Bagaimana Cara Live Streaming dengan Encoder Bekerja?
Live streaming sendiri adalah sebuah konten yang biasanya berbentuk video yang disiarkan secara langsung melalui internet tanpa harus melalui proses editing.

Live Streaming
Bagaimana Cara Live Streaming dengan Encoder Bekerja?



Pada masa pandemi seperti sekarang ini, apa-apa harus kita lakukan secara online. Mulai dari aktivitas seperti belajar, bekerja, bahkan sampai aktivitas hiburan seperti pertunjukkan seni dan musik pun harus beralih online. Bosen nggak sih kisanak?


Dengan semua aktivitas yang serba online pun akhirnya kita saat ini jadi familiar dengan yang namanya live streaming. Saat ini pun udah banyak aktivitas yang digelar secara live streaming menggunakan banyak platform. Tapi kisanak pernah nggak sih bertanya bagaimana cara kerja live streaming?

Apa itu live streaming?

Hari ini Qatros akan membahas tentang apa itu live streaming nih kisanak? Buat kalian yang udah familiar banget tentang live streaming, kira-kira live streaming itu apa sih kisanak?

Saat ini live streaming udah menjadi salah satu aktivitas paling populer di hampir semua kalangan. Nggak sedikit juga platform sosial media yang saat ini akhirnya menyediakan layanan live streaming seperti Instagram, TikTok, serta Twitter dan Clubhouse dengan live audio streaming-nya.

Live streaming sendiri adalah sebuah konten yang biasanya berbentuk video yang disiarkan secara langsung melalui internet tanpa harus melalui proses editing. Namun seiring bertambahnya waktu, live streaming juga hadir dalam bentuk audio seperti yang dimiliki oleh Twitter dan Clubhouse.

Dengan live streaming yang bersifat interaktif, para audience juga jadi merasakan kemudahan di dalamnya. Apalagi saat ini para pengguna cuma harus mengetik komen di kolom komentar serta memberikan reaksi selama video berlangsung.

Pentingnya live streaming?

Kisanak tau nggak sih kalau live streaming termasuk ke dalam salah satu jenis content marketing dan kehadirannya sangat penting untuk mencapai sebuah tujuan dari marketing itu sendiri. Contoh paling dekat adalah fungsi live streaming untuk melakukan webinar dan Q&A di sosial media.

Live streaming bisa menjadi salah satu strategi dalam dunia digital marketing untuk menjangkau lebih banyak audience dan manaikkan traffic engagement perusahaan. Dengan kehadiran live streaming, kamu bisa memberikan banyak konten yang fresh dan spontan karena nggak harus melakukan proses editing yang bisa memberikan kesan baru untuk audience perusahaan.

Lewat live streaming juga kamu bisa memberikan informasi seputar promo yang sedang dijalankan. Nggak cuma itu aja, live streaming juga berfungsi untuk memberikan konten secara real-time serta berbagi konten yang bersifat behind-the-scene.

Live streaming juga bisa digunakan untuk membangun brand personality dan menaikkan engagement seperti yang Qatros katakan sebelumnya. Selain itu, live streaming juga bisa digunakan untuk membangun brand awareness dan audience dengan tingkat efektif yang super tinggi. Penting banget kan live streaming ini?

Oh Iya, selain untuk keperluan digital marketing, live streaming juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas hiburan seperti konser virtual. Hayo siapa disini yang sering banget nonton konser virtual selama masa pandemi? Angkat tangannya karena kita sama!

Cara membuat live streaming dengan encoder

Kalau tadi Qatros udah kasih tau tentang apa itu live streaming dan pentingnya live streaming, sekarang saatnya Qatros kasih tau kisanak tentang cara membuat live streaming dengan menggunakan encoder nih. Udah siap?

Saat ini kita mengenal tiga cara untuk melakukan live streaming, yaitu menggunakan webcam, perangkat seluler, dan encoder (software streaming / encoder hardware). Nah ternyata ada kelebihan yang bisa kisanak temukan kalau kisanak ingin melakukan live streaming encoder. Apa aja tuh?

  1. Screen-sharing 

  2. Bisa menggunakan hardware audio dan video eksternal

  3. Mengelola produksi tingkat lanjut seperti menggunakan beberapa kamera dan mikrofon

Nah untuk membuat live streaming dengan encoder, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan layanan live streaming. Lalu menginstal encoder yang ingin digunakan. Selanjutnya, kamu bisa mulai menghubungkan hardware yang akan digunakan pada encoder. Langkah terakhir adalah menghubungkan semuanya pada layanan streaming yang ingin digunakan.

Eitssss, dari penjelasan Qatros kayaknya ribet banget ya kisanak. Tapi tenang aja karena Qatros bisa membuat proses live streaming menjadi lebih simpel. Gimana tuh caranya?

Jadi Qatros juga punya salah satu layanan live streaming encoder yang bisa kamu gunakan bernama Q-Live. Lewat layanan live streaming Q-Live, kamu bisa dengan mudah menggelar acara apapun berbasis digital tanpa harus pusing mikir gimana caranya. Yang pasti semuanya serba mudah dan nyaman untuk digunakan. Penasaran kan gimana Q-Live bekerja, yuk request demonya sekarang!

Latest Posts

Mengenal Lebih Jauh apa Itu 2-Factor Authenticator
2-Factor Authenticator adalah salah satu sistem keamanan tambahan yang berfungsi untuk melindungi data atau akun kamu kisanak. 2-Factor Authenticator ini diibaratkan seperti lapisan kedua setelah kamu memasukkan password atau kata sandi pada sebuah akun.
Bagaimana Sebuah Aplikasi Gratis Seperti TikTok Mendapatkan Keuntungan?
Kisanak sendiri pernah bertanya-tanya nggak sih, bagaimana sebuah aplikasi video-sharing seperti TikTok menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Apalagi aplikasi ini adalah sebuah aplikasi video-sharing gratis alis nggak berbayar sama sekali.
Startup asal Colorado, Solid Power Mendapatkan Investasi dari BMW dan Ford untuk Mengembangkan Generasi   Terbaru dari Mobil Listrik
Solid Power yang merupakan sebuah startup asal Colorado baru aja mengumumkan kalau mereka mendapatkan pendanaan sebesar $130 juta.
Sign in to leave a comment
Mengenal Lebih Jauh apa Itu 2-Factor Authenticator
2-Factor Authenticator adalah salah satu sistem keamanan tambahan yang berfungsi untuk melindungi data atau akun kamu kisanak. 2-Factor Authenticator ini diibaratkan seperti lapisan kedua setelah kamu memasukkan password atau kata sandi pada sebuah akun.