Seberapa Penting Sih Web Application Security?
Kira-kira apa yang terjadi kalau kita meremehkan Web Application Security ya?

Web Application Security
Kalau sekarang kisanak lagi sibuk sama bisnis online kisanak dan berpikiran untuk membuat sebuah website untuk bisnis kisanak, mungkin kisanak harus mulai memikirkan tentang web application security deh! Soalnya web application security ini penting banget sama bisnis online kisanak kalau nanti kisanak mau membuat website untuk bisnis online kisanak. Sebelum membaca lebih jauh, Qatros mau tanya dulu nih, kisanak udah tau belum apa itu web application security? Kalau belum, simak pembahasan singkat Qatros soal web application security dulu ya!


Kisanak mungkin terheran-heran, kenapa sih Qatros hari ini bahas web application security? Sampai-sampai menyinggung soal bisnis online segala. Tenang-tenang, Qatros bakal jelaskan soal web application security kok!

Pada dasarnya, web application security ini adalah sebuah komponen penting untuk bisnis online berbasis website. Kalau kita udah membicarakan soal website, otomatis kita akan membicarakan soal internet, di mana bisnis online berbasis website ini udah pasti banget menggunakan jaringan internet.

Nggak bisa dipungkiri juga, dengan akses internet yang nggak terbatas, bakal ada banyak ancaman yang bisa mengancam bisnis online kisanak yang berbasis website. Serangan cyber pun bentuknya macam-macam dan asalnya juga dari tempat yang nggak bisa diduga.

Nah, dengan adanya ancaman cyber itu, kisanak perlu banget yang namanya web application security. Fungsi web application security nggak lain dan nggak bukan adalah untuk melindungi bisnis online berbasis website yang dimiliki kisanak. 

Macam-macam ancaman keamanan web yang sering ditemukan

Pada umumnya, serangan yang diterima sebuah aplikasi atau website berupa manipulasi database yang ditargetkan. Nggak menutup kemungkinan juga kalau gangguan yang diterima bertambah jadi lebih besar menjadi gangguan jaringan. Tapi ternyata nggak cuma itu aja loh gangguan yang bisa dialami sama para pelaku bisnis online berbasis website. Apa aja tuh?

1. Cross Site Scripting (XSS)

Web application security ini penting banget untuk meminimalisir serangan  XSS yang memungkinkan penyerangnya bisa memasukkan skrip klien ke dalam laman web. Tujuannya adalah untuk mengakses informasi penting secara langsung, meniru identitas pengguna, sampai mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi penting.

2. SCL Injection (SQi)

Serangan SCi ini berupa serangan yang bertujuan untuk mendapatkan akses informasi ilegal. Nggak cuma itu aja serangan ini bisa menyerang bisnis online berbasis web kisanak untuk mengubah dan membuat izin pengguna baru sampai memanipulasi dan menghancurkan data sensitif. Serem banget!!!

3. Denial-of-service (DoS) dan distributed denial-of-service (DDoS)

Kalau nomer dua aja udah cukup seram untuk mengancam bisnis online berbasis website kisanak. DoS dan DDoS ini nggak kalah menakutkan karana penyerangnya bisa membebani server yang ditargetkan dari banyak arah. Tujuannya adalah untuk membuat website menjadi lebih lambat dan akhirnya akan menolak pelayanan atas permintaan dari penggunanya.

4. Data Breach

Last but not least nih kisanak, berbeda dari yang sebelumnya udah Qatros sebutkan, data breach ini dilakukan untuk mencuri data pribadi dan rahasia milik pengguna website. Nggak bisa dipungkiri kalau bisnis online berbasis website kisanak ini dibobol, semua data atau akun yang digunakan pengguna untuk berbelanja bakal terekspos ke internet dan datanya bisa semakin disalahgunakan lagi.

Pentingnya Web Application Security

Nah dari penjelasan Qatros soal ancaman yang bisa aja menyerang kisanak yang sedang melakukan bisnis online berbasis website. Kira-kira kisanak udah paham betul belum nih kalau security web application itu super duper penting untuk kelancaran bisnis kisanak? Coba deh, baca dikit lagi ke bawah biar kisanak makin yakin sama pentingnya security web application.

WAF - Melindungi dari berbagai lapisan penyerangan pada website

Sebuah Web Application Firewall ini adalah contoh pertama dari security web application. Fungsi WAF ini adalah untuk menangkal serangan yang mengganggu traffic HTTP. Cara kerja security web application jenis ini adalah dengan menempatkan penahan berupa filter di antara server target dan pelaku cyber attack. 

DDos Mitigation

Security web application yang kedua ini ada DDoS Mitigation. Security web application ini merupakan sebuah metode yang sering digunakan untuk menangkal gangguan serangan denial-of-service atau serangan DDoS. Security Web Application DDoS ini menggunakan banyak Cloudflare untuk mengecoh para pelaku cyber attack yang akan menyerang menggunakan metode DDoS.

Gimana nih? Udah tambah yakin belum sama pentingnya menggunakan security web application? Jangan sampai kamu terlambat untuk mengetahui soal security web application ya kisanak. Daripada nanti bisnis online berbasis website kamu berantakan. Mending pelajari dan kalau kisanak perlu bantuan untuk membuat security web application, tinggal hubungi Qatros aja! Dijamin, kami akan hadir sebagai pahlawan yang nggak kesiangan!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
3 Pahlawan Teknologi di Indonesia
Selamat Hari Pahlawan!