Kamu Nggak Akan Bisa Main Tinder Kalau Nggak Ada Martin Cooper!
Siapakan Martin Cooper? Apa perannya di dalam dunia teknologi?

 Dengan kehadiran Internet of Things banyak hal yang tadinya sulit, sekarang menjadi mudah untuk dilakukan. Selama ada koneksi internet, saat ini hampir semua hal bisa dilakukan. Salah satunya adalah untuk urusan mencari jodoh. Aseekkk, siapa nih yang udah pernah coba cari jodoh secara online? Hayooo ngakuuu!

Bahas-bahas soal mencari jodoh secara online, sekarang ini juga udah banyak loh aplikasi untuk mencari jodoh. Salah satunya yang paling populer adalah Tinder. Itu loh yang cara mainnya tinggal swipe left sama swipe right! Pasti kisanak udah pernah coba kan?

Tapi apa yang terjadi ya kalau di dunia ini nggak ada handphone? Kira-kira kisanak sekarang masih bisa main Tinder nggak sih kalau di dunia ini nggak ada handphone? Pernah nggak sih kisanak juga bertanya, siapa ya penemu handphone?

Tenangkan pikiranmu, karena sekarang Qatros akan memperkenalkan penemu Handphone! Siapa dia? Simak tulisan di bawah ini secara seksama dan benar-benar teliti!

Yak, kenalin nih Martin Cooper! Sang legenda penemu handphone pertama di dunia. Martin Cooper atau biar akrab kita panggil Martin Cooperini lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada tanggal 26 Desember 1928. Saat ini Martin Cooper udah berumur 92 tahun karena hari ini adalah hari ulang tahunnya!

Buat yang belum tau, Martin Cooper ini adalah seorang insinyur, dirinya juga merupakan pionir dalam komunikasi nirkabel khususnya dalam manajemen spektrum radio. Selama hidupnya, Martin Cooper udah memiliki 11 paten di bidang-bidang tersebut.

Martin Cooper merupakan pemimpin tim insinyur dari Motorola yang mengembangkan handphone genggam yang berbeda dari car phone. Dirinya juga merupakan CEO dan pendiri ArrayComm, sebuah perusahaan yang bekerja dalam penelitian teknologi Smart Antena dan mengembangkan jaringan nirkabel.

Menurut sejarah yang tertulis, Martin Cooper juga pernah bergabung ke dalam Reserve Officers Training Corps Angkatan Laut Amerika Serikat setelah menempuh pendidikan di Illinois Institute of Technology (IIT) pada tahun 1950. Martin Cooper menjabat sebagai perwira kapal selam selama perang Korea hingga pada tahun 1957, Martin Cooper melanjutkan pendidikannya untuk mendapatkan gelar master dari IIT di bidang teknik elektro.

Peran Penting Martin Cooper dalam Mengubah Dunia Teknologi

Diawali di tahun 1960, Martin Cooper memiliki peran yang sangat penting untuk memperbaiki cacat yang ada di dalam kristal Motorola yang dibuat untuk radio. Berkat bantuan Martin Cooper, Motorola akhirnya memproduksi massal kristal kuarsa pertama yang digunakan untuk jam tangan Quartz. Akhirnya Martin Cooper pun dipercayai untuk memimpin divisi telepon mobil di Motorola oleh John F. Mitchell selaku kepala insinyur proyek komunikasi portabel.

Saat John dan Martin Cooper berencana untuk membuat produk komunikasi yang nggak cuma bisa digunakan di dalam mobil. Sehingga alat tersebut haruslah kecil dan cukup ringan untuk menjadi alat portabel. Butuh waktu 90 hari pada tahun 1972 untuk menciptakan prototipe pertama dari ide tersebut.

Martin Cooper dan para insinyur lainnya pun mempatenkan penemuan “Radio Telephone System” yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 dan disetujui pada September 1975 atas nama mereka. Setelah mematenkan produk tersebut,  Martin Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (handphone) pertama dan orang pertama yang melakukan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973.

Tau nggak sih, ternyata Martin Cooper ini terinspirasi dari serial Star Trek loh! Waktu itu dirinya mendapat ide untuk membuat handphone setelah menonton adegan Kapten Kirk yang menggunakan sebuah alat komunikasi nirkabel. Setelah penemuannya itu, Martin Cooper pun digelari menjadi 'Bapak Telepon Selular' dunia dan tahun-tahun setelah ia menemukan telepon selular pertamanya, karirnya pun melonjak drastis.

Gimana nih menurut kamu kisanak? Apa jadinya kalau Martin Cooper nggak mendapatkan ide dari serial Star Trek ya? Pastinya kamu udah nggak bisa menemukan jodoh secara online lewat Tinder deh, kisanak!

Sign in to leave a comment
3 Karakter Penting Dunia Startup yang Harus Kamu Tau
Buat kamu yang ingin buat startup, 3 karakter penting ini harus kamu miliki dan kuasai dulu