Apa Itu Anti-Spoofing Liveness Detection?
Spoofing adalah salah satu tindak kejahatan penipuan online yang dilakukan dengan cara menyamar sebagai seseorang untuk melakukan penipuan. Umumnya, pelaku spoofing ini akan menyamar sebagai seorang yang kamu kenal



Seiring berkembangnya dunia teknologi, sistem keamanan pada sebuah website dan aplikasi pun juga ikut berkembang dengan pesat. Saat ini kita butuh sistem keamanan yang bisa diandalkan untuk melindungi kita dari pemalsuan data yang dilakukan untuk mencuri data.


Apalagi dengan semakin banyaknya pertumbuhan perusahaan startup fintech dan startup healthtech yang bisa dipastikan, mereka harus memiliki sistem keamanan untuk melindungi data nasabah dan para pasien dari network incident seperti pemalsuan data yang biasa disebut spoofing. Apa tuh spoofing?

Baca juga: Perkembangan Startup Fintech di Indonesia

Apa itu Spoofing?

Seperti yang udah Qatros jelaskan di atas, kisanak. Spoofing adalah salah satu tindak kejahatan penipuan online yang dilakukan dengan cara menyamar sebagai seseorang untuk melakukan penipuan. Umumnya, pelaku spoofing ini akan menyamar sebagai seorang yang kamu kenal.

Dengan membangun rasa percaya ketika melakukan spoofing yang menggunakan identitas seseorang untuk menyamar, seorang spoofer bisa dengan mudah untuk melakukan pencurian data sampai mencuri uang, bahkan bisa menembus sistem keamanan perusahaan loh kisanak!

Sebagaimana praktik kejahatan digital lainnya, spoofing ini juga memiliki banyak macamnya. Bentuk spoofing paling umum yang biasa ditemukan biasanya berbentuk email spoofing, sms spoofing, dan Caller ID spoofing. Ketiga macam spoofing ini biasanya bertujuan untuk melakukan phising.

Dengan begitu banyaknya macam spoofing dan kejahatan digital lain, tentu aja kisanak nggak mau kan kalau data kisanak dicuri oleh para spoofer. Belum lagi kalau mereka juga mengambil uang kisanak lewat transaksi ilegal serta merusak sistem dengan memasukkan malware ke server, pasti ngeri banget kan? Terus gimana dong caranya supaya praktik spoofing ini terhempas jauh dari kisanak? Salah satunya adalah dengan menggunakan Anti-Spoofing: liveness detection!

Apa itu Anti-Spoofing: Liveness Detection?

Nah ini saatnya kita bicara tentang sistem keamanan nih kisanak! Saat ini kita mungkin familiar dengan berbagai sistem keamanan yang menggunakan sandi, sidik jari, retina, dan wajah. Kali ini Qatros ingin memperkenalkan sebuah sistem keamanan yang bisa melakukan semuanya sekaligus, namanya adalah Anti-Spoofing: Liveness Detection! 

Anti-Spoofing: Liveness Detection adalah sebuah sistem keamanan tingkat lanjut yang dikembangkan oleh Qatros dengan nama Qenali. Anti-Spoofing: Liveness Detection bernama Qenali memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence untuk melakukan proses verifikasi, identifikasi, serta autentikasi.

Sesuai namanya, dengan memanfaatkan Artificial yang ada di Anti-Spoofing: Liveness Detection bernama Qenali ini memungkinkan sistem untuk melakukan proses verifikasi, identifikasi, dan autentikasi (Know Your Customer) untuk memastikan kalau identitas objek yang ada di depan kamera sama dengan identitas yang terdaftar pada sistem.

Artificial intelligence yang dimiliki Qenali juga berfungsi untuk memanfaatkan deteksi biometrik untuk melakukan autentikasi pada objek di depan kamera. Dalam kata lain, nantinya liveness detection yang ada di Qenali juga bisa digunakan untuk melakukan identifikasi objek seperti barang yang kamu beli lewat e-commerce adalah barang yang sesuai dengan pesanan.

Baca juga: Apa Itu KYC Verification? Segala yang Perlu Kamu Tau Tentang KYC Verification

Dan seperti yang Qatros sebutkan juga di atas, Qenali bisa digunakan pada proses KYC atau Know Your Customer di seluruh produk digital yang menggunakan KYC Principle. Jadi Qenali ini nggak melulu dikhususkan untuk produk-produk banking atau fintech aja, tapi Qenali juga bisa digunakan untuk produk non-keuangan. Contohnya penggunaan Qenali dalam situs Lingkar Kerja, Getdebug, dan masih banyak lagi.

Wuiiihhhh, keren banget atau keren luar biasa nih? Gimana menurut kamu? buat kamu wahai kisanak, komen di bawah kalau kamu punya pertanyaan seputar Qenali. Kalau kamu malu-malu kucing, kita bisa atur waktu buat PDKT, eh ketemu maksudnya untuk bahas tentang Qenali atau request demo dengan cara  klik di sini ya!

Latest Posts



Sign in to leave a comment
GoTo: Merger Gojek dan Tokopedia
Gojek dan Tokopedia sudah menyelesaikan kesepakatan merger yang telah direncanakan dari akhir tahun lalu. Saat ini Gojek dan Tokopedia masih menunggu peresmian dan persetujuan dari para pemegang saham kedua perusahaan, baik Gojek maupun Tokopedia.