Mengenal 6 Tingkatan Valuasi Startup
Selama ini kita sering dengar soal startup unicorn. Tapi kamu familiar nggak sih sama 6 tingkatan valuasi startup lainnya sebelum jadi unicorn?

Mengenal 6 Tingkatan Valuasi Startup

Selama ini kita sering dengar soal startup unicorn. Tapi kamu familiar nggak sih sama 6 tingkatan valuasi startup lainnya sebelum jadi unicorn?

Pernah nggak sih kisanak mendengar istilah startup unicorn? Kalau mendengar istilah startup unicorn, pasti yang terlintas di pikiran kisanak saat ini adalah startup-startup seperti Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka. Yaa walaupun beberapa dari nama yang terlintas di pikiran kisanak saat ini udah jadi startup decacorn, tapi jawaban kisanak bener kok!

Tapi sebenarnya apa sih istilah-istilah startup unicorn dan decacorn itu? Kisanak tau nggak?

Ternyata eh ternyata, istilah-istilah seperti startup unicorn dan decacorn itu adalah istilah untuk tingkatan valuasi sebuah startup. Singkatnya sih, kalau disederhanakan tingkatan valuasi startup ini adalah level-level sebuah startup, dimana level ini menunjukkan nilai atau valauasi sebuah startup digital. 

Dalam dunia startup sendiri, ada enam tingkatan valuasi startup yang dikenal. Hari ini Qatros bakal memperkenalkan apa aja sih enam tingkatan valuasi startup tersebut. Jadi jangan sampai gagal fokus, minum air yang banyak, dan simak baik-baik artikel di bawah ini ya kisanak!

  1. Valuasi Startup Tingkat Cockroach

Seperti namanya, cockroach atau kecoak ini adalah seekor serangga mungil. Tingkatan valuasi pertama startup ini diibaratkan seperti kecoak atau cockroach karena startup pada tingkatan ini bisa dibilang masih cukup kecil dan baru aja dirintis. Karena baru aja dirintis, nilai valuasi startup ini masih kecil. 

Biasanya sih startup dengan valuasi kecil seperti ini masih giat-giatnya untuk menarik para angel investor untuk memberikan modal usaha mereka. 

  1. Valuasi Startup Tingkat Ponies

Ketika sudah berhasil menarik angel investor untuk berinvestasi di startup yang baru aja dirintis, biasanya nilai valuasi sebuah startup akan semakin naik. Startup yang sudah memiliki nilai valuasi mencapai $US 10 Juta atau sekitar Rp 140 Miliar ini biasa disebut sebagai startup dengan tingkat valuasi level Ponies. 

Tingkatan valuasi startup Ponies ini menjadi tanda sebuah startup udah berhasil mengembangkan startup mereka. Pada level kedua ini, keseriusan sebuah startup semakin diuji loh!

  1. Valuasi startup tingkat Centaurs

Setelah berhasil bertahan dengan nilai valuasi di atas $US 10 Juta dan semakin meningkat mencapai $US 100 Juta, sebuah startup akan memiliki tingkatan valuasi baru yaitu Centaurs. Biasanya setelah berhasil menduduki tingkatan valuasi startup centaurs, sebuah startup akan semakin dilirik oleh investor kelas besar untuk menanamkan modal.

  1. Valuasi startup tingkat Unicorn

Nah ini dia nih tingkatan valuasi startup yang pasti sering banget kisanak dengar. Tingkatan valuasi startup Unicorn ini adalah sebuah level untuk startup yang berhasil bertahan dan menambah valuasi mereka mencapai $US 1 Miliar. Nama-nama seperti Go-Jek dan Tokopedia pernah menjadi startup Unicorn loh, keren kan?

  1. Valuasi startup tingkat Decacorn

Posisi tingkatan valuasi startup kelima adalah Decacorn nih. Setelah berhasil menambah valuasi startup menjadi lebih dari $US 1 Miliar atau lebih tepatnya menjadi $US 10 Miliar, sebuah startup akan diberi julukan sebagai startup decacorn. Posisi startup decacorn saat ini diisi oleh nama-nama startup besar seperti AirBnB, Dropbox, WeWork, dan SpaceX. Dari Indonesia sendiri, nama Go-Jek telah berhasil menjadi startup decacorn karena telah mendapatkan investasi dari Google, Tencent, dan JD.com, gokil!

  1. Valuasi startup tingkat Hectocorn

Tingkatan valuasi startup yang terakhir dan terbesar diduduki oleh Hectocorn. Startup dengan posisi ini merupakan startup yang berhasil memiliki nilai valuasi sebesar $US 100 Miliar. Posisi ini biasanya diduduki oleh para startup kelas dunia seperti Apple, Google, dan Microsoft.

Itu dia kisanak enam level tingkatan valuasi startup yang biasa kita kenal. Kamu tertarik nggak nih buat bikin startup sendiri, siapa tau bisa menyaingi Google dan Apple. Jangan lupa share dan komen di bawah ya!

Sign in to leave a comment
Begini Caranya Teknologi Extended Reality Bakal Mengubah Dunia
Extended Reality digadang-gadang akan menjadi teknologi canggih yang akan dilirik banyak sektor. Kira-kira begini teknologi Extended Reality bakal mengubah dunia!