Punya Bisnis di Zaman Sekarang? Lebih Baik Mempunyai Website atau Mobile App?
Manakah yang lebih baik, mempunyai website atau mobile app untuk kita yang mempunyai bisnis di zaman sekarang?

Punya Bisnis di Zaman Sekarang? Lebih Baik Mempunyai Website atau Mobile App?


Manakah yang lebih baik, mempunyai website atau mobile app untuk kita yang mempunyai bisnis di zaman sekarang?




            Mempunyai sebuah bisnis di zaman sekarang menjadi sebuah status sosial. Apalagi jika jabatan yang kita punya dilabeli dengan kata CEO. Sebut saja Perusahaan Startup yang sekarang makin bermacam-macam jenisnya seperti startup e-commerce dan startup teknologi. Makin kesini perusahaan startup di Indonesia semakin menjamur. 

            Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, jumlah perusahaan startup di Indonesia pada tahun 2019 mencapai angka 2,193 startup. Angka ini membuat Indonesia menduduki posisi perusahaan startup terbanyak kelima dunia setelah Amerika Serikat, India, Inggris, dan Kanada. 

            Pulau Jawa sendiri mempunyai persentase startup paling banyak seperti di Jabodetabek mencapai 52,62 persen dengan jumlah total 522 startup. Jawa Tengah dengan 30 startupnya dengan persentase 3,02 persen, startup Jogja yang mencapai 54 startup atau sekitar 5,44 persen, Jawa Barat yang mempunyai 44 startup dengan persentase 4,44 persen, dan Jawa Timur dengan 113 startupnya atau sekitar 11,39 persen.


            Hal ini menjadi tanda bahwa mempunyai bisnis di zaman sekarang sudah menjadi hal yang lumrah apalagi di era teknologi dan menjamurnya startup teknologi yang membuat bisnis dapat dikenal lebih mudah dan cepat oleh masyarakat. 

            Segala cara juga dilakukan oleh pelaku bisnis seperti perusahaan startup yang menjamur di Indonesia untuk membuat perusahaannya dikenal di dunia digital yang memang mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Namun, setelah kita menjalankannya kita juga mencari cara untuk meningkatkan engagement bisnis tersebut. Muncullah pertanyaan, “Manakah yang lebih baik, mempunyai website atau mobile app untuk bisnis kita?".

            Sebelum kita tahu jawaban dari pertanyaan lebih baik mempunyai website atau mobile app untuk bisnis kita, Qatros akan memberikan informasi agar kamu mengetahui terlebih dahulu kedua hal tersebut beserta manfaatnya. 

            
            Website biasanya digunakan sebagai media digital untuk menampilkan profil perusahaan. Mengapa mempunyai website dianggap perlu untuk perusahaan? Karena dengan mempunyai website kita dapat secara lengkap menampilkan profil perusahaan dan menjelaskan apa yang bisnis kita kerjakan serta info-info yang up-to-date yang dapat dibagikan. Saat ini pun perusahaan startup di Indonesia yang menjamur pasti mempunyai website. Dilansir dari Webarq, saat bisnis mempunyai website sendiri juga memberikan beberapa manfaat  antara lain,


  1. Menaikkan kredibilitas

Dengan mempunyai website, cukup dengan melihat website yang bisnis kita miliki, customer dapat mempunyai gambaran perusahaan yang kita miliki. Dengan melihat website yang ada, customer juga dapat semakin percaya dengan bisnis kita.


  1. Meningkatkan Brand Awareness

Saat bisnis kita mempunyai website dan sering dikunjungi di internet, semakin banyak pula orang yang tahu akan bisnis kita. Dari situlah akan timbul awareness atas bisnis yang sedang kita jalani.


  1. Memperluas Pemasaran 

Dengan mempunyai website, bisnis kita dapat menjangkau lebih banyak orang. Namun, hal itu juga perlu strategi seperti promosi menggunakan SEO maupun beriklan di sosial media.


            Bagaimana dengan mempunyai mobile app untuk bisnis? Kita tahu di zaman sekarang hampir semua orang di dunia mempunyai yang namanya smartphone, baik itu yang mempunyai sistem operasi Android maupun iOS. Hal ini dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk mempunyai mobile app untuk bisnis yang nantinya bisa diunduh melalui Play Store maupun AppStore. Tapi, sebenarnya manfaatnya apa aja sih jika mempunyai mobile app untuk bisnis kita? Qatros akan membaginya menjadi tiga poin utama manfaat jika bisnis kita mempunyai mobile app. Mari kita simak manfaat dari mempunyai mobile app untuk bisnis kita dilansir dari Build Fire.

  1. Memberikan Value yang lebih untuk Pelanggan

Sebut saja Starbucks yang menggunakan mobile app nya menjadi kesempatan dengan menawarkan extra reward untuk pelanggan yang telah meng-subscribe mobile app, yang mana dapat meningkatkan motivasi pelanggan untuk membeli kopi dari mobile app yang mereka miliki. Tidak hanya Starbucks, banyak perusahaan startup di Indonesia juga menggunakan cara ini dengan memberi reward lebih di dalam mobile app milik mereka. 

2. Terhubung lebih baik dengan pelanggan

Dengan adanya mobile app untuk bisnis, kita dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan layanan customer service. Salah satu contoh jika seseorang mengetahui mobile app kita di tengah malam dan ingin langsung mendapatkan informasi secepatnya maka mereka dapat mendownload mobile app yang bisnis kita miliki. Dengan servis yang baik tentu akhirnya akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Meningkatkan Keuntungan

Saat kepuasan pelanggan meningkat, demikian juga penjualan. Menurut Sales Force, 70 persen pengalaman pelanggan saat membeli suatu barang dipengaruhi oleh bagaimana mereka diperlakukan. Dengan mempunyai mobile app untuk bisnis kita, pelanggan juga dapat membeli produkmu kapan pun dimana pun, tanpa harus menunggu jam kerja bisnis yang pastinya juga dapat meningkatkan keuntungan yang didapat.

            Dengan mempunyai website dan atau mobile app untuk bisnis di zaman sekarang, bisnis kamu yang belum atau tidak mempunyai toko fisik, sebut saja perusahaan startup di Indonesia, Tokopedia dan Shopee, yang tidak memiliki toko fisik dan menjangkau pelanggan bukan menjadi sebuah masalah. Jika bisnis kamu mempunyai toko fisik, website dan mobile app akan meningkatkan jumlah pelanggan. 

            Setelah mengetahui manfaat baik dari mempunyai website maupun mobile app untuk bisnis kita di zaman sekarang, manakah yang akan kamu pilih? Website kah? Mobile app? Atau bahkan keduanya? Izinkan penulis menutup artikel ini dengan sebuah quote dari Umar Danny, see you in the next articles!

“Secanggih apapun aplikasi atau program yang anda buat, tentunya hanya akan menjadi pengisi rak kosong bila ide dan tujuan membuat aplikasi tidak memberikan manfaat bagi orang banyak.”

 

            Oiya, fyi nih, Qatros yang merupakan startup teknologi yang menjadi bagian dari startup jogja juga menawarkan jasa dalam pembuatan website dan mobile app untuk bisnismu! Jika kamu mempunyai bisnis dan benar-benar ingin membuat website atau mobile app untuk bisnismu, maka Qatros adalah solusinya.

            Nah itu dia pembahasan Qatros kali ini tentang lebih baik mempunyai yang mana dalam berbisnis, membuat website atau mobile app. Gimana pendapatmu wahai kisanak kesayangan Qatros? Jangan lupa komen di bawah ya!


Sign in to leave a comment
7 Langkah Penetration Testing
Penetration testing adalah sebuah upaya untuk mengevaluasi dan menganalisa keamanan dari produk-produk teknologi yang tersambung dalam satu sistem atau jaringan melalui simulasi cyber attack.