Bingung Mau Belanja di Mana? Cari Tahu Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce Yuk!
Kira-kira perbedaan online shop, ,marketplace, dan e-commerce tuh apa sih?

Bingung Mau Belanja di Mana? Cari Tahu Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce Yuk!

Kira-kira perbedaan online shop, ,marketplace, dan e-commerce tuh apa sih?


Sebagai generasi Z dan milenial, kebutuhan gaya hidup saat ini udah semakin dipermudah dengan kehadiran teknologi dalam berbelanja. Sekarang kisanak bisa belanja tanpa harus ke toko atau mall untuk membeli barang yang kisanak inginkan. Kehadiran teknologi yang memudahkan dalam melakukan transaksi online bisa dibilang udah menjadi bagian dari gaya hidup. Kisanak juga pasti udah familiar banget kan sama yang namanya online shop, marketplace, dan e-commerce? 


Hari ini, Qatros Teknologi Nusantara, startup jogja paling kece badai mau menjelaskan tentang perbedaan antara online shop, marketplace, dan e-commerce biar kamu nggak pusing sama perbedaan di antara mereka. Udah siap?

Apa itu marketplace?

Kalau kisanak belum tau, pada dasarnya marketplace ini adalah sebuah website yang menghubungkan penjual dan pembeli melalui internet. eBay adalah sebuah startup pertama yang menciptakan marketplace untuk pertama kali pada tahun 1995. Dan sama seperti eBay, di Indonesia sendiri ada Bukalapak dan Tokopedia yang merupakan startup marketplace terbesar.

Bisa dibilang Marketplace ini mirip banget sama pasar tradisional yang diibaratkan menyediakan kios-kios digital bagi para pedagang yang ingin berjualan di website marketplace tersebut. Beda marketplace dengan pasar tradisional adalah, para pedagang nggak harus bayar biaya sewa.

Apa itu online shop?

Tadi kita udah tau nih kalau marketplace adalah tempat bagi para pedagang untuk menjual barang dan jasa mereka, sedangkan online shop ini adalah kumpulan berbagai toko yang ada di dalam marketplace. Singkatnya sih, online shop ini adalah tempat dimana kamu bisa bertransaksi dengan penjual untuk membeli barang atau jasa di internet. Online shop ini juga nggak harus ada di marketplace atau website, karena saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan online shop di Instagram dan Facebook.

Apa itu E-Commerce?

Nah last but not least nih kisanak, kamu saat pasti udah familiar banget sama yang namanya E-Commerce. Nggak jarang istilah E-Commerce ini tertukar dengan Marketplace, padahal mereka berdua ini berbeda. Walaupun mirip, E-Commerce ini adalah sebuah tempat dimana para pedagang atau brand membuat sebuah website khusus untuk menjual barang-barang mereka. Selain itu, E-Commerce ini juga biasanya menggunakan shopping cart dan payment gateway untuk melakukan transaksinya.

Mana yang lebih cocok untuk kamu jualan nih?

Sebagai seorang pedagang masa kini, sebelum memutuskan untuk berjualan di E-Commerce, Marketplace, maupun online shop, kamu harus mempertimbangkan dulu beberapa hal. Seperti efektifitas biaya, branding toko dan produk, serta marketing dan traffic toko online kamu. 

Kesimpulannya, kamu sebenarnya bebas banget untuk menggunakan ketiganya. Kalau kisanak lebih telaten, kamu bisa menggunakan ketiganya secara bersamaan. Tapi kalau kisanak merasa kesulitan untuk membangun brand awereness dan brand identity, kisanak bisa banget nih menghubungi Qatros untuk membantu kisanak dalam membangun brand awareness dan brand identity dengan servis digital marketing yang Qatros punya. Gimana, menarik banget kan? Jangan lupa komen di bawah ya!

Sign in to leave a comment
5 Langkah Memulai Digital Marketing
Digital marketing merupakan sebuah teknik pemasaran untuk memasarkan sebuah produk dan layanan dengan menggunakan perangkat elektronik dan internet sebagai media digital. Kira-kira, gimana ya langkah untuk memulai digital marketing?