Apa Itu API (Application Programming Interface)? Cara Kerja, Kegunaan API
Sangat dekat, namun sering dilupakan. Hiks, sedih banget~


Melalui perangkat teknologi seperti laptop, ponsel pintar ataupun tablet, kisanak dapat melakukan berbagai macam hal. Sekali membuka aplikasi travel agent, kini kisanak bisa membandingkan harga tiket pesawat termurah antar maskapai. 


Bagaimana semua data terkait harga tiket pesawat antar maskapai hal tersebut bisa tersambung dalam sebuah aplikasi? Ternyata itu adalah kerja dari software yang biasanya disebut dengan API.


Pada kesempatan ini, startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara akan membahas secara spesifik terkait apa itu API. Qatros juga akan memberikan penjelasan tentang cara kerja API, kegunaan API dan contoh penggunaan API dalam kehidupan sehari-hari.


Apa itu API (Application Programming Interface)?


API merupakan kependekan dari Application Programming Interface. Secara sederhana, API merupakan software yang mengizinkan atau menghubungkan dua atau lebih aplikasi untuk menciptakan konektivitas antar sistem, baik satu platform maupun lintas platform


API merupakan mesin yang bekerja untuk sebagai penghubung dari sender ke receiver, dan sebaliknya receiver ke sender. Jadi API merupakan kurir yang mengirimkan request kisanak ke dapur sistem dan kurir yang menyampaikan respons dari dapur sistem kepada kisanak. 


Cara Kerja API (Application Programming Interface)


Untuk mengetahui cara kerja API, mari kita membahasnya menggunakan sebuah analogi. Mari kita membayangkan sedang berada di salah satu restoran.


Kisanak duduk di satu meja, kemudian pelayan datang dan menyodorkan menu. Menu tersebut berisi daftar hidangan yang dapat kisanak pesan, beserta definisi apa hidangan-hidangan yang ada di Burger Shop tersebut tentunya. 


Kisanak kemudian menunjuk menu yang akan dipesan. Dari sana sang pelayan membawa pesanan menuju dapur. Dapur restoran mulai bekerja dan kemudian pelayan kembali dengan membawakan hidangan yang telah dipesan. 


Kisanak tidak tahu persis bagaimana restoran menyediakan menu yang telah dipesan. Dan dari semua proses tersebut, penggambaran aktivitas kerja pelayan merupakan penjelasan dari bagaimana cara kerja API.


Kegunaan API (Application Programming Interface)


Sebelumnya, Qatros memberikan contoh penggunaan API pada aplikasi travel agent online untuk membandingkan harga tiket pesawat antar maskapai. Tapi, itu hanyalah contoh kecil.


Saat ini API sering digunakan sebagai penghubung antar platform, software application, SaaS application, desktop application bahkan mesin robot. Asalkan engineer yang melakukan development platform tersebut membuat API, yang mana artinya platform tersebut terbuka untuk diakses, maka kemungkinan dari kegunaan lain dari API  boleh dibilang masih sangat terbuka lebar.


Contoh Penggunaan API 


Situs Travel Agent

API membantu kita untuk mendapatkan informasi dari maskapai dalam situs travel agent. Kita dapat membandingkan harga di sana.


Aplikasi Transportasi Online

API merupakan elemen penting dalam pembuatan aplikasi transportasi online yang biasa kita gunakan. Para developer memasang API yang difungsikan untuk mengintegrasikan platform-nya dengan Google Maps. Maka dari itu passenger bisa melihat di mana posisi driver melalui peta. Begitu juga sebaliknya. 


Menampilkan Video YouTube di Website

Pernahkah kisanak melihat video dari YouTube yang dipasang dalam sebuah web. Itu salah satu kerja dari API.


Boleh dibilang hampir dari setiap aplikasi yang ada di ponsel kita sekarang menggunakan API. Sebagai pengguna, terkadang kita hanya memperdulikan bagaimana mendapatkan data yang diinginkan dan melupakan peran kerja API. Untung sih API bukan manusia, kalau manusia sih bisa dong dia sakit hati.

Writer: Girindra PC

Sign in to leave a comment
Selamat Ulang Tahun Google! Kilas Balik Perjalanan Google di Indonesia
Memperingati ulang tahun Google yang ke 22, kali ini startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara akan membahas secara khusus kilas balik perjalanan Google di Indonesia.