Mengenal Lebih Jauh apa Itu 2-Factor Authenticator
2-Factor Authenticator adalah salah satu sistem keamanan tambahan yang berfungsi untuk melindungi data atau akun kamu kisanak. 2-Factor Authenticator ini diibaratkan seperti lapisan kedua setelah kamu memasukkan password atau kata sandi pada sebuah akun.

Mengenal Lebih Jauh apa Itu 2-Factor Authenticator

 




Saat ini kita butuh sebuah sistem keamanan digital yang bisa melindungi semua data yang kita miliki agar nggak terjadi kebocoran atau bahkan pencurian data untuk disalahgunakan. Kalau kemarin Qatros udah menjelaskan tentang Liveness Detection dan E-KYC, sekarang Qatros mau menjelaskan tentang sistem keamanan yang dianggap sebagai saudara muda dari Liveness Detection nih. Kira-kira apa ya?

Kali ini Qatros Teknologi Nusantara, startup Jogja paling orange bakal menjelaskan ke kalian nih kisanak tentang salah satu sistem keamanan digital yang bernama 2-Factor Authenticator atau kalau dalam Bahasa Indonesianya, Autentikasi Dua Faktor. Apa itu 2-Factor Authenticator?

Apa itu 2-Factor Authenticator?

Seperti yang Qatros sebutkan diatas, 2-Factor Authenticator adalah salah satu sistem keamanan tambahan yang berfungsi untuk melindungi data atau akun kamu kisanak. 2-Factor Authenticator ini diibaratkan seperti lapisan kedua setelah kamu memasukkan password atau kata sandi pada sebuah akun. Nah baru setelah kisanak memasukkan kata sandi, kisanak akan diminta untuk menyediakan informasi kredensial tambahan yang memiliki beberapa macam.

Saat ini 2-Factor Authenticator biasa kita temukan kalau kita melakukan registrasi pada website e-commerce, biasanya pihak e-commerce akan mengirimkan OTP atau One Time Password setelah selesai memasukkan kata sandi pada akun yang kisanak daftarkan. OTP ini adalah informasi kredensial tambahan yang bentuknya bisa berupa Personal Identification Number (PIN) yang dikirim langsung ke perangkat kisanak dan udah terautentikasi ke dalam sistem.

Contoh lainnya adalah ketika kisanak ingin bertransaksi pada sebuah mesin ATM atau pun melakukan transaksi digital pada sebuah e-payment. Biasanya pihak bank atau e-wallet akan meminta kisanak untuk memasukkan informasi kredensial tambahan berupa PIN 2-Factor Authenticator agar bisa melakukan transaksi dengan lancar.

Cara kerja 2-Factor Authenticator

Proses autentikasi bekerja dengan beberapa cara. Pertama, identitas pengguna adalah indikator kalau kisanak udah terdaftar dan memiliki akun pada sebuah website. Langkah selanjutnya adalah mencocokkan kata sandi yang kisanak buat dengan identitas yang didaftarkan.

Baca juga: Apa Itu KYC Verification? Segala yang Perlu Kamu Tau Tentang KYC Verification

Baru setelah melakukan dua langkah tersebut di atas, 2-Factor Authenticator ini diperlukan untuk meminta informasi kredensial tambahan yang Qatros sampaikan di atas. Biasanya berbentuk PIN angka atau kombinasi dengan huruf tambahan yang telah terautentikasi sebagai lapisan keamanan digital tambahan.

Saat ini kita biasa mengenal 2-Factor Authenticator buatan Google yang bernama Google Authenticator. 2-Factor Authenticator buatan Google ini adalah sebuah 2-Factor Authenticator yang memberikan service Time-based One-Time Password Algorithm (TOTP) dan HMAC-based One-Time Password Algorithm (HOTP) untuk melakukan proses autentikasi pada sebuah software aplikasi.

Cara Kerja Google Authenticator

Untuk menggunakan 2-Factor Authenticator dari Google Authenticator, kisanak harus menginstall dulu aplikasinya pada perangkat kisanak yang disinkronisasi pada aplikasi lain yang akan diberikan 2-Factor Authenticator. Nantinya Google Authenticator akan memberikan 2-Factor Authenticator atau shared key yang bisa kisanak temukan pada aplikasi Google Authenticator.

Dari tadi kita ngomongin tentang 2-Factor Authenticator kisanak udah paham belum nih? Qatros sekalian mau ngasih tau, selain Google Authenticator, Qatros punya loh layanan 2-Factor Authenticator sendiri. Namanya Q-Auth, keren ya?

Apa itu Q-Auth?

Persis seperti 2-Factor Authenticator pada umumnya, Q-Auth adalah sebuah layanan 2-Factor Authenticator buatan Qatros yang kehadirannya bakal melengkapi kehadiran Liveness Detection sebagai salah satu sistem lapisan keamanan digital tingkat lanjut. 

2-Factor Authenticator buatan Qatros atau Q-Auth ini juga memiliki banyak fitur yang bisa kisanak gunakan seperti 2-Factor Authenticator pada umumnya. Nggak cuma itu aja, Q-Auth ini memiliki banyak keunggulan seperti; melindungi data kamu dari para hacker jahat. Buat kisanak yang suka belanja online dan nabung di bank digital, 2-Factor Authenticator dari Q-Auth juga bisa digunakan untuk melindungi keamanan dari aktivitas keuangan dan belanjamu.

Masih kurang? 2-Factor Authenticator dari Q-Auth juga dibuat dengan tampilan yang user-friendly anti ribet yang membuat kenyamanan kisanak ketika mengakses Q-Auth semakin tinggi. Ditambah 2-Factor Authenticator dari Q-Auth juga bisa digunakan di semua perangkat dengan sistem operasi apapun. Kurang mantul apa coba nih? Yuk request demo-nya sekarang!

Latest Posts

Bagaimana Sebuah Aplikasi Gratis Seperti TikTok Mendapatkan Keuntungan?
Kisanak sendiri pernah bertanya-tanya nggak sih, bagaimana sebuah aplikasi video-sharing seperti TikTok menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Apalagi aplikasi ini adalah sebuah aplikasi video-sharing gratis alis nggak berbayar sama sekali.
Startup asal Colorado, Solid Power Mendapatkan Investasi dari BMW dan Ford untuk Mengembangkan Generasi   Terbaru dari Mobil Listrik
Solid Power yang merupakan sebuah startup asal Colorado baru aja mengumumkan kalau mereka mendapatkan pendanaan sebesar $130 juta.
Apa Itu Anti-Spoofing Liveness Detection?
Spoofing adalah salah satu tindak kejahatan penipuan online yang dilakukan dengan cara menyamar sebagai seseorang untuk melakukan penipuan. Umumnya, pelaku spoofing ini akan menyamar sebagai seorang yang kamu kenal
Sign in to leave a comment
Bagaimana Sebuah Aplikasi Gratis Seperti TikTok Mendapatkan Keuntungan?
Kisanak sendiri pernah bertanya-tanya nggak sih, bagaimana sebuah aplikasi video-sharing seperti TikTok menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Apalagi aplikasi ini adalah sebuah aplikasi video-sharing gratis alis nggak berbayar sama sekali.