Business Intelligence VS Business Analyst
Apa sih Bedanya Business Intelligence dengan Business Analyst?


Seperti yang kisanak tau, setiap perusahaan pasti memiliki sekumpulan data untuk menjalankan perusahaannya. Sekumpulan data ini biasa disebut dengan big data. Tapi kisanak tau nggak sih, untuk menganalisa sebuah big data, butuh dua keahlian khusus yang termasuk ke dalam data science.

Sekarang ini kita mengenal dua profesi yang menjadi kunci kesuksesan perusahaan dalam mengolah big data. Kedua profesi ini biasa dikenal sebagai business intelligence dan business analytics. Jangan sampai salah pengertian ya, karena business intelligence dan business analytic adalah dua hal yang berbeda.

Kedua profesi ini memiliki nilai yang cukup krusial bagi perusahaan. Baik business intelligence dan business analytics memiliki peran penting untuk menafsirkan informasi dan memberikan solusi efektif kepada perusahaan. Lantas, apa perbedaan yang membedakan business intelligence dengan business analyst? Yuk simak infografis di bawah ini

Pengertian Business Intelligence 

Business intelligence merupakan istilah yang mengacu pada sistem, aplikasi dan teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang kemudian diolah untuk ditampilkan dalam bentuk informasi. Biasanya informasi business intelligence ini berbentuk summary yang mudah dibaca serta komprehensif dan akurat. Business intelligence berfungsi untuk mengukur dan menganalisa serta memonitor operasional suatu instansi yang bertujuan untuk membantu para pengambil keputusan untuk mengambil keputusan dengan lebih efektif.


Pengertian Business Analyst

Sedangkan business analyst adalah seperangkat tugas dan teknik yang digunakan untuk bekerja sebagai penghubung antara para pengambil keputusan untuk memahami struktur dan kebijakan dalam sebuah operasi dalam suatu organisasi. Coba simak deh infografis di bawah ini, kisanak pasti bakal langsung paham!

Business analyst vs business intelligence


Kesimpulan; Business Intelligence membantu dalam mengetahui apa yang telah dan sedang terjadi. Sedangkan Business Analyst membantu memprediksi apa yang akan terjadi berdasarkan situasi di masa lalu dan sekarang.


Nah kisanak sekarang udah tau kan perbedaan di antara Business Intelligence dengan Business Analyst? Keduanya, baik BA atau pun BI, keduanya sama-sama dibutuhkan oleh para penggiat bisnis dan perusahaan. 


Dengan hadirnya BI dan BA, kisanak jadi tau apa yang paling dibutuhkan oleh bisnismu, entah itu analisis deskriptif atau deskriptif analisis. Gimana, kalian udah cukup tertarik sama profesi business intelligence dan business analyst belum?


Sign in to leave a comment
Kenalan Lebih Dekat dengan Artificial Intelligence
Kenapa Harus Kenalan Sama Artificial Intelligence?