Kenalan Lebih Dekat dengan Artificial Intelligence
Kenapa Harus Kenalan Sama Artificial Intelligence?

Kenalan Lebih Dekat dengan Artificial Intelligence
Selamat datang kembali wahai kisanak yang disayangi Qatros. Udah pada makan belum? Kalau belum, hari ini Qatros akan memberikan artikel tentang Artificial Intelligence buat jadi teman makan kalian. Udah siap?


Sebelum kita berjalan lebih jauh, Qatros mau tanya dulu nih, kisanak udah pernah nonton film-film Marvel kan? Kalau udah, pasti familiar sama Jarvis dan Friday yang dibuat sama Tony Stark. Nah keduanya, baik Jarvis maupun Friday adalah sebuah AI atau Artificial Intelligence loh.

Terus, Apa Sih Artificial Intelligence Itu?

Kalau kalian sudah familiar sama artificial intelligence garapan Tony Stark di film-film Marvel, kalian harusnya udah punya gambaran nih. Artificial Intelligence atau bisa kita sebut AI ini adalah sebuah kecerdasan buatan yang diciptakan untuk melakukan hal-hal yang secara tradisional hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kecerdasan manusia.


Artificial intelligence ini diciptakan melalui sebuah algoritma untuk mengklasifikasi, menganalisa, dan memprediksi sesuatu dari sebuah data. Seperti namanya, artificial intelligence atau kecerdasan buatan ini sama seperti anak kecil yang sedang berkembang. Dalam kata lain, artificial intelligence ini akan selalu mempelajari hal-hal baru seiring berjalannya waktu. Dan seperti manusia juga, artificial intelligence ini belum sempurna.


Artificial intelligence ini berbeda dengan sistem pemrograman biasa. Karena Artificial intelligence akan melatih sebuah program untuk melakukan tugas yang spesifik dan memungkinkannya untuk eksplorasi serta memperbaiki kesalahan yang ada atas kemauannya sendiri. Dalam pengertian lain, artificial intelligence yang baik akan mengetahui apa yang akan dilakukannya ketika dihadapi dengan situasi yang rumit.


Ada di mana aja Artificial Intelligence itu ?

Walaupun saat ini  perkembangan Artificial Intelligence belum terlalu pesat di Indonesia, tapi ternyata ada loh sistem artificial intelligence yang udah sering kalian temui di keseharian kalian kisanak. Apa aja tuh?

1. Social media

Buat kalian nih yang user Facebook, pasti kalian nggak sadar kan kalau ternyata Facebook menggunakan artificial intelligence. Facebook menggunakan artificial intelligence pada sistem pengenalan wajah yang mereka punya. Ketika kisanak mengunggah foto ke facebook, artificial intelligence ini akan menaruh sebuah kotak di sekitar foto kalian yang kemudian akan memberikan rekomendasi teman untuk kamu tandai.

2. Customer support


Nah ini nih biasanya kalian temukan di sebuah platform belanja. Teknologi artificial intelligence ini berupa chatbot yang bertugas membalas percakapan kalian dengan toko lewat sebuah chat room.

3. Self-driving cars


Self-driving cars adalah sebuah teknologi artificial intelligence yang memungkinkan sebuah mobil untuk berjalan sendiri. Salah satu pioneer yang menggunakan artificial intelligence untuk self-driving sistemnya adalah Tesla. Itu loh mobil listrik yang harganya murah banget!

Artificial Intelligence: Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning


Kalau tadi udah membahas yang sedikit ringan. Sekarang saatnya kita bahas tentang artificial intelligence lebih dalam lagi. Yuk kita breakdown satu-satu.

Machine Learning


Algoritma mesin pembelajaran ini adalah bentuk artificial intelligence yang bertugas untuk mengidentifikasikan pola dan memprediksi hasil dari sebuah kumpulan data. Karena manusia memiliki batasan waktu dan kemampuan berpikir untuk memproses dan menganalisa data, machine learning algoritma hadir untuk mempermudah pekerjaan manusia dengan cara:

1. Memprediksi sebuah hasil dengan memberikan input data

2. Menemukan insight atau pola tertentu dari banyaknya kumpulan data besar

3. Memecahkan masalah dengan waktu yang lebih cepat dari manusia

Neural Networks & Deep Learning

Artificial intelligence dalam bentuk neural network ini memiliki tujuan untuk menggantikan otak manusia untuk menganalisa sebuah data. Neural network ini dapat melakukan proses identifikasi, klasifikasi, analisa data yang berbeda, berurusan dengan banyak variabel, dan menemukan pola-pola tertentu yang tidak bisa ditemukan oleh kemampuan otak manusia.


Sedangkan deep learning adalah subset dari machine learning. Ketika diaplikasikan ke dalam neural network, deep learning dapat membuat jaringan bekerja tanpa harus diawasi oleh manusia. Biasanya nih kisanak, neural network selalu dikombinasikan dengan machine learning dan deep learning. 


Jadi gimana, udah paham banget kan soal artificial intelligence? Kalau belum paham, komen di bawah ya! Jangan lupa share juga karena insight dari kalian adalah harta paling berharga kayak keluarga. 

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Sejarah sistem Kanban yang Perlu Kamu Tau!
Sejarah Sistem Kanban ini Bakal Sepanjang Sejarah Hubunganmu sama Doi nggak ya?