Apa itu SEO?
Langkah-langkah agar kontenmu ada di peringkat teratas search engine



Ketika baru punya web atau blog, apakah kamu pernah mendengar saran-saran seperti, “Kalau punya blog, coba deh pelajari SEO. Itu bakal nguntungin kamu,” atau “Tahu SEO bikin web-mu banyak dijangkau orang, lho”. Lalu, apakah itu benar?

Pengaplikasian SEO yang tepat dapat membuat website atau blog yang kamu miliki muncul di urutan pertama search engine seperti halnya Google. Kali ini, startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara akan membahas perihal SEO. Tulisan ini akan sangat membantu untuk para pemula. Dan bagi para praktisi SEO yang berpengalaman, tulisan ini mungkin bisa materi pengingat untuk ilmu-ilmu yang sebelumnya sudah dipelajari. 

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO tidak lain adalah usaha untuk meningkatkan kualitas sekaligus kuantitas traffic pada sebuah website, yang mana tentunya hal itu akan berpengaruh pada eksposur merek dagang Anda lewat hasil pencarian dari search engine.

SEO sangat berkaitan dengan cara orang-orang menggunakan search engine di jagad maya. Siapa sih hari ini yang nggak menggunakan mesin pencarian Google?

Beberapa hal penting untuk memahami SEO antara lain: 1) kita perlu mempelajari apa yang orang-orang cari di jagad online, 2) jawaban seperti apa yang mereka ingin dapatkan, 3) kata-kata apa yang biasa mereka gunakan untuk mencari jawaban, dan 4) konten seperti apa yang ingin mereka konsumsi. Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut secara presisi, kisanak akan terhubung dengan banyak orang di jagad digital. Dan hal yang perlu kisanak maksimalkan selanjutnya adalah pengadaan solusi atas mereka inginkan.

Mengetahui intensi atau keinginan audiens berarti sudah memegang 'buntut' dari upaya SEO. Untuk memegang 'kepalanya', kisanak perlu untuk mempelajari bagaimana delivery terbaik agar search engine bisa memuat konten yang kisanak buat. Jadi, mari kita bahas keduanya.

7 Langkah Yang Menyukseskan Upaya SEO

Setidaknya ada 7 langkah yang perlu dilakukan akan membuat upaya SEO itu sukses. 7 langkah ini terangkum dalam Mozlow’s SEO Hierarchy. Mozlow merupakan organisasi pertama yang digawangi oleh para ekspert yang membagikan riset dan idenya tentang SEO. Berikut kira-kira 7 langkah tersebut (diurutkan dari yang paling dasar ke posisi yang tertinggi):

  1. Crawl Accessibility

Solusi agar langkah pertama ini berhasil adalah menjawab pertanyaan, “Apakah search engine dapat mengakses atau menelusuri isi konten pada halaman web Anda?”. Selain itu, kita juga perlu menjawab pertanyaan, “Apakah laman web Anda sudah terindeks oleh search engine?”.

Permasalahan crawl accessibility ini sangat berkelindan erat dengan faktor teknis website anda. Agar akses website Anda dapat terbuka untuk crawler dan upaya indexing dari search engine, langkah berikut ini dapat menjadi penyelesaian masalahnya:

  1. Perhatikan struktur situs Anda

  2. Perhatikan struktur tautan internal

  3. Pastikan tidak ada redirect loop

  4. Pastikan server tidak error

  5. Pastikan skrip website dan faktor-faktor teknis lain aman

  6. Pastikan tidak ada akses blokade untuk web crawler

  1. Compelling Content (Konten yang Menarik)

Langkah kedua untuk memastikan upaya SEO yang Anda lakukan sukses adalah membuat konten yang menarik. Apabila Anda telah mengetahui bagaimana pola dari para audiens seperti yang sudah dijelaskan di bagian "Apa itu SEO?", maka Anda dapat mengembangkannya menjadi konten.

Ada satu kaidah yang dapat digunakan untuk membuat konten yang menarik. Kaidah tersebut adalah kaidah 4U yang berarti harus membuat konten yang:

  1. Useful (Berguna)

  2. Urgent (Dibutuhkan)

  3. Unique (Memiliki Nilai Unik)

  4. Ultra-Specific (Konten yang memenuhi kebutuhan spesifik)


  1. Keyword Optimization (Memasukkan Keyword)

Keyword Optimization merupakan usaha untuk memasukkan kata kunci yang tepat sebanyak mungkin dalam konten. Bagaimana menemukan kata kunci yang tepat? Anda bisa melakukannya dengan ‘memahami pola pencarian audiens di search engine’ atau yang lebih spesifik dan berdasarkan data adalah ‘menggunakan riset lewat bantuan mesin analisa keyword’. Setelah menemukan kata kunci yang tepat, hal yang penting untuk diperhatikan adalah berusaha mengulangi keyword sebanyak mungkin.

Pengulangan keyword dalam konten akan meningkatkan 'kepercayaan' search engine pada web/konten yang kita buat. Namun, yang menjadi pekerjaan rumah bagi penulis konten adalah bagaimana menyelaraskan agar konten enak dibaca oleh audiens tetapi tetap memperhatikan kaidah penulisan berdasarkan keyword optimization yang diperuntukkan bagi mesin pencari. 

  1. Great UX (Faktor User Experience)

Setelah membahas perihal ‘struktur web beserta permasalahan teknis lainnya’ dan ‘bagaimana cara membuat konten yang menarik', kini kita berbicara tentang faktor user experience. Seperti apa sih website/blog yang mempunyai user experience yang baik?

Faktor yang mempengaruhi user experience antara lain adalah website dapat dengan cepat diakses dan website yang meninggalkan kesan pada pengguna. Aspek UX boleh dibilang cukup subyektif, akan tetapi kalau boleh merangkum cakupannya mungkin berkisar pada pada: 1) Website berguna bagi audiens (aspek utilitas) dan 2) Aspek-aspek dalam website yang memenuhi ekspektasi audiens. 

Selain fitur-fitur yang diimplementasikan pada website, faktor konten juga punya pengaruh untuk aspek user experience.

  1. Share-worthy Content (Konten Layak Dibagikan) 

Upaya ke-lima agar konten dapat masuk ke halaman pertama pencarian yang dilakukan oleh search engine adalah membuat konten yang shareable. Apabila jumlah share dari konten yang kita buat tinggi, maka makin valid konten kita untuk muncul di laman pencarian teratas search engine.

Shareable juga berkelindan dengan ‘Apakah konten kita banyak dikunjungi oleh audiens’. Apabila konten kita makin banyak diklik saat ditemukan di mesin pencari, makin percaya search engine dengan konten yang kita buat. Semakin dipercaya, posisinya akan makin naik di mesin pencari.

  1. Title (Judul)

Memastikan judul dari konten yang kita buat agar menggambarkan isi konten sekaligus memuat keyword merupakan langkah yang perlu diperhatikan selanjutnya. Selain perkara judul sebagai 'headline berita', Anda juga perlu untuk memeriksa elemen HTML dan URL dari judul konten Anda. Usahakan pada bagian HTML dan URL, judul konten Anda memuat 'apa isi konten' serta 'keyword'.

Bagian description juga perlu untuk diperhatikan. Penjelasan pada bagian description akan memperkuat informasi dari tulisan yang Anda buat. Usahakan untuk memasukkan kata kunci di bagian tersebut.

  1. Snippet / Schema Markup

Setelah berkutat dengan konten di 5 poin sebelumnya, kini kita kembali lagi ke aspek teknis dari website. Snippet atau schema markup menjadi poin puncak dari riset SEO yang dilakukan oleh Mozlow.

Apa yang dimaksud dengan schema? Schema merupakan hasil kolaborasi antara Google, Bing, Yandex, dan Yahoo! yang digunakan untuk membantu Anda memberikan informasi yang dibutuhkan search engine agar konten Anda dapat terbaca. Menambahkan Schema markup pada HTML Anda akan meningkatkan laman tersebut muncul di laman pertama pencarian yang dilakukan oleh search engine.

Selain Schema, cara kedua adalah melakukan review rich snippet. Anda dapat melakukan review rich snippet dengan bantuan Google Structure Data Markup Helper

Itu tadi penjelasan mengenai Apa itu SEO dan bagaimana langkah-langkah agar konten yang kita buat dapat berada di ranking tertinggi mesin pencarian Google. Apa yang disampaikan oleh startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara, dalam artikel ini merupakan cara organik agar website atau blog Anda bisa berada di ranking tertinggi search engine. Jika kisanak merasa informasi ini bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini di laman sosial media masing-masing ya!

Writer : Girindra P.C

Sign in to leave a comment
Awal Mula Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dan Perkembangannya
Sebagai salah satu bagian dari komunitas teknologi di Indonesia, Qatros Teknologi Nusantara mengucapkan selamat Hakteknas!