Content Writing: Menulis dengan SEO
Kisanak udah tau belum  apa itu SEO dan kenapa SEO itu penting banget dalam content writing? Hari ini Qatros, startup Jogja paling gaul bakal memberi kisanak informasi seputar content writing dan SEO. Simak ya!

Content Writing: Menulis dengan SEO

Odoo • Text and Image

Saat ini pekerjaan sebagai seorang content writer lagi banyak dicari di perusahaan. Apalagi di dunia startup, posisi content writer menjadi posisi yang sangat krusial bagi keberlangsungan perusahaan. Bisa dibilang, content writer ini menjadi pekerjaan primadona paling digemari saat ini.

Ngomongin soal content writing, pekerjaan yang satu ini nggak pernah lepas dari yang namanya SEO. Kisanak udah tau belum  apa itu SEO dan kenapa SEO itu penting banget dalam content writing? Nah hari ini Qatros, startup Jogja paling gaul bakal memberi kisanak informasi seputar content writing dan SEO. Simak ya!

Apa Itu SEO?

Saat ini kata SEO sepertinya udah nggak asing lagi di telinga kisanak. Apalagi saat kisanak buka LinkedIn. Banyak banget informasi tentang SEO yang berseliweran di LinkedIn. Kalau kisanak udah familiar dengan SEO, pasti kisanak tau nih apa itu SEO?

Yak betul banget! SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara atau praktik untuk menaikkan kualitas dan kuantias dari traffic pada sebuah website dengan menggunakan cara yang organik. Tujuannya adalah untuk membuat artikel atau konten yang dibuat bisa muncul di SERP atau Search Engine Results Page (halaman pencarian Google). 

Apa Itu content writing?

Nah kalau tadi kisanak udah tau tentang pengertian SEO, sekarang saatnya kisanak tau nih tentang apa itu content writing. Kira-kira apa sih content writing itu?

Jadi kisanak, content writing bisa dibilang merupakan proses dari merencanakan, menulis, dan mengedit sebuah konten web. Tujuan dari content writing ini biasanya untuk keperluan digital marketing atau penjualan sebuah perusahaan.

Content writing ini bisa berbentuk artikel, naskah untuk video atau podcast, konten Instagram, dan masih banyak lagi.

Kenapa Content Writing selalu berkaitan dengan SEO?

Tadi Qatros udah menyebutkan kalau content writing ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan. SEO sendiri adalah sebuah praktik yang dapat membantu content writing untuk mencapai target penjualan.

Content writing dan SEO ini selalu berkaitan erat. Kita ambil contoh content writing dalam membuat artikel dengan menggunakan SEO di dalamnya. Dengan teknik SEO, sebuah artikel bisa menjadi lebih mudah untuk muncul di SERP.

Lantas, bagaimana cara kerja SEO?

Kalau kisanak mau tau bagaimana cara kerja SEO, kisanak harus tau juga bagaimana cara kerja mesin pencari seperti Google. Kira-kira gimana sih caranya?

SEO atau Search Engine Optimization ini menggunakan keyword untuk membantu sebuah konten berada di SERP. Mesin pencari seperti Google ini bisa memunculkan artikel-artikel yang memiliki keyword yang relevan dengan topik yang dipilih melalui tiga cara. Yaitu;

1. Crawling

Crawling ini merupakan cara yang dilakukan oleh mesin pencari seperti Google untuk mencari artikel-artikel dengan topik tertentu melalui robot yang dikenal sebagai Googlebot. Robot Google ini akan melakukan pencarian melalui keyword yang relevan dengan topik yang dipilih untuk kemudian dilakukan tahap indexing.

2. Indexing

Setelah Googlebot melakukan crawling, Googlebot akan mengumpulkan semua informasi yang didapat ketika melakukan crawling ke dalam sebuah daftar atau entry-list. Daftar ini yang bisa kita sebut sebagai index.

3. Ranking

Dari semua informasi yang sudah dikumpulkan ke dalam index, Googlebot kemudian akan melakukan ranking. Nantinya setelah seluruh informasi berupa artikel dan konten lainnya sudah diberi ranking, kisanak bisa mengetahui ada di halaman berapa artikel atau konten kisanak muncul di Google.

Bagaimana menulis dengan SEO?

Setelah kisanak tau cara kerja mesin pencari, saatnya sekarang kisanak cari tau bagaimana caranya menulis dengan SEO!

1. Melakukan Riset Keyword

Sebagai seorang content writer, kisanak juga dituntut menjadi seorang researcher. Karena content writing selalu berkaitan tentang keyword, kisanak juga harus bisa melakukan riset keyword. Lantas, apa itu keyword?

Keyword sendiri memiliki arti kata kunci nih kisanak. Untuk dapat menulis dengan SEO, kisanak harus bisa menaruh kata kunci pada artikel yang sedang kisanak kerjakan. Keyword ini memiliki fungsi untuk mempermudah Googlebot melakukan proses Crawling yang udah Qatros sebutkan di atas.

Untuk melakukan riset keyword pada content writing, hal yang harus kisanak lakukan adalah selalu memperhatikan keyword yang digunakan oleh kompetitor. Nggak cuma it aja, kisanak juga harus memperhatikan tren yang sedang terjadi di suatu daerah atau suatu musim. Ketiga hal ini disebut dengan Keyword by competitor, region, dan season.

2. Pahami struktur menulis dengan SEO

Menulis dengan SEO nggak bisa asal-asalan loh kisanak. Karena kita harus memperhatikan banyak hal. Qatros sendiri mengenal enam poin SEO yang biasa digunakan sebagai struktur dalam menulis dengan SEO, seperti;

  • URL;

    • Harus pendek

    • Mudah dibaca

    • Menggunakan hypens / tanda penghubung

  • Heading 1;

    • Unik

    • Mengandung 5W + 1H

    • Mengandung angka

    • Berisi deskripsi dari body 

  • Image;

    • Menggunakan Alt atau Alternative Text

    • Mempunyai ukuran gambar yang kecil (200Kb - 500Kb)

  • Body;

    • Cukup panjang untuk memberikan informasi

    • Mengandung satu keyword utama

    • Berisi 5 - 10 keyword penunjang

  • Subheading;

    • Menggunakan strukur H2, H3, dan seterusnya

    • Menjawab pertanyaan para pembaca

  • Meta;

    • Mengandung keyword 

    • Tidak lebih dari 150 kata

Nah sekarang kisanak udah tau nih apa itu seo, apa itu content writing, dan bagaimana cara untuk menulis dengan SEO. Sekarang saatnya kisanak menjadi content writer handal. Gimana nih kisanak? Menarik banget kan pembahasan kita hari ini? Ohiya kisanak, Qatros punya kursus tentang SEO yang bisa kisanak akses di sini!

Latest Posts

Sign in to leave a comment
Panduan Membuat Website dengan Mudah
Qatros akan memberikan informasi lengkap tentang panduan membuat website dengan mudah. Siapa di sini yang ingin membuat website tapi masih bingung sama cara membuatnya? Yuk simak artikel Qatros hari ini!