Perbedaan React Js dan Node Js, Apa Bedanya?
Membahas tentang perbedaan React Js dan Node Js, keduanya memiliki keunggulan masing-masing karena fitur yang dimilikinya. React Js dan Node Js ini juga berguna banget untuk membuat aplikasi desktop maupun aplikasi berbasis website

Perbedaan React Js dan Node Js, Apa Bedanya?

.


Node Js vs React Js

Kalau kemarin kisanak udah baca artikel Qatros tentang Framework, di dalamnya Qatros menyebutkan react js dan node js sebagai salah satu jenis framework yang termasuk ke dalam Framework JavaScript. Framework sendiri adalah sebuah kerangka kerja yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop atau website.

Hari ini, Qatros Teknologi Nusantara bakal menjelaskan tentang perbedaan React Js dan Node Js nih kisanak. Siapa di sini yang udah tau tentang kedua jenis Framework JavaScript tersebut? 

Apa Itu React Js?

Pertama kita mulai dengan membahas apa itu React Js dulu. Buat kisanak yang belum tau, React Js adalah sebuah pustaka JavaScript yang bersifat open source. React Js ini berfungsi untuk membangun user interface pada sebuah website atau aplikasi web.

React Js ini berguna untuk mendesain tampilan sederhana untuk setiap level dalam aplikasi yang membuat aplikasi tersebut dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan pembuatan aplikasi berbasis web. React Js ini bisa kita temukan di banyak aplikasi, seperti Facebook, Whatsapp, Netflix, AirBnB, dan American Express.

Apa Itu Node Js?

Kalau tadi Qatros udah menjelaskan tentang React Js, sekarang saatnya kita membahas tentang Node Js nih kisanak. Node Js adalah sebuah platform buatan Ryan Dahl yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi web berbasis JavScript yang memungkinkan kamu menjalankan JavaScript dari sisi server.

Node Js ini dibangun dengan engine JavaScript V8 milik Google yang memiliki pustaka server sendiri yang memungkinkan kisanak nggak perlu menggunakan program server web seperti Nginx dan Apache.

Keunggulan React Js dan Node Js

Bahas tentang kedua jenis Framework ini tentu aja sangat beragam. Kalau kisanak belum tau, React Js memiliki dua fitur tambahan yang menjadi keunggulannya. Kedua fitur ini adalah JSX dan DOM. Dimana JSX ini adalah sebuah ekstensi syntax JavaScript yang memungkinkan kisanak untuk memodifikasi Document Object Model (DOM) dengan kode bergaya HTML.

Sedangkan fitur DOM yang dimiliki oleh React Js adalah sebuah application programming interface (API) yang memiliki fungsi untuk mengatur struktur halaman web.

Bergeser ke Node Js, jenis Framework JavaScript ini memiliki keunggulan karena memiliki fitur non-blocking yang membuat kisanak nggak butuh output dari proses sebelumnya agar bisa tetap berjalan. Node Js juga bisa mengeksekusi koden dengan cepat dan memiliki karakteristik Single-threaded serta kemampuan untuk nggak melakukan Data Buffering.

Sekarang kisanak udah tau apa itu React Js dan Node Js, setelah ini Qatros akan bahas tentang perbedaan di antara keduanya. Kira-kira apa aja sih perbedaan React Js dan Node Js? Siapa yang udah tau?

Perbedaan React Js dan Node Js

Kalau kisanak sudah paham dengan basis JavaScript, memilih antara React Js dan Node Js tentu bukan menjadi hal yang sulit. Bahas soal perbedaan React Js dan Node Js, yang pasti kedua jenis Framework berbasis JavaScript ini memiliki keunggulannya masing-masing.

React Js dikenal memiliki keunggulan yang ramah dengan SEO dengan performa yang dianggap lebih baik di antara jenis Framework lainnya. Nggak cuma itu aja, React Js juga memiliki kemampuan update yang lebih cepat karena memiliki fitur DOM dan juga memungkinkan penggunanya untuk nggak perlu lagi menulis bahasa pemrograman yang panjang. 

Sedangkan Node Js memiliki keunggulan karena bisa menjalankan JavaScript dari sisi server. Node Js juga memiliki Node Package Manager yang super lengkap. Node Js juga bisa melakukan data streaming dan dianggap super extensible dengan ribuan paket modul yang dimilikinya. Masih kurang? Node Js juga bisa memuat banyak file dan data secara real time dengan fitur Real-Time Web Apps yang dimiliki.

Kesimpulannya, baik React Js dan Node Js keduanya memiliki keunggulan masing-masing karena fitur yang dimilikinya. React Js dan Node Js ini juga berguna banget untuk membuat aplikasi desktop maupun aplikasi berbasis website seperti Whatsapp, Medium, LinkedIn, Netflix, dan masih banyak lagi.

Itu dia kisanak pembahasan Qatros hari ini tentang perbedaan React Js dan Node Js, gimana? Menarik kan? Jangan lupa komen di bawah dan share informasi yang kamu dapatkan hari ini lewat blog Qatros. Sampai ketemu di artikel Qatros selanjutnya!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Apa Itu Framework? Kenali Fungsi dan Jenis-Jenisnya!
Apa itu framework? Framework adalah kerangka kerja yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop atau website.