Memanfaatkan teknologi di tengah wabah corona

Beberapa waktu ini penduduk dunia dibuat heboh oleh salah satu wabah bernama corona. Wabah yang pertama kali muncul di Wuhan China ini memang membawa kepanikan di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri, sejak isu tentang corona muncul pertama kali sudah langsung bawa dampak ke beberapa hal. Seperti sanitizer dan masker yang dulunya bisa gampang kita temukan dimana saja, tiba-tiba menghilang ditelan bumi. Itu baru salah satunya. Belum lagi dampak-dampak pada lini pariwisata, bisnis dan transportasi. Namun herannya masih ada beberapa orang yang justru memanfaatkan fenomena ini untuk mengambil untung untuk dirinya sendiri.

Apalagi setelah di akun instagram pak Jokowi sekitar tanggal 15 Maret 2020 muncul himbauan yang berisi “Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, Ibadah dari rumah”. Himbauan ini muncul untuk menghambat penyebaran corona. Siapa sangka dek, wabah ini membawa dampak ke banyak hal. Salah satunya adalah kebijakan-kebijakan seperti kerja dari rumah. 

Mari kita sedikit berandai-andai nih. Coba kita hidup di jaman dulu. Zaman dimana belum ada internet. Ketika ada kebijakan seperti ini yang terjadi mungkin bisa jadi seluruh aktivitas akan benar-benar mati. 

Tapi man, kita kini ada di era yang semuanya dimudahkan oleh teknologi. Sehingga munculnya kegiatan kerja dari rumah, belajar dari rumah sangat mungkin dilakukan. Kita bisa memanfaatkan teknologi di tengah wabah corona ini. Meski kita harus melakukan kegiatan di rumah saja untuk menghambat penyebaran corona namun kita bisa tetap menjalankan aktivitas untuk tetap berkarya.  

Contohnya gimana tuh, tetap tinggal di rumah namun semua urusan pekerjaan bisa tetap kelar. Misal nih, kita butuh meeting, saat ini sudah ada salah satu teknologi dari google yang namanya google meet. Jadi kita cukup dari rumah, nyalain laptop, nyalain internet, invite rekan kerja, jadi deh kita meeting di google meet. 

Itu salah satu contohnya. Contoh lagi nih, buat kalian para QA, bagaimana bisa tetap bekerja, berkolaborasi dengan para develop untuk mencari bug dan mengfixkan aplikasi supaya bebas dari bug, kalian bisa gunakan teknologi bernama getdebug. 

Itu hanya beberapa contoh bagaimana teknologi bisa membantu kita untuk tetap beraktivitas meski kita bekerja dari rumah. Yang jelas ada banyak teknologi lagi yang  bisa kalian gunakan untuk membantu kegiatan kalian agar tetap berjalan. 

Contoh lagi yang paling sederhana nih. Beberapa penjual online kini bisa berseliweran di lini media manapun untuk menawarkan dagangan mereka seperti sanitizer dengan harga terjangkau, masker dengan harga terjangkau. Jadi jualan jalan, tapi tetap dikerjakan dari rumah saja. Tentunya masih banyak lagi nih cara dan contoh memanfaatkan teknologi di tengah wabah corona ini.

Bisa kita lihat nih, dengan memanfaatkan teknologi di tengah wabah corona sangat mungkin bisa kita lakukan. Jangan jadikan wabah ini hanya sebagai alasan kita menjadi tidak produktif dan hanya mengunci diri di rumah saja sambil ketakutan. Namun pastinya semua harus tetap bisa waspada, tetap menjaga kesehatan. Bersama-sama, Indonesia pasti bisa melalui wabah corona ini. 

Sign in to leave a comment
CATATAN SEJARAH