Pentingnya Cyber Security untuk Mencegah Cyber Attack
Udah jadi hal wajib bagi perusahaan untuk punya sistem cyber security untuk meminimalisir cyber attack

Cyber Attack dan Cyber Security 

Hadirnya Internet of Things di tengah revolusi industri 4.0, sekarang semua perangkat berbasis internet dapat terkoneksi melalui internet dengan lebih mudah. Ditambah dengan adanya cloud computing dan big data, resiko keamanan menjadi sebuah konsentrasi yang cukup nyata nih kisanak.


Dengan kehadiran Internet of Things, gimana jadinya keamanan sebuah data jika semua yang terhubung melalui koneksi internet bisa diakses oleh siapapun? Kita pasti butuh sebuah sistem keamanan canggih kan? Solusinya ya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan menggunakan sistem Cyber Security, kisanak. Karena kalian harus tau betapa pentingnya cyber security bagi perusahaan.

 

Seperti namanya nih, Cyber Security bertugas selayaknya seorang satpam yang melindungi sebuah tempat dari tindak kriminal seperti pembobolan, perusakan, dan pencurian. Yuk, kita bahas bareng, biar kisanak paham nih betapa pentingnya cyber security bagi perusahaan.

 

Kenalan Sama Cyber Security

Pada dasarnya cyber security adalah sebuah aktivitas yang berfungsi untuk melakukan pengamanan dan melindungi informasi berbasis telematika dari tindakan cyber crime atau cyber attack. Biasanya cyber attack yang menyerang bertujuan untuk mengganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di sebuah perusahaan. 

 

Sama seperti manusia nih, motif pelaku cyber crime atau cyber attack ini bermacam-macam. Ada yang dendam karena pacarnya direbut sama CEO perusahaan tersebut dan ada juga yang melakukannya untuk mencari keuntungan dengan menjual kembali data-data yang telah berhasil dicuri. Nggak sedikit juga yang melakukan cyber attack untuk menguak sebuah kebenaran dari sebuah perusahaan yang merugikan banyak pihak. Yaa, semacam Robin Hood gitu lah! 

 

Oh Iya kisanak, cyber security bagi perusahaan sendiri ternyata punya tujuh elemen pokok loh. Ketujuh elemen pokok ini bertujuan untuk menjalankan sistem cyber security dengan baik dan membuat data-data yang dijaga menjadi aman dari pelaku cyber crime atau cyber attack.   

 

7 Elemen Cyber Security

1. Document Security Policy 

DSP adalah dokumen standar yang dijadikan acuan dalam menjalankan proses yang berkaitan dengan keamanan informasi dalam cyber security.  

 

2. Information Infrastructure 

Kalau Information Infrastructure adalah pilar yang menopang kelangsungan operasi informasi dalam cyber security yang meliputi hardware dan software.  

 

3. Perimeter Defense 

Dalam cyber security terdapat perimeter defense yang berperan sebagai komponen pertahanan infrastruktur informasi seperti IDS, IPS, dan firewall.  

 

4. Network Monitoring System 

Adalah media yang berperan dalam cyber security untuk memonitor kelayakan, utilisasi, dan performance infrastruktur informasi.  

 

5. System Information dan Event Management 

Elemen kelima dalam cyber security berfungsi untuk memonitor berbagai kejadian pada insiden keamanan.  

 

6. Network Security Assessment 

Network Security Assessment berperan sebagai mekanisme kontrol dan memberikan measurement level keamanan informasi dalam cyber security.  

 

7. Human Resourse dan Security Awareness 

Elemen terakhir dalam cyber security berkaitan dengan sumber daya manusia dan awareness pada keamanan informasi. 

 

Kalau tadi sudah bahas tentang tujuh elemen yang ada di dalam pentingnya cyber security bagi perusahaan., sekarang saatnya kita bahas nih tiga tugas pokok yang harus dikerjakan oleh para praktisi profesional cyber security. Kisanak ada yang mau jadi praktisi cyber security nggak nih?  

 

3 Tugas Penting Praktisi Cyber Security

 

1. Analisis Keamanan 

Dari namanya, seorang praktisi cyber security wajib melakukan analisis keamanan untuk memetakan potensi ancaman cyber attack. Nantinya para praktisi cyber security akan memberikan masukan untuk melakukan mitigasi yang berfungsi untuk menyelesaikan ancaman tersebut.  

 

2. Spesialis Forensik 

Seperti petugas forensik, para spesialis forensik di dunia cyber security harus bisa melakukan penyelidikan pasca potensi kebocoran keamanan yang terjadi. Kemampuan yang wajib banget dimiliki oleh seorang spesialis forensik adalah kemampuan teknis yang mumpuni loh kisanak. 

 

3. Hacker atau Peretas 

Wuiihhh, udah kayak di film-film nih! Eitss, tapi jangan salah  loh, istilah hacker atau peretas ini adalah kemampuan yang memang harus dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan eksploitasi terhadap sistem telematika melalui berbagai cara. Tugas ini wajib banget dilakukan sama seorang praktisi cyber security

 

Bahaya dari Cyber Attack

 

Setelah sibuk baca soal elemen dan tugas yang harus dimiliki sama seorang praktisi cyber security, kali ini kita bahas soal cyber attack yang mengintai. Cekidottt!

 

1. Ransomware

Ransomware ini adalah tipe lain dari malware yang dapat menyerang sistem laptop. Ransomware ini punya tingkat yang lebih bahaya dari malware. Biasanya jika laptop atau komputer terkena serangan ransomware, perangkat yang terserang akan langsung terkunci.

 

2. Malware

Kalau tau bahas ransomware, sekarang kita bahas malware. Serangan malware bisa dibilang cukup jinak kalau dibandingkan dengan ransomware. Biasanya serangan ini berupa virus-virus yang menyerang perangkat laptop atau komputer.

 

3. Phising

Beda dari dua serangan yang udah disebutkan. Phishing akan menyerang email yang kisanak punya. Serangan phishing ini memungkinkan praktisinya untuk mengakses email dari sumber yang percaya dan melakukan berbagai macam penipuan.

 

4. Social engineering

Ini adalah praktik yang menipu para korbannya untuk masuk ke dalam jebakan yang udah dibuat. Tujuannya nggak lain dan nggak bukan untuk menerobos sistem keamanan yang ada.

 

Manfaat dari sistem cyber security

Dengan adanya sistem cyber security ini tentu aja keamanan data dari sebuah perusahaan akan semakin aman. Tapi ternyata bukan itu aja loh kisanak. Sistem cyber security ini ternyata punya manfaat lain, yaitu:

 

1. Melindungi perangkat dari berbagai macam cyber attack. 

2. Melindungi data dan jaringan

3. Mencegah adanya pengguna yang tidak sah di dalam jaringan kamu

4. Mempercepat perbaikan setelah adanya serangan cyber

5. Melindungi para end-user

6. Membuat produk lebih terpercaya

Bisa kalian bayangkan nggak nih, gimana jadinya keamanan sebuah perusahaan tanpa adanya sistem cyber security? Pasti bakal kacau balau deh kayak hati kamu. Tenang aja, Qatros ada di sini kok! Kalau kisanak perlu sistem cyber security, panggil Qatros aja ya. Kalian bisa hubungi Qatros di sini!


Latest Posts

Sign in to leave a comment
Apple Rilis iPhone 12 dengan Teknologi LiDAR Sensor
Apa sih LiDAR Sensor? Emang iPhone 12 itu Perlu LiDAR Sensor ya?