Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Programmer Pemula
Kesalahan-kesalahan ini harus kamu hindari sebagai seorang programmer pemula

Kesalahan Programmer, Programmer

Bagi para pemula yang baru terjun di dunia pemrograman, belajar bahasa pemrograman adalah sebuah hal yang super menyenangkan. Apalagi saat di mana kisanak udah bisa bikin program "Hello, World!" setelah sebelumnya udah menghabiskan banyak waktu untuk belajar bahasa pemrograman.

Jadi seorang programmer sih katanya susah-susah gampang. Kalau kata Lek Qin waktu dia kuliah di Universitas Hacker Sleman, belajar bahasa pemrograman untuk jadi seorang programer itu sama kayak kamu belajar naik sepeda. Nggak tau sih di mana korelasinya, tapi kalau dipikir dan dihayati menggunakan hati yang rapuh ini, anggapan Lek Qin tentang belajar bahasa pemrograman untuk jadi seorang programer itu emang susah-susah gampang, persis kayak lagi belajar naik sepeda.

Kenapa? Karena ketika belajar naik sepeda itu, kisanak pasti nggak akan langsung bisa mengayuh sepeda dengan lancar. Pasti di tengah jalan ada aja rintangannya. Sama kayak belajar bahasa pemrograman, ketika kisanak belajar bahasa pemrograman juga pasti ada banyak rintangan di tengah jalan.

Membahas soal rintangan ketika belajar bahasa pemrograman, sebagai seorang programmer pemula pasti kisanak sering banget menemukan berbagai macam masalah saat melakukan coding. Mulai dari sintaks error, bug, atau masalah teknis lainnya. Nggak bisa dipungkiri sih kalau mau belajar bahasa pemrograman itu emang harus bisa sabar dan tekun. Apalagi kalau mau jadi programmer hebat.

Dan kalau membicarakan soal bug atau error, ternyata eh ternyata nih kisanak, beberapa kesalahan seperti bug dan error dalam sebuah program yang diciptakan oleh seorang programmer justru bisa disebabkan oleh sang programmer itu sendiri loh! Makanya nih, bagi kisanak yang baru aja belajar bahasa pemrograman dan ingin jadi seorang programmer harus tau kesalahan-kesalahan yang wajib banget dihindari oleh seorang programmer pemula.

Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Programmer Pemula

1. Menggunakan Gaya Bahasa Pemrograman yang Nggak Konsisten

Menjadi seorang programmer  itu sebenarnya hampir sama seperti seorang penulis. Programmer apalagi programmer pemula harus bisa menuangkan isi pikiran mereka ke dalam tulisan. Ketika belajar bahasa pemrograman untuk coding, programmer harus bisa menuliskan kode-kode yang dimengerti oleh komputer. Kesalahan yang dilakukan oleh seorang programmer pemula biasanya menulis bahasa pemrograman yang berantakan dan sulit dibaca alias nggak tertata dengan baik dan berpotensi besar menghasilkan bug.

2. Menulis Kode tanpa Perencanaan

Kesalahan nomer dua ini paling sering dilakukan sama programmer pemula. Biasanya ketika programmer pemula diberi sebuah masalah, para programmer pemula ini bakal langsung melakukan coding tanpa melakukan perencanaan mengenai kode yang bakal mereka buat. Balik lagi nih ke masalah nomer satu, sebuah bahasa pemrograman tanpa perencanaan biasanya menghasilkan kode yang nggak terstruktur dengan baik.

3. Menggunakan Variabel Global Terlalu Sering


Bagi programmer, variabel global adalah variabel yang dideklarasikan dalam skop global. Dalam kata lain, sebuah variabel global ini bisa diakses dari semua skop. Para programmer pemula biasanya terlalu sering menggunakan variabel global karena bagi kebanyakan programmer pemula menganggap variabel global ini lebih simpel daripada variabel global.  Dan ini justru menjadi sebuah masalah lagi karena programmer pemula yang terlalu sering menggunakan variabel global juga dapat menyebabkan masalah runtime.

4. Nggak Melakukan Validasi Input dari User

Walaupun nggak semua, tapi masih banyak programmer pemula yang kadang masih nggak melakukan validasi input dari user. Sebagai programmer pemula, kisanak harus tau nih kalau semisal kalian nggak melakukan validasi input dari user, resiko program error malah menjadi lebih besar. Karena biasanya juga, para user ini sering melakukan input yang asal-asalan, jadi kalau kalian sebagai seorang programmer pemula nggak melakukan validasi dengan baik, udah bisa dipastikan bakal terjadi error.

5. Nggak Melakukan Back Up Pekerjaan Secara Rutin


Last but not least, ini adalah kesalahan paling fatal yang harus banget dihindari oleh para programmer pemula yang mungkin baru aja belajar bahasa pemrograman. Banyak dari programmer pemula atau bahkan programmer senior jarang banget untuk melakukan back-up pekerjaan mereka. Resikonya besar banget loh, kisanak! Data-data dari bahasa pemrograman yang udah dibuat bisa aja hilang karena hardisk yang rusak atau laptop-nya hilang. Ini fatal abis loh bagi programmer pemula!

Kisanak, itu dia lima kesalahan yang wajib banget dihindari oleh programmer pemula. Buat kalian yang sekarang baru mulai belajar bahasa pemrograman, jangan terburu-buru ya! Karena sesuatu yang terburu-buru itu nggak baik. Pelan-pelan aja, kayak lagi mau nikung pacar orang di belokan Ring Road Utara Jogja!

Sign in to leave a comment
5 Tips Belajar Data Science buat Jadi Data Scientist
Mau jadi Data Scientist? Ya belajar Data Science dulu!