Alat-Alat yang Perlu Kamu Pakai untuk Live Streaming
Kira-kira alat apa aja sih yang kamu perlukan untuk melakukan Live Streaming?


Kira-kira alat apa aja sih yang kamu perlukan untuk melakukan Live Streaming?



Dari kemarin Qatros udah membahas tentang layanan Live Streaming yang dimiliki oleh Q-Live, pasti banyak dari kisanak di rumah yang penasaran tentang apa aja sih equipment yang harus dipakai ketika kamu ingin melakukan Live Streaming? Kira-kira apa aja ya equipment yang harus kalian siapkan?

Hari ini Qatros mau membahas tentang alat-alat yang harus disiapkan untuk menggunakan layanan live streaming nih, kisanak udah siap?

Alat-Alat yang Perlu Kamu Pakai untuk Live Streaming

1. Camera

Alat pertama yang harus kamu siapkan nggak lain dan nggak bukan adalah camera. Untuk melakukan live streaming profesional, camcorder menjadi pilihan utama yang harus kisanak siapkan. Namun untuk keperluan live streaming biasa, kisanak bisa menggunakan camera mirrorless yang diperuntukkan untuk kebutuhan photography dan videography.


2. Webcam

Selain camera, kisanak bisa menggunakan Webcam untuk solusi dari alternatif biaya yang lebih murah. Webcam ini bisa menjadi opsi lain ketika kisanak ingin melakukan Live Streaming. Tapi meskipun kita sedang membahas tentang webcam, Qatros bukan membahas webcam bawaan dari perangkat yang kalian punya ya. Melainkan webcam eksternal yang bisa kisanak beli secara terpisah.


3. Smartphone

Tentu aja smartphone juga harus disiapkan apabila kisanak ingin menggunakannya untuk live streaming. Apalagi kalau kisanak ingin melakukan live streaming di berbagai platform sosial media seperti Instagram dan TikTok.


4. Capture Card

Buat kisanak yang belum tau, Capture card ini adalah sebuah perangkat hardware yang berguna untuk merubah output HDMI menjadi input device ke perangkat milik kisanak seperti komputer atau laptop.


5. Live Switcher

Nah yang satu ini adalah sebuah perangkat atau alat yang berguna untuk memindah view atau sudut pandang dari posisi A ke B. Kisanak wajib banget nih memakai live switcher apabila kisanak memakai dua kamera atau lebih pada saat live streaming.


6. Microphone

Apa jadinya kalau kita melakukan live streaming tapi suara kita sama sekali nggak terdengar? Itu tandanya kita butuh salah satu perangkat untuk live streaming, yaitu microphone. Biasanya kita menggunakan microphone berjenis clip on dan wireless mic nih ketika melakukan live streaming.


7. Audio Monitor

Kalau kamu adalah seorang penyelenggara dari live streaming seperti webinar, kamu membutuhkan audio monitor. Alat ini berfungsi untuk mendengarkan bagaimana sebuah suara dihasilkan ketika kita melakukan live streaming.


8. Mixer dan Soundcard

Sama seperti capture card dan live switcher, alat yang bernama mixer dan soundcard ini adalah sebuat alat yang berfungsi untuk menkonversi data dari audio yang dihasilkan. Dengan menggunakan mixer dan soundcard ini, suara yang dihasilkan dari microphone akan ditangkap oleh mixer dan soundcard yang kemudian data ini akan dikirimkan ke komputer untuk diolah menjadi output.


9. Komputer dan Laptop

Alat terpenting dalam melakukan live streaming itu sendiri adalah komputer atau laptop. Keduanya berfungsi untuk mengolah data-data seperti video dan audio yang dikirimkan oleh capture card dan sound card untuk dijadikan sebuah output.


10. Live Streaming Software Broadcaster

Last but not least alat terakhir yang harus kisanak siapkan untuk melakukan live streaming adalah sebuah live streaming software broadcaster. Software ini berguna untuk mengolah data dengan baik yang dikirimkan dari capture card dan sound card. Software broadcaster ini akan mengirimkan output untuk ditampilkan pada platform layanan live streaming.


Bahas tentang live streaming dan software broadcaster, Qatros juga punya nih sebuah software yang dibuat khusus bagi kisanak yang ingin melakukan live streaming. Apa lagi kalau bukan Q-Live? Siapa di sini yang udah tau tentang Q-Live? Yang belum tau, bisa cari tau di artikel Qatros atau bisa langsung request demo di sini ya!


Latest Posts

Sign in to leave a comment
Mengenal Multi-Factors Authentication (MFA)
Multi-Factors Authentication (MFA) berfungsi sebagai sebuah sistem keamanan tingkat lanjut yang bisa melakukan proses otentikasi dan verifikasi.