Kenapa Landing Page itu Penting untuk Website Kamu?

Kenapa Landing Page itu Penting untuk Website Kamu?

Menurutmu, kenapa sih landing page itu penting untuk website kamu?


Sebelum kita mulai, Qatros mau tanya kabar kisanak dulu nih. Apa kabar semuanya? Baik-baik aja kan? Bagus kalau baik-baik aja. Hari ini Qatros mau bahas soal landing page. Kisanak udah tau belum apa itu landing page? Apaaaa? Belum tau? Oke tenang, Qatros bakal jelasin ke kisanak soal apa itu landing page. Simak yah!

Apa sih landing page itu?

Kalau kisanak sering mondar-mandir sebuah website, harusnya kisanak udah sering lihat landing page di dalam website itu. Landing page sendiri adalah sebuah halaman dalam website yang didesain khusus untuk keperluan marketing. Landing page ini merupakan halaman berbayar yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website tersebut.

Serupa tapi nggak sama, landing page ini sering banget dikira homepage loh kisanak. Tapi jangan sampai salah sangka, karena landing page ini beda banget sama homepage. Landing page ini diibaratkan ruang-ruang khusus yang ada di dalam sebuah gedung.

Landing page sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut yang bisa kisanak lihat: 

1. Landing page adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website; 

2. Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi di website. 

3. Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya untuk membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

baca juga: Manfaat Robot Automation bagi Perusahaan


Landing page sendiri memiliki dua fungsi utama, yaitu landing page yang bisa dipakai untuk mengumpulkan data para pengunjung potensial atau leads. Sedangkan fungsi lainnya adalah untuk mempercepat transaksi. Biasanya halaman landing page dengan fungsi kedua ini bentuknya minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Yaa, dengan kata lain landing page ini mempermudah pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang sedang dicari untuk dibeli.

Jenis-jenis Landing Page

1. Lead Generation Landing Page

Landing page jenis pertama ini biasa disebut lead gen atau lead capture pages. Fungsi landing page lead gen ini adalah untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Biasanya dalam data yang dikumpulkan dalam bentuk nama dan alamat email. Kedua data yang sudah dikumpulkan ini kemudian bakal disimpan untuk keperluan penjualan website.

2. Click-through landing pages

Jenis landing page kedua ini sering banget ditemui kisanak loh. Karena click-through landing ini biasanya dipakai dalam e-commerce atau model marketing B2C. Biasanya sih landing page click-through ini hanya menampilkan satu tombol sederhana.

Cara Membuat Landing Page

Cara paling mudah dalam membuat landing page adalah dengan menginstall satu plug in builder di website berbasis WordPress. Ada banyak pilihan plug in yang bisa kalian coba di dalam WordPress Repository untuk membuat landing page.

Tapi kalau kisanak nggak mau repot, tinggal mampir aja ke kantor Qatros. Dijamin nggak ribet alias kisanak tinggal nunggu aja untuk membuat landing page yang mudah dan praktis. Jangan takut karena para ahli IT di Qatros nggak gigit kok!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Manfaat Robot Process Automation bagi Perusahaan