sejarah sistem Kanban.

Menurut sejarah kata Kanban sendiri diambil dari dua kata dalam Bahasa Jepang nih kisanak. "Kan" berarti tanda dan "Ban" berarti papan. Para pelaku usaha lokal pada masa itu mulai berbondong-bondong membuat papan iklan di depan tokonya untuk menarik minat pelanggan dan memberi tau mereka perihal layanan apa yang mereka tawarkan.

Tak lama, eksistensi Kanban ini mulai berkembang dengan munculnya berbagai macam papan iklan dengan berbagai desain yang artistik. Hal ini dilakukan nggak lain dan nggak bukan untuk menambah awareness pelanggan dengan cara yang ringkas. Sama kayak kamu kisanak, yang mulai skincare-an untuk menarik perhatian doi, hehehe.

Sejarah sistem Kanban dan Toyota

Kalau ngomongin sejarah sistem Kanban, tentu aja nih kisanak nggak akan lepas dari peran Toyota dalam perkembangan sejarah sistem Kanban di dunia teknologi. Pada tahun 1954, seorang insinyur muda bernama Taiichi Ono yang baru saja dipromosikan untuk menjadi direktur Toyota memulai eksperimen tentang prinsip manajemen kerja dengan sistem yang baru.

Saat itu Taiichi mengidentifikasi dan mengkategorikan tujuh macam dari sebuah kesia-siaan yang membuat kemunduran pada sistem performa dan hasil perusahaan. Istilah ini kemudian dikenal sebagai "Seven Kinds of Waste (Muda)" yang terdiri dari transport, inventory, motion, waiting, overproduction, over processing, dan defects. Dari situ Taiichi memikirkan sebuah solusi untuk memproduksi produk seusai kebutuhan pasar.

Taiichi pun membuat sebuah sistem dengan menggunakan sebuah papan kertas yang berfungsi untuk memberikan sinyal dan melacak kebutuhan pasar untuk pabrik. Sistem ini kita kenal dengan istilah yang kita kenal sekarang, yaitu "Kanban".

Kartu-kartu Kanban yang telah dibuat kemudian disematkan ke dalam setiap produk yang telah dibuat. Ketika produk yang telah disematkan kartu Kanban ini terjual, kartu-kartu Kanban ini akan kembali lagi ke daftar produksi.

2003 - 2008: Sistem Kanban Hadir di Industri Perangkat Lunak

Dengan semakin terkenalnya sistem produksi Toyota dengan metode Kanban. Banyak proyek manajer dari berbagai macam industri mulai mencoba untuk mengaplikasikan sistem Kanban ke dalam perusahaannya. Dan terobosan paling signifikan yang terjadi,  sistem Kanban lahir dari industri perangkat lunak.

Pada masa itu, para proyek manajer dari industri perangkat lunak telah bergeser dari proses yang rumit dan tidak efisien menuju sistem yang lebih ringan yang diformalkan di bawah Agile Manifesto yang diterbitkan tahun 2001.

2009: Sejarah sistem Kanban Meraih Masa Jayanya

Menurut ahli sejarah dunia paralel, tahun 2009 merupakan tahun penting bagi sejarah sistem Kanban. Gimana nggak? Di bulan Januari 2009, Corey Ladas merilis Scrumban: Essays on Kanban Systems for Lean Software Development yang isinya tentang Scrum, Lean, dan sistem Kanban.

Sekitar April 2009, Henrik Kniberg juga ikutan nih merilis Kanban vs. Scrum - a practical guide. Artikel ini berisi tentang prinsip-prinsip dasar dari Sejarah sistem Kanban yang dikemas dengan bahasa yang super sederhana. Tulisan Henrik Kniberg ini akhirnya menjadi pedoman awal bagi para pemula yang ingin belajar tentang sistem Kanban.

Akhirnya pada Mei 2009, David Anderson menggelar sebuah konferensi bertajuk Lean Kanban Conference. Konferensi pertama tentang sistem Kanban ini diadakan di Mandarin Oriental Hotel, Miami, Florida.

Setelah konferensi tentang sistem Kanban itu, terbentuk sebuah Limited WIP Society yang bersifat informal dengan tujuan untuk menyatukan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang sistem Sejarah sistem Kanban.

Hingga akhirnya pada musim panas, Jim Benson pun merilis artikel tentang Personal Kanban yang berfokus tentang aplikasi prinsip sistem Sejarah sistem Kanban untuk mengorganisasi kehidupan pribadi. Dan di tahun 2009, untuk pertama kalinya sebuah web-based Kanban akhirnya dibuat untuk mengatur proyek dan proses dalam bisnis dengan sistem Kanban yang telah dikembangkan selama hampir satu dekade. Gimana kisanak, udah paham kan sekarang tentang asal muasal Sejarah sistem Kanban? Kapan Sejarah sistem Kanban lahir, siapa penemunya? Next kita bahas apa ya? Tulis di kolom komentar dong manieezz!

Latest Posts


Sign in to leave a comment
Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Programmer Pemula
Kesalahan-kesalahan ini harus kamu hindari sebagai seorang programmer pemula