Bekerja dengan Metode Scrum
Kenapa sih kisanak, kita harus menggunakan metode scrum? Sebagai orang yang sudah bekerja, tentu aja metode scrum ini memiliki banyak kelebihan. Apa aja kah kelebihan metode scrum?

Bekerja dengan Metode Scrum

Kenapa sih kisanak, kita harus menggunakan metode scrum? Sebagai orang yang sudah bekerja, tentu aja metode scrum ini memiliki banyak kelebihan. Apa aja kah kelebihan metode scrum?




Selamat Senin wahai kisanak kesayangan Qatros, gimana kabar kalian? Semoga kabar baik bagi kita semuanya yah! Hari ini Qatros balik lagi nih membawa informasi menarik seputar dunia teknologi yang wajib banget kalian baca. Qatros kali ini bakal membawakan topik tentang metode scrum. Lebih tepatnya tentang bagaimana sih bekerja dengan metode scrum. Udah siap belum?

Eitss, sebelum kira lanjut lebih jauh Qatros mau ngingetin kalian lagi nih kisanak mengenai metode scrum. Siapa di sini yang masih ingat tentang metode scrum? Yak betul banget nih, scrum adalah sebuah metode rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip pendekatan Agile yang bertumpu pada kekuatam kolaborasi tim, incremental product, dan proses iterasi untuk mewujudkan sebuah hasil akhir.

Kalau diibaratkan, metode scrum ini seperti kamu sedang bermain bola basket di mana semua pemainnya bekerja sama secara berdekatan untuk memperebutkan bola. Tujuannya adalah melindungi bola itu agar tidak direbut oleh musuh dan supaya kita bisa membawa bola tersebut ke ring lawan untuk mencetak angka. Nah sama seperti metode scrum, bekerja dengan metode scrum seperti kita bekerja sama untuk tujuan objektif tertentu, kisanak.

Kenapa sih kisanak, kita harus menggunakan metode scrum? Sebagai orang yang sudah bekerja, tentu aja metode scrum ini memiliki banyak kelebihan. Apa aja kah kelebihan metode scrum?

1. Membuat kualitas hasil kerja menjadi lebih baik

Dengan bekerja sama dengan menerapkan metode scrum dinilai dapat membuat kualitas hasil kerja menjadi lebih baik. Apalagi jika melakukan sprint retrospective yang memungkinkan tim yang  bekerja dengan metode scrum bisa bekerja dengan meningkatkan faktor-faktor penting di dalamnya. 

2. Membuat pekerjaan menjadi lebih cepat

Metode scrum telah terbukti memberikan nilai kepada pelanggan akhir sebanyak 30 sampai 40 persen lebih cepat dari metode lainnya. Kenapa bisa cepat, karena ketika menggunakan metode scrum, inisiasi pengembangan menjadi lebih cepat karena dokumentasi di awal proyek waterfall, product owner juga bisa bekerja secara progresif dan tepat waktu, serta mampu mengerjakan pekerjaan sesuai tingkat prioritas masing-masing pekerjaan.

3. Metode scrum dapat mengurangi resiko dengan lebih baik

Nggak cuma dua hal di atas, metode scrum juga dapat membantu mengurangi resiko kegagalan dalam sebuah proyek. Kok bisa? Metode scrum ini menuntut tim untuk memberikan hasil produk lebih awal dan juga memaksa tim untuk gagal lebih awal. Jadi dengan sistem kerja yang lebih cepat, kisanak bisa mengetahui apa saja kegagalan yang terjadi dan bisa memperbaikinya dalam waktu yang lebih cepat dari jadwal yang seharusnya.

Tahapan metode scrum yang perlu kamu tau

Sebelum menerapkan metode scrum ada tahapan yang harus kamu ketahui dulu nih kisanak. seperti:

1. Melakukan pendataan permintaan terhadap produk sesuai prioritasnya oleh product owner

2. Memilih pekerjaan atau item dari daftar yang sudah dibuat oleh product owner

3. Mengerjakan pekerjaan atau item sesuai metode, bidang, dan permintaan yang telah disepakati

4. Scrum master memastikan seluruh scrum tim bekerja sesuai rencana awal

5. Pekerjaan harus sudah siap sesuai deadline pekerjaan

6. Review product 

7. Selesai

Nah itu dia tadi tentang bagaimana bekerja dengan menggunakan metode scrum, siapa di sini yang udah bekerja dengan menggunakan metode scrum master di perusahaannya. Coba kasih testimoninya di kolom komentar dong. Gimana kalau Qatros mengadakan pelatihan tentang metode scrum ini? Setuju nggak kisanak?

Sign in to leave a comment
Apple Siap Rilis iOS 14.5: Fitur Baru Apa yang Bakal Hadir?
Qatros Teknologi Nusantara mau bahas tentang versi terbaru iOS 14.5 yang bakal dirilis Apple dalam waktu dekat. Lantas, fitur apa lagi sih yang bakal hadir di iOS versi 14.5 nanti?