Belajar Pemrograman: Dasar-Dasar Algoritma Pemrograman
algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas secara logis dan sistematis dalam sebuah program komputer.

Belajar Pemrograman: Dasar-Dasar Algoritma Pemrograman

Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas secara logis dan sistematis dalam sebuah program komputer.


Beberapa waktu belakangan ini, profesi programmer emang lagi naik daun nih. Apalagi dengan kemunculan startup yang emang membutuhkan programmer untuk menjalankan perusahaan mereka. Apalagi semakin ke sini, kita semua membutuhkan kemudahan dalam melakukan sesuatu. Programmer hadir sebagai penolong utama untuk menciptakan sebuah teknologi dan software baru yang berfungi untuk memudahkan kehidupan kita.

Siapa di sini yang mau banget jadi programmer? Kalau kisanak ingin menjadi programmer, kisanak membutuhkan pengetahuan dan skill yang baik untuk membuat algoritma serta program komputer. Ya namanya juga programmer, otomatis kisanak wajib banget tau gimana caranya membuat sebuah algoritma untuk menjalankan sebuah program.

Eitss, tunggu dulu, Algoritma itu apa sih?

Secara singkatnya nih ya kisanak, algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas secara logis dan sistematis dalam sebuah program komputer. Contoh paling mudah adalah seperti langkah-langkah untuk membuat mie instan.

Kisanak harus memikirkan dulu panci seperti apa yang cukup untuk menampung air, berapa besaran suhu api yang dibutuhkan, sampai piring apa yang digunakan nantinya untuk menyajikan mie instan tersebut. Nah ngomongin soal algoritma, untuk menjadi seorang programmer handal, kamu harus tau dulu nih dasar-dasar algoritma pemrograman. Apa aja sih yang harus dilakukan untuk membuat program komputer? Tenang, Qatros hari ini bakal bahas dasar-dasar belajar algoritma pemrograman buat kamu yang mau jadi programmer handal!


Dasar-dasar belajar algoritma pemrograman

1. Ketahui perbedaan algoritma dan program

Penting hukumnya nih untuk mengetahui perbedaan di antara algoritma dan program. Seperti yang udah Qatros sebutkan di atas, algoritma pemrograman adalah sebuah langkah sistematis dan terstruktuk yang digunakan untuk menyusun sebuah program. Sedangkan program itu sendiri merupakan sebuah implementasi dari bahasa program dan algoritma pemrograman.

2. Pahami konsep dasar algoritma pemrograman

Perlu kisanak tau nih, ada tiga tipe langkah yang bisa digunakan dalam sebuah algoritma. Apa aja sih?

  • Selection (memilih suatu aksi) = diterapkan dalam program yang tugas atau pernyataannya memakai sistem seleksi kondisi;

  • Iteration (pengulangan aksi) = dipakai dalam program yang tugas atau pernyataannya dilakukan berulang kali;

  • Sequence (aksi beruntut) = digunakan oleh program yang tugas atau pernyataannya dilakukan secara berurutan, step by step.

3. Cari tau tentang istilah dasar algoritma

alau kamu udah paham tentang konsep dasar algoritma, ada baiknya kamu juga cari tau tentang istilah dasar algoritma. Jadi kisanak bisa dengan mudah untuk merumuskan algoritma yang akan dibuat. 

4. Belajar bagaimana menyajikan algoritma pemrograman

Ada dua bentuk untuk menyajikan algoritma pemrograman loh kisanak. Kamu bisa mencoba menyajikan algoritma pemrograman dengan menggunakan gambar atau dengan tulisan. Biasanya para programmer menggunakan flowchart untuk menyajikan algoritma pemrograman dengan gambar dan menggunakan pseudocode untuk menyajikan algoritma pemrograman dengan tulisan. Kisanak mau pilih yang mana?

5. Cari teman untuk belajar bersama

Last but not least nih kisanak, kamu bisa belajar algoritma pemrograman dengan cara mencari teman dan atau sebuah grup programmer. Lewat grup ini nantinya kisanak bisa belajar banyak tentang algoritma pemrograman, selain itu juga kisanak bisa dengan lebih mudah untuk mencari dan mempelajari letak kesalahan ketika algoritma pemrograman dari ahlinya.

Nah itu dia kisanak artikel Qatros Teknologi Nusantara hari ini tengang dasar-dasar belajar algoritma pemrograman. Gimana kalau Qatros bikin grup belajar bareng, pasti seru tuh! Yuk komen pendapat kamu di bawah ya, jangan lupa juga buat share artikel ini ke teman kamu yang juga mau belajar algoritma pemrograman untuk jadi programmer ya!

Sign in to leave a comment
Apa Itu Firebase? Kenalan Yuk Sama Pengertian dan Fungsinya!
Firebase adalah sebuah layanan baru yang dirilis oleh Google. Simak artikel Qatros kali ini tentang Firebase yuk!