Prinsip-prinsip Kanban yang ada di Hari Kesaktian Pancasila
Emang ada hubungannya ya?

prinsip kanban di hari kesaktian pancasila

Wahai kisanak kesayangan Qatros, para pembaca yang kusayangi tidak lebih dari mantan yang sekarang udah bersama orang lain. Kalian udah pada tau belum kalau pada tanggal 1 Oktober hari ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila? Ternyata, di Hari Kesaktian Pancasila ini ada prinsip-prinsip dari sebuah sistem teknologi. Apaaa? Belum tau?

Hadeuhhh, kisanak ini gimana sih? Oke kalau gitu kita flashback dikit deh. Hari ini kita bakal bahas soal sejarah Hari Kesaktian Pancasila, yang pastinya ada kaitan sama teknologi.

Singkatnya tanggal 1 Oktober ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila sebagai peringatan pada tragedi Gerakan 30 September 1965. Gerakan ini menewaskan beberapa perwira Angkatan Darat yang kemudian dinobatkan sebagai pahlawan revolusi dan juga banyak korban sipil lainnya.

Hari Kesaktian Pancasila ini kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan khusus lewat Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 1966 dilakukan prosesi upacara pengibaran selama dua hari dengan mengibarkan bendera setengah tiang pada hari pertama dan pengibaran bendera seluruh tiang pada hari kedua.

Lantas ada hubungan apa antara Hari Kesaktian Pancasila dengan dunia Teknologi?


Ternyata usut punya usut, setelah berdiskusi panjang lebar sama banyak sesepuh dunia teknologi ditemukan prinsip-prinsip Kanban di Hari Kesaktian Pancasila. Gokil! Aku juga sama tercengangnya kok sama kayak kalian. Yuk kita bahas nih, apa aja sih prinsip-prinsip Kanban di Hari Kesaktian Pancasila.

Oh iya, kujelaskan dulu soal Kanban ya wahai Kisanak. Kanban ini adalah sebuah sistem yang dikembangkan pertama kali oleh Taiichi Ohno untuk perusahaan otomotif Jepang, Toyota. Kanban ini diciptakan sebagai sebuah sistem perencanaan yang super simpel, kisanak. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan sistem manufaktur perusahaan dengan mengontrol sistem pekerjaan dalam segala aspek di dalamnya. Lebih tepatnya sih sistem Kanban ini dikembangkan untuk mencatat JIT. 

Tapi kisanak tau nggak sih walaupun sistem Kanban ini sebenarnya adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan Lean Manufacturing dan Just in Time, Ternyata beberapa prinsip Kanban ini ada di peringatan Hari Kesaktian Pancasila loh. Apa aja tuh? Yuk simak!

  1. Visualize Workflow

Prinsip pertama Kanban selalu memvisualisasikan alur kerja. Prinsip pertama Kanban ini ternyata diimplementasikan pada prosesi pengibaran bendera merah putih di Hari Kesaktian Pancasila. Pengibaran bendera merah putih adalah sebagai bentuk visualisasi dari penghormatan untuk korban-korban yang gugur pada Gerakan G30S.

  1. Focus on Flow

Kanban selalu menggunakan Batasan Work in Process  dan mengembangkan kebijakan yang mampu mendorong tim. Prinsip kedua ini bisa kita temui nih di prosesi upacara Hari Kesaktian Pancasila. Prosesi upacara ini berguna sebagai simbol dengan harapan adanya pengembangan yang lebih optimal di masa mendatang.

  1. Continuous Improvement

Prinsip ketiga dan yang paling terpenting dari sistem Kanban adalah perbaikan budaya secara terus-menerus. Dengan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila, diharapkan nih kisanak yang hari ini lagi makan telur orak-arik di Burjo bakal menjadi tombak terdepan dalam perubahan yang bakal terjadi di masa mendatang. Jangan sampai kejadian yang udah terjadi di masa lalu malah terulang lagi. Yaaa, sama aja lah sama kesedihan-kesedihan yang dikasih mantanmu itu, jangan sampai terulang!

Weittssss, udah pada paham kan yaa? Dari tadi kita bahas Kanban terus jangan-jangan kisanak kesayangan Qatros ini malah belum paham? Tenang-tenang, ini Cuma perkenalan aja kok. Lusa bakal ada pengenalan lebih dalam soal Kanban, stei tun ya guizzz! Selamat Hari Kesaktian Pancasila!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Yang Harus Kamu Tau dari Layanan Streaming Podcast
Podcast itu radio ya?