Keuntungan-Keuntungan Menggunakan Platform Talent Pool
Familiar menggunakan platform seperti Jobstreet, Linkedin, Glints, Tech in Asia Jobs?

Istilah platform talent pool bisa dibilang cukup segmented. Akan tetapi, jika kisanak pernah menggunakan platform seperti Jobstreet, Linkedin, Glints, atau platform serupa lainnya, maka kisanak sebenarnya sudah familiar dengan hal tersebut.

Platform talent pool tidak hanya diperuntukkan bagi pengguna yang sedang mencari pekerjaan saja (talent). Perusahaan (organisasi) juga merupakan pengguna aktif dari platform ini. Jadi, perusahaan yang memang sedang membutuhkan karyawan dengan kualifikasi tertentu dapat menginformasikan pengumuman tersebut melalui platform talent pool.

Platform talent pool memediasi interaksi perusahaan dengan talent (tenaga kerja), begitu juga interaksi sebaliknya. Beberapa platform talent pool mempunyai segmentasi pengguna tertentu. Sebagai contoh, Tech in Asia Jobs punya segmentasi pengguna yakni perusahaan-perusahaan startup. Jadi, apabila kisanak tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan startup, khususnya untuk daerah Asia, kisanak bisa memaksimalkan peluang yang ada di platform talent pool tersebut.

Beberapa platform talent pool mengaplikasikan fitur-fitur yang akan mendukung perekrutan talent. Misalnya memberikan fitur testimoni dari talent ke talent. Interaksi antar talent semacam ini dapat menjadi nilai tambah untuk talent ketika di-screening oleh tim recruitment sebuah perusahaan.

Dalam artikel ini, startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara akan mengajak kisanak untuk membahas keuntungan-keuntungan menggunakan platform talent pool. Keuntungan menggunakan platform talent pool dapat dilihat dari dua sisi: talent dan perusahaan. Jadi, langsung saja markibah (mari kita ghibah bahas).

Keuntungan untuk Talent

Sortir pekerjaan sesuai dengan minat

Umumnya, platform talent pool memudahkan talent untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan sesuai dengan minat mereka. Beberapa platform talent pool memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk melakukan sortir pekerjaan yang mereka minati.

Beberapa platform talent pool menambahkan fitur pencarian lowongan kerja dengan kategori yang spesifik. Kisanak dapat memanfaatkan fitur search job dan menyesuaikan kategori-kategori yang disediakan mulai dari posisi yang diminati, lokasi kantor, salary – range, dan spesialisasi yang kisanak miliki.   

Menghemat biaya

Platform talent pool akan menghemat biaya para talent pada fase melamar pekerjaan. Platform ini akan memperkecil kemungkinan talent untuk mencetak curriculum vitae, resume, portofolio, atau surat pengantar lamaran dalam bentuk lembaran. Platform talent pool juga tidak membebankan biaya kepada talent seperti halnya mengikuti event job fair.

Menghemat waktu

Platform talent pool juga banyak menghemat waktu talent. Di beberapa platform talent pool, talent hanya perlu untuk melakukan ‘klik’ jika berminat untuk melamar lowongan pekerjaan. Jika membandingkan proses melamar pekerjaan dengan menggunakan email, kisanak masih perlu setidaknya mengatur subjek email dari template email lamaran yang sudah kisanak buat.

Bisa mengetahui kultur perusahaan yang diminati

Platform talent pool menyediakan kolom khusus bagi perusahaan untuk mendeskripsikan informasi terkait organisasi penyedia lowongan pekerjaan. Jika memang diisi dengan baik, maka talent dapat melihat seperti apa kultur perusahaan yang hendak dilamar.

Keuntungan untuk Perusahaan

Menghemat biaya

Tidak perlu untuk menyebarkan brosur, atau mengikuti event job fair, perusahaan dapat menghemat banyak biaya untuk proses recruitment ini dengan menggunakan bantuan platform talent pool. Singkatnya perusahaan akan memangkas biaya untuk keperluan pengiklanan ketika hendak menyebarkan lowongan pekerjaan.

Menghemat waktu dan tenaga tim recruitment

Platform talent pool akan menghemat waktu dan tenaga tim recruitment dalam proses-proses screening. Beberapa platform talent pool mempunyai tampilan yang mendukung untuk proses screening seperti adanya fitur penulisan mini resume yang harus diisi oleh talent. Deskripsi di kolom mini resume, bisa menjadi variabel untuk tim recruitment  akan mengeliminasi atau mengambil kandidat.

Mudah mengidentifikasi kandidat

Preset penulisan resume yang ada di platform talent pool akan memudahkan perusahaan mengidentifikasi kandidat. Beberapa platform talent pool juga menyediakan kolom-kolom yang memuat informasi-informasi penting terkait pencapaian, testimoni dan relasi para talent. Tentunya ini dapat menjadi sebuah variabel yang akan menguntungkan  dan memudahkan proses identifikasi kandidat.

Meningkatkan Kapabilitas

Dengan memaksimalkan talent pool, perusahaan dapat mengambil talent yang berkualitas. Apabila berhasil merekrut talent yang berkualitas, maka kemungkinan kapabilitas perusahaan akan juga ikut meningkat.

Saat ini, Qatros Teknologi Nusantara sedang menggodok sebuah platform talent pool yang akan menjembatani interaksi antara perusahaan dan talent. Kami sedang membuka survei untuk keperluan development platform talent pool yang sedang kami buat. Dengan survei yang kami lakukan, kami berharap platform talent pool yang akan kami buat dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh para job seeker.

Satu suara kisanak akan menjadi masukan yang bermanfaat untuk kami. Ikuti surveinya dengan klik link berikut ini.

Sign in to leave a comment
Tips Untuk Menjadi Software Engineer
Apa aja sih hal yang dibutuhkan oleh seorang software engineer?