Bahasa Pemrograman Kotlin yang Jadi Primadona Developer
Bahasa pemrograman kotlin ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk Java Virtual Machine atau JVM. Yaa, bisa dibilang bahasa pemrograman kotlin dapat digunakan hampir di mana aja. Kalau sekarang ini bahasa pemrograman kotlin ini biasa digunakan untuk pengembangan server, klien, web, dan Android.

Bahasa Pemrograman Kotlin yang Jadi Primadona Developer 

Kalau saat ini kisanak masih familiar sama bahasa-bahasa pemrograman seperti Java, C, PHP, dan Python. Kisanak udah tau belum sih kalau ternyata masih ada bahasa pemrograman lainnya yang kurang diketahui sama banyak orang? Nama bahasa pemrograman ini adalah Kotlin. Udah pernah dengar belum?

Hari ini Qatros bakal bahas banyak tentang bahasa pemrograman kotlin nih! Bahasa pemrograman kotlin ini bisa dibilang merupakan sebuah bahasa pemrograman baru loh kisanak. Bahasa pemrograman kotlin ini ternyata baru aja dibuat sama JetBrains.

Bahasa pemrograman kotlin ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk Java Virtual Machine atau JVM. Yaa, bisa dibilang bahasa pemrograman kotlin dapat digunakan hampir di mana aja. Kalau sekarang ini bahasa pemrograman kotlin ini biasa digunakan untuk pengembangan server, klien, web, dan Android.

Bahasa pemrograman kotlin juga diklaim sebagai salah satu bahasa pemrograman yang super bersih dengan fitur yang kuat oleh para developer. Bahasa pemrograman kotlin sendiri bertujuan untuk menyatukan fitur-fitur bahasa pemrograman yang udah terbukti bermanfaat bagi proyek-proyek besar.

Sejarah Bahasa Pemrograman Kotlin

Kalau tadi Qatros sempat menyinggung bahasa pemrograman kotlin merupakan bahasa pemrograman yang terbilang baru, itu benar adanya loh kisanak. Karena eh karena, bahasa pemrograman kotlin ini baru aja dirilis pada tahun 2016 pada versi 1.0 saat itu.

Lebih keren lagi, bahasa pemrograman kotlin ini walaupun terbilang baru ternyata udah didukung oleh Google sebagai bahasa yang digunakan untuk mengembangkan Android pada 2017 lalu. Nggak cuma itu aja, Google juga ternyata memberikan kemudahan dalam penggunaan bahasa pemrograman kotlin. Salah satunya adalah kemudahan bagi para developer untuk mengubah kode Java menjadi bahasa pemrograman kotlin hanya dengan satu perintah.

Saking kerennya nih bahasa pemrograman kotlin, saat ini bahasa pemrograman kotlin lagi jadi primadona bagi para developer khususnya developer android. Apalagi saat ini udah banyak banget perusahaan yang beralih menggunakan bahasa pemrograman kotlin. Gokil abieeezzz!!

Macam-macam fungsi bahasa pemrograman kotlin

  1. JVM atau Java Virtual Machine

Fungsi dari JVM ini adalah untuk membuat komputer yang kisanak gunakan bisa menjalankan program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Nah, bahasa pemrograman kotlin ini cocok banget untuk mengembangkan aplikasi yang ada dalam server JVM ini.

  1. Bahasa pemrograman kotlin untuk browser

Bisa dibilang bahasa pemrograman kotlin ini super identik sama bahasa pemrograman Java. Maka dari itu, kisanak juga bisa menggunakan bahasa pemrograman kotlin seolah-olah bahasa pemrograman kotlin ini adalah Javascript untuk mengembangkan proyek di browser.

  1. Bahasa pemrograman kotlin untuk Android

Karena Google udah super duper mendukung pengembangan bahasa pemrograman kotlin, jangan heran kalau bahasa pemrograman kotlin ini juga super duper cocok untuk digunakan dalam pengembangan android.

Pentingnya bahasa pemrograman yang harus kisanak ketahui

Kalau dipikir-pikir, sebuah startup nggak akan bisa berjalan dengan baik kalau seandainya di dunia ini nggak ada bahasa pemrograman. Karena startup selalu identik dengan teknologi, jadi nggak heran kalau para programmer yang bekerja di sebuah startup harus melakukan coding dengan bahasa pemrograman pilihan mereka, salah satunya adalah bahasa pemrograman kotlin. Nggak mungkin juga kan kalau developer dan programmer melakukan coding dengan menggunakan bahasa kalbu?

Kalau di Qatros sendiri, bisa dibilang Qatros adalah startup penganut paham bebas berbahasa alias sebagai developer dan programmer yang ada di Qatros, kamu bebas banget untuk memakai bahasa pemrograman kamu sendiri. Tapi dengan catatan kamu harus menyesuaikan bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan supaya program yang kamu gunakan nggak akan mengecewakan! 

Nah itu dia kisanak pembahasan Qatros kali ini tentang bahasa pemrograman kotlin. Gimana pembahasan tentang bahasa pemrograman kotlin ini, cukup menarik kan? Kalau kamu ingin membuat sesuatu berbasis Android, kisanak juga bisa banget untuk mampir dan tanya-tanya langsung ke Qatros ya! 

Sign in to leave a comment
Startup Aplikasi Ride-hailing, Grab Bergerak Menuju IPO dengan Target 28 Triliun, Good Move?
Grab mengambil langkah untuk IPO setelah diskusi dengan Gojek batal terlaksana. Apakah ini sebuah Good move bagi startup ride-hailing tersebut?