Bagaimana Teknologi Digital Menghadirkan Kesetaraan Gender
Penasaran bagaimana teknologi digital menghadirkan kesetaraan gender? Yuk Cek artikel spesial Hari Perempuan Internasional ini!

Bagaimana Teknologi Digital Menghadirkan Kesetaraan Gender

Penasaran bagaimana teknologi digital menghadirkan kesetaraan gender? Yuk Cek artikel spesial Hari Perempuan Internasional ini!


Kisanak tau nggak sih kalau hari ini adalah Hari Perempuan Internasional? Hari Perempuan Internasional ini diperingati oleh berbagai lapisan masyarakat di dunia setiap tanggal 8 Maret. Hari Perempuan Internasional ini juga biasa kita kenal sebagai hari kesetaraan gender internasional.

Hari Perempuan Internasional ini merupakan hari di mana para perempuan di seluruh dunia berkumpul untuk merayakan pencapaian politik dan sosial. Perayaan Hari Perempuan Internasional di Indonesia biasanya identik dengan gerakan long march yang diawali dari kesadaran murni para perempuan yang menginginkan kesetaraan di seluruh aspek kehidupan. Gerakan ini familiar kita kenal dengan nama Women's March, kisanak. Siapa yang udah pernah ikutan?

Ngomongin soal Hari Perempuan Internasional dan kesetaraan gender, kisanak tau nggak sih kalau sepanjang sejarah Hari Perempuan Internasional dari tahun 1908 sampai saat ini. Bagaimana ya peran teknologi menghadirkan kesetaraan gender? Mulai dari aspek politik sampai ke kehidupan sosial, bahkan pekerjaan. Penasaran juga nggak sih gimana teknologi menghadirkan kesetaraan gender di dunia startup?

Nah untuk memperingati Hari Perempuan Internasional dan Kesetaraan Gender, Qatros Teknologi Nusantara sang Startup Jogja paling kece badai di Sleman mau bahas bagaimana teknologi menghadirkan kesetaraan gender terutama di dunia startup. Yuk simak!

Bagaimana Teknologi Menghadirkan Kesetaraan Gender

Seperti yang kisanak udah tau nih, teknologi digital udah menjadi salah satu hal paling krusial yang dibutuhkan umat manusia. Kehadiran teknologi digital juga sama pentingnya dengan perkembangan anak-anak dan remaja di banyak bidang. Selain itu teknologi digital ini memiliki peran penting dalam menghadirkan kesetaraan gender.

Kehadiran teknologi digital mampu memberikan kita semua akses nggak terbatas ke informasi yang berhubungan tentang sejarah Hari Perempuan Internasioal dan gerakan kesetaraan gender. Nah di bawah ini ada tiga peran teknologi digital dari berbagai aspek dalam mendukung pertumbuhan kesetaraan gender di dunia. Cekidot!

1. Teknologi digital dalam pendidikan

Kehadiran teknologi semakin mempermudah siapapun untuk menempuh pendidikan. Nggak terkecuali para perempuan yang dulu cuma bisa di rumah aja mengurus anak dan keluarga. Saat ini dengan teknologi yang semakin maju, akses pendidikan untuk belajar apapun semakin mudah digapai. Nggak ada lagi keterbatasan cita-cita cuma karena kamu seorang perempuan!

2. Teknologi digital dalam ketenagakerjaan

Dengan hadirnya teknologi digital di dunia kerja, saat ini hampir semua pekerjaan yan tadinya hanya bisa dilakukan oleh laki-laki justru bisa dilakukan oleh perempuan juga. Contohnya aja di dunia startup nih kisanak, zaman dulu posisi programmer dan tester didominasi oleh laki-laki. Tapi semenjak teknologi digital hadir, pekerjaan jadi nggak terbatas oleh jenis kelamin. Perempuan-perempuan di luar sana saat ini udah bisa menduduki posisi penting di perusahaan ataupun startup.

3. Teknologi Digital dalam dunia advokasi

Dalam ranah politik dan sosial, salah satunya dunia advokasi, saat ini perempuan nggak lagi terhalang untuk menyuarakan pendapatnya. Kehadiran teknologi digital juga menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan dunia advokasi bagi perempuan. Seperti yang kisanak udah tau, sekarang ini udah banyak banget di luar sana perempuan yang mengisi jabatan penting di pemerintahan dan perusahaan. 

Nah itu dia peranan teknologi digital dalam perkembangan kesetaraan gender. Buat kamu wahai kisanak perempuan di luar sana, kamu udah nggak perlu takut lagi untuk menjadi apapun yang kamu mau. Selamat Hari Perempuan Internasional!


Sign in to leave a comment
Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah
Cari tahu cara membuat sebuah aplikasi yang mudah. Apa aja sih langkah-langkahnya?