Investasi US$100 Juta dari Apple Lewat Propel Center
Lewat Propel Center, Apple berinvestasi untuk mengurangi ketidaksetaraan rasial di Atlanda dan Detroit.

Investasi US$100 Juta dari Apple Lewat Propel Center

Lewat Propel Center, Apple berinvestasi untuk mengurangi ketidaksetaraan rasial di Atlanda dan Detroit.


Walaupun biasanya Apple mengumumkan sesuatu yang super heboh seperti perilisan perangkat-perangkat terbarunya, berbeda kali ini, Apple justru mengumumkan sesuatu yang nggak biasa namun bisa dibilang sangat monumental. Sebelumnya Apple mengeluarkan dana investasi sebesar US$100 juta untuk ikut dalam rangka Inisiatif Kesetaraan dan Keadilan Ras. 

Rabu kemarin (13/01), Apple mengumumkan beberapa cara untuk menggunakan dana investasinya sebesar US$100 juta. Langkah pertama yang akan dilakukan perusahaan teknologi raksasa dari Amerika Serikat itu adalah dengan membuat pusat inovasi dan pembelajaran pertama di dunia yang disebut Propel Center. Apple juga kabarnya nggak sendirian, Apple akan menggandeng Southern Company dan beberapa stakeholders lainnya.


Apple sendiri udah menyumbang dana sebesar $25 juta untuk kampus di Atlanta yang dirancang untuk mendukung generasi penerus dengan menyediakan kurikulum inovatif, dukungan teknologi, peluang karir, dan program fellowship. Pusat Inovasi besutan Apple ini akan menawarkan berbagai macam kelas dengan kurikulum khusus yang berfokus pada bisnis musik yang dikembangkan oleh Vydia.

Selain menghibahkan dana untuk Kampus Atlanta, Apple juga mengembangkan dua program baru untuk mendukung program teknik di Historis Black Colleges and University untuk memberikan 100 beasiswa dari Apple Scholars baru dari komunitas yang selama ini kurang terwakili. Tujuan hibah dari Apple ini adalah untuk membantu siswa dan fakultas untuk mengembangkan kurikulum rekayasa perangkat keras dalam kemitraan dengan para ahli yang dimiliki Apple.

Ternyata nggak cuma dukungan finansial aja loh yang dikasih sama Apple, lewat program Apple Scholars, Apple juga bakal memberikan pengalaman bimbingan dan pengembangan karir untuk para penerima beasiswanya. Beuhhh mantul!!

Apple juga kabarnya bakal membuka Apple Developer Academy di Detroit. Apple pun nggak sendirian, mereka menggandeng Michigan State University. Akademi yang dirancang untuk memberdayakan para entrepreneurs, coders, dan developer berkulit hitam di Detroit. Tujuannya nggak lain dan nggak bukan untuk membantu para pemuda berkulit hitam untuk mengembangkan keterampilan yanbg diperlukan untuk pekerjaan di aplikasi iOS yang sedang berkembang pesat.


Nantinya akademi ini akan berupa sebuah kursus yang dibagi menjadi program 30 hari dan 10 sampai 12 bulan tergantung dari tingkat keahlian para peserta.

Last but not least, Apple juga menginvestasikan dana sebesar US$10 juta untuk Harlem Capital dan US$25 juta untuk Clear Vision Impact Fund milik Siebert William Shank untuk mendukung bisnis yang melayani pasar yang kurang terlayani dengan baik milik para usahawan muda berkulit hitam. Di sisi lain, Apple juga memberikan donasi untuk menghormati Dr. Martin Luther King Jr. lewat The King Center. Gimana nih menurut kisanak soal investasi Apple yang bisa dibilang besar-besaram. Kira-kira sambutan seperti apa ya yang diterima oleh para masyarakat kulit hitam di Atlanta dan Detroit? Jangan lupa tulis tanggapan kamu di bawah ya!

Sources: The Verge, Propel Center Org, Wired UK


Sign in to leave a comment
4 Produk Gagal dalam Dunia Teknologi
Perkembangan dunia teknologi nggak melulu berbuah hasil yang baik. Contohnya 4 produk gagal dalam dunia teknologi ini nih!