Mengenal Apa Itu Microcopy?
microcopy atau mikroteks ini adalah sebuah penulisan kreatif dari teks atau frase yang ada dalam sebuah interface sebuah aplikasi, website, atau konten.
Odoo • Image and Text

Mengenal Apa Itu Microcopy?

Dengan semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi informasi, apalagi di dunia startup, kita saat ini mengenal salah satu bidang baru yang bernama microcopy atau mikroteks. Microcopy ini identik banget sama dunia startup dan digital marketing loh, kisanak. Udah pernah dengar belum?

Hari ini Qatros mau bahas tuntas tentang apa itu microcopy. Buat kisanak yang belum tau, microcopy atau mikroteks ini adalah sebuah penulisan kreatif dari teks atau frase yang ada dalam sebuah interface sebuah aplikasi, website, atau konten. Tujuan dari microcopy adalah untuk membantu para user ketika berselancar pada sebuah situs atau ketika melihat sebuah konten di sosial media, kisanak.

Microcopy memiliki fungsi untuk membantu para user ketika mereka sedang berhadapan pada sebuah produk. Contoh paling dekat dari microcopy ini berbentuk sebuah petunjuk atau arahan ketika kisanak mengakses sebuah aplikasi. Tujuan microcopy yang nggak lain dan nggak bukan adalah untuk memudahkan kamu sebagai user menemui sebuah masalah atau membantu untuk mengarahkan user ketika ingin membeli sebuah produk.

Singkatnya nih kisanak, menurut Murphy & Persson (2013) microcopy adalah kata atau kalimat yang berfungsi untuk memudahkan proses ketika pengguna sedang mencoba sebuah produk tanpa user merasa sedang dibantu dalam prosesnya. Produk yang dimaksud adalah website, aplikasi, atau sosial media.

Lantas, apa contoh microcopy?

Apa itu microcopy


Apa itu microcopy

Lingkar Kerja

Contoh paling dekat adalah ketika kisanak melihat dua gambar dari laman utama Lingkar Kerja nih. Dari kedua gambar tersebut, kisanak bisa melihat kalau teks kecil (microcopy) punya peran penting untuk membantu kisanak ketika mengakses website Lingkar Kerja.

Coba sekarang kisanak bayangkan kalau kamu nggak melihat tulisan atau microcopy apapun di dalamnya, pasti bingung banget kan kayak di-ghosting gebetan berhari-hari? Nah dari microcopy yang kisanak liat itu, kisanak dipandu tanpa merasa sedang dipandu ketika sedang mengakses situs Lingkar Kerja.

Oh iya, kisanak tau nggak sih kalau microcopy ini juga disebut sebagai seni mendesain kata? Sebutan ini disandang oleh microcopy karena microcopy ini memang menjadi bagian dalam mendesain kata. Kalau kita bicara tentang microcopy untuk UX writing, kisanak harus memilih kata dan menuliskannya ke dalam interface sebuah website atau aplikasi.

Sedangkan kalau kita bicara microcopy untuk content writing dan copywriting, kisanak harus memilih kata dan menuliskannya ke dalam bentuk paragraf yang super cantik dan menarik pada sebuah artikel, caption, atau konten sosial media. Tujuannya adalah agar para user tertarik untuk membeli produk yang kisanak jual.

Baca juga: Cara Menjadi UX Writer Handal 

Fungsi Microcopy

Seperti yang udah Qatros sebutkan di atas, microcopy berfungsi untuk menjadi sebuah cara untuk menghapus halangan yang bisa membuat para user meninggalkan sebuah produk. Selain itu microcopy juga berfungsi untuk mendorong user untuk menggunakan sebuah produk secara mulus dan mudah tanpa halangan berarti.

Microcopy bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan kampanye branding, memajukan value dari sebuah produk, serta memberi pengalaman luar biasa bagi para user ketike mengakses aplikasi kisanak dari manapun tanpa harus merasakan kejanggalan yang ada di dalamnya. Apalagi microcopy ini erat banget sama dunia startup dan digital marketing loh!

Karena microcopy ini memiliki fungsi yang udah Qatros sebutkan di atas yang dapat membantu kelancaran bisnis kisanak juga. Dengan teks yang mudah dibaca dan arahan yang jelas pada sebuah website atau konten sosial media, kehadiran microcopy ini pasti menjadi salah satu solusi bagi kamu yang ingin melancarkan digital marketing untuk bisnis kamu.

Nah gimana nih menurut kisanak? Microcopy ini seru banget kan buat dipelajari? Qatros bisa loh bantu kisanak untuk belajar tentang microcopy. Mau tau nggak gimana? Mampir ke sini yah!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Cara Menjadi UX Writer Handal
UX Writer ini adalah sebuah profesi bagi orang yang membuat tulisan di sebuah aplikasi.