Apa Itu JavaScript?
JavaScript ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering banget digunakan oleh para programmer untuk mengembangkan website supaya website bisa lebih dinamis dan interaktif. Bisa dibilang, JavaScript ini bisa meningkatkan fungsionalitas pada halaman web.

Apa Itu JavaScript?


JavaScript ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering banget digunakan oleh para programmer untuk mengembangkan website supaya website bisa lebih dinamis dan interaktif. Bisa dibilang, JavaScript ini bisa meningkatkan fungsionalitas pada halaman web.


Kalau saat ini kisanak adalah seorang programmer atau mungkin orang yang tertarik di dunia IT dan teknologi apalagi startup, pasti udah nggak asing lagi kalau dengar istilah JavaScript. Kira-kira apa sih yang ada di benak kisanak ketika mendengar kata JavaScript? Nah informasi Qatros hari ini cocok banget buat kisanak kalau mau terjun ke dunia programmer, karena sebelum terjun ke dunia programmer kisanak harus tau dulu apa itu JavaScript. Ditambah dengan keinginan untuk bekerja di industri startup sebagai developer dan programmer, belajar JavaScript udah wajib banget!


JavaScript ini bisa dibilang menjadi hal yang paling penting yang harus diketahui oleh seorang programmer loh kisanak. Kenapa penting? Karena biasanya JavaScript ini memudahkan pekerjaan para programmer dalam membuat automasi dalam beberapa jenis pemrograman. Apalagi kalau kisanak sedang ada project untuk membuat sebuah program yang memerlukan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang dipilih. Kisanak harus banget belajar pokoknya!

Eh tapi kisanak nggak perlu pusing deh, karena Qatros bakal menjelaskan tentang JavaScript secara gamblang dan singkat. 

Apa Itu JavaScript?

JavaScript ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering banget digunakan oleh para programmer untuk mengembangkan website supaya website bisa lebih dinamis dan interaktif. Bisa dibilang, JavaScript ini bisa meningkatkan fungsionalitas pada halaman web. Nggak cuma itu aja, kisanak juga bisa menggunakan JavaScript untuk membuat aplikasi, tools, dan game pada sebuah website.

Secara teknisnya JavaScript juga biasa dikenal sebagai bahasa pemrograman jenis interpreter yang memungkinkan kamu untuk nggak perlu lagi menggunakan compiler untuk menjalankan programnya. JavaScript juga memiliki fitur yang berorientasi dengan objek, client-side, high-level programming, dan loosely typed.

Sejarah JavaScript

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, JavaScript mulai dikenal pada tahun 1994 ketika pada masa itu web dan internet lagi berkembang secara pesat. JavaScript sendiri diperkenalkan dan didesain oleh salah satu karyawan Netscape yang bernama Brendan Eich. Sebelumnya JavaScript ini memiliki beberapa nama loh kisanak, seperti Mocha, Mona, LiveScript, sampai akhirnya JavaScript menjadi nama resmi yang dipilih.

Sampai suatu ketika pada tahun 1996, JavaScript yang sebelumnya hanya dipakai sama para karyawan Netscape karena sistem dan fungsional JavaScript yang masih terbatas, akhirnya secara resmi JavaScript dinamakan sebagai ECMAScript. Saat ini kisanak, diperkirakan udah lebih dari 92% web yang memakai bahasa pemrograman JavaScript. Gokil nggak sih?

Fungsi dan Keunggulan Bahasa Pemrograman JavaScript

Bahasa pemrograman JavaScript ini bisa dibilang cukup populer, apalagi di kalangan para developer kece sekelas Nam Do-san di serial Startup. Bahasa pemrograman JavaScript ini juga udah lebih dinamis dan interaktif, saking populernya bahasa pemrograman JavaScript ini juga menjadi bahasa pemrograman paling banyak digunakan di Github.

Selain itu bahasa pemrograman JavaScript juga dikenal sebagai bahasa pemrograman yang juga digunakan untuk proses logika data. Dalam kata lain, bahasa pemrograman JavaScript ini nggak cuma bisa digunakan sama para front-end aja tapi sama para backend juga bisa!

Apalagi dengan kehadiran Node.js yang bisa membuat JavaScript dapat digunakan diluar browser, jadi memungkinkan banget para backend untuk mengembangkan server, console, program desktop, mobile, dan game hanya menggunakan JavaScript. Karena JavaScript ini juga mudah untuk dipelajari, JavaScript jadi kegemaran banyak perusahaan. Apalagi dengan banyaknya Tools yang juga sangat mudah digunakan. 

Gimana nih kisanak, semakin ingin belajar Bahasa Pemrograman JavaScript nggak sehhh? Coba dong komen di kolom komentar, menurut kamu seberapa mudahnya sih pakai bahasa pemrograman JavaScript? Kira-kira nih kalau Qatros sebagai startup teknologi terkece badai punya kelas khusus untuk belajar tentang bahasa pemrograman JavaScript, kisanak mau ikutan nggak nih? Hmmm sepertinya ide bagus, tunggu tanggal mainnya ya!

Sign in to leave a comment
Bahasa Pemrograman Kotlin yang Jadi Primadona Developer
Bahasa pemrograman kotlin ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk Java Virtual Machine atau JVM. Yaa, bisa dibilang bahasa pemrograman kotlin dapat digunakan hampir di mana aja. Kalau sekarang ini bahasa pemrograman kotlin ini biasa digunakan untuk pengembangan server, klien, web, dan Android.