Face Thermal: Deteksi Dini Virus Corona
Saatnya deteksi dini!



Dari masa ke masa, kita udah mengenal berbagai sistem keamanan yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kisanak pasti udah cukup familiar dengan sistem keamanan berupa Personal Identification Number (PIN), Identification Card (ID Card), dan password. Tapi kisanak tau nggak sih kalau dengan berkembangnya teknologi, beberapa tahun terakhir kita udah mengenal sistem keamanan baru yang dinilai lebih aman dan akurat?


Sistem keamanan yang baru hadir beberapa tahun terakhir ini menggunakan teknologi biometrik yang dalam perkembangannya, sistem keamanan dengan teknologi biometrik ini memang dianggap lebih efisien dan akurat. Sistem keamanan dengan teknologi biometrik ini dinilai lebih aman karena tidak bisa memalsukan data jika suatu waktu terdapat hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sistem keamanan dengan teknologi biometrik ini bekerja dengan melakukan proses analisa dan identifikasi menggunakan dua macam karakteristik manusia seperti kondisi fisik dan fisiologis manusia. Sistem keamanan dengan teknologi biometrik ini akan memberikan peningkatan yang signifikan dalam akurasi pengidentifikasian identitas seseorang. Sistem keamanan dengan teknologi biometrik yang biasa kita temui saat ini bernama face recognition.

Sistem keamanan face recognition ini bekerja dengan menggunakan sensor kamera dengan melakukan pengenalan struktur wajah. Device pada sistem keamanan face recognition bekerja sebagai pengenal kode yang bekerja pada objek muka seseorang. Device ini mengambil kode berdasarkan bentuk geometri wajah dengan mengambil data dengan dua tipe, yaitu secara 2D dan 3D.

Sistem keamanan face recognition ini mengenali struktur wajah menggunakan alat scan panas sinyal infra merah yang berfungsi untuk mengidentifikasi karakteristik dari sebuah wajah. sistem keamanan face recognition ini berfungsi sebagai password dalam cara kerjanya menggunakan ekspresi seseorang tanpa direkayasa.

Di tengah pandemi seperti ini, ternyata sistem keamanan face recognition nggak cuma berfungsi sebagai sebuah sistem keamanan aja loh kisanak! Karena dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sistem keamanan face recognition ini juga bisa dialihfungsikan untuk menjadi alat deteksi suhu manusia.

Mungkin kisanak juga udah familiar banget nih sama teknologi face thermal. Biasanya kisanak bisa menemukan teknologi face thermal ini di mall atau di tempat-tempat umum lainnya.

Teknologi face thermal sendiri adalah sebuah cara sederhana yang mengintegrasikan teknologi pengenalan wajah dan memindai suhu tubuh. Biasanya teknologi face thermal ini mempunyai beberapa fitur tambahan seperti:

1. Full-view LCD Display

Berbentuk display dengan ukuran 8 inci yang dilengkapi dengan dual kamera, infrared thermal kamera, dan CCD kamera yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh dan wajah secara bersamaan. Fitur ini adalah fitur pertama yang biasanya ada di teknologi face thermal.

2. Industrial Class Appearance

Dengan display berukuran 8 inci, face thermal juga memiliki kaca yang didesain tahan air dan debu yang memiliki performansi yang stabil. Keren banget nggak nih inovasi face thermal?

3. Face & Mask Recognition

Namanya juga berbasis face recognition, udah pasti kalo face thermal ini memiliki teknologi scan yang dapat mengenali wajah yang sedang menggunakan masker dan mendeteksi orang yang tidak menggunakan masker saat memasuki tempat umum. Hebat!

4. Temperature Alarm

Face thermal juga dilengkapi dengan alarm suhu tubuh yang berfungsi untuk mengidentifikasi seseorang jika terdeteksi ketidaknormalan suhu tubuh. Nantinya kalau face thermal mendeteksi seseorang dengan suhu tubuh di atas standar kesehatan, alarm yang ada di face thermal ini akan berbunyi.

Dengan hadirnya teknologi face thermal ini, penyebaran virus corona dapat semakin diminimalisir. Karena teknologi face thermal berfungsi untuk mengantisipasi jika seseorang memiliki gejala penularan virus corona dengan mendeteksi suhu tubuh dengan menggunakan scanner khusus. Kisanak juga nggak perlu khawatir dan kebingungan untuk mendapatkan teknologi face thermal ini di mana. Karena Qatros Teknologi Nusantara bisa membantu kisanak untuk mendapatkan teknologi face thermal, langsung klik aja nih di sini!

Sign in to leave a comment
Pentesting (Penetration Testing) dan 7 Osi Layer? (Part 2)
Apa sih hubungan antara pentesting dengan Osi Layer yang merupakan baseline untuk keilmuan di dunia IT?