6 Skills yang Wajib Dimiliki Programmer
Siapa yang Mau Jadi Programmer, cepat tunjuk tangan!

Skills yang harus dimiliki progammer
Kalau kisanak udah pernah nonton film ‘We Are Legion: The Story of The Hacktivist’ pasti udah nggak asing lagi kan sama salah satu profesi paling keren? Yak, betul banget nih, profesi yang Qatros maksud adalah programmer. Kisanak tau nggak sih, apa sebenarnya profesi seorang programmer itu?

Sebagai ndeso people yang gaul, keseharian kisanak pasti nggak pernah lepas dari menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone atau desktop kisanak. Para pembuat aplikasi yang kalian pakai itu adalah seorang programmer loh!

Apa Itu Programmer?

Bisa dibilang, programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menulis dan merancang kode dari sebuah program atau syntax. Para programmer menggunakan bahasa-bahasa khusus untuk membuat sebuah program, contohnya adalah Java, Php, Javascript, dan lain-lain.

Tugas Seorang Programmer

Selayaknya profesi lain, seorang programmer juga memiliki tugas-tugas yang harus dilakukan. Kalau dari pengertian di atas, tugas seorang programmer bisa disimpulkan untuk mengembangkan dan menciptakan aplikasi. Namun kalau mau dibuat lebih spesifik, seorang programmer mempunyai tugas untuk:

1. Mendefinisikan kebutuhan

Seorang programmer harus bisa mendefinisikan kebutuhan dari sebuah program yang akan mereka buat. Seperti yang bakal dijalankan menggunakan platform apa atau bagaimana sebuah aplikasi yang ingin mereka buat bisa berfungsi dengan baik.

2. Merancang flowchart


Setelah mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan dalam membuat sebuah program, programmer harus membuat flowchart sebelum mulai membuat aplikasi.

3. Menulis kode program

Dengan berpegang pada flowchart yang sudah dibuat, programmer akan mengubah flowchart itu menjadi program menggunakan syntax tertentu.

4. Debugging

Ketika suatu program atau aplikasi sudah dibuat, para programmer harus melakukan proses debugging. Tujuannya agar para programmer bisa mencari kesalahan atau error dari sebuah program yang sudah mereka tulis.


5. Menguji program

Langkah terakhir adalah saatnya para programmer menguji program yang mereka buat. Biasanya proses ini akan dilakukan sebelum programnya dirilis ke publik dan masih dalam versi Beta.

Skill yang Wajib Dimiliki Programmer

Qatros yakin nih, banyak dari kalian yang pasti ingin banget untuk jadi programmer. tapi udah takut duluan untuk belajar jadi programmer karena kesannya sulit. Nggak usah khawatir, Qatros bakal kasih tau nih skill apa aja yang wajib dimiliki sama seorang programmer. Simak ya!


1. Perencanaan

Sebagai manusia yang minum air mineral setiap hari, pasti kisanak selalu merencanakan sesuatu sebelum melakukan suatu hal. Perencanaan adalah sebuah bentuk persiapan dan merupakan skill pertama yang harus dimiliki seorang programmer.

Seorang programmer yang baik, kalian wajib banget melakukan perencanaan dalam pembuatan program agar nanti proses pembuatan program dapat terarah dengan baik.


2. Mendesain dan membuat aplikasi

Seorang programmer juga harus paham betul bagaimana caranya membuat desain dari sebuah aplikasi. Tujuannya agar nanti kalian dapat lebih kompetitif dalam bersaing dalam meciptakan program atau aplikasi.


3. Meng-update program

Kalau kalian ingin menjadi seorang programmer, kalian harus punya kemampuan untuk memodifikasi dan menambah fitur dari program yang kalian buat. Karena seiring berjalannya waktu, kebutuhan para user akan semakin berkembang juga.

4. Debug kode

Seperti yang udah Qatros jelasin di atas, sebagai seorang programmer kalian juga harus bisa mendeteksi error pada program yang kalian buat. Tujuan debugging ini adalah untuk membuat pekerjaan kita lebih efektif lagi loh, kisanak!

5. Menyederhanakan program

Semua orang suka sesuatu yang dapat dengan mudah dimengerti, bukan? Yak! Seorang programmer yang baik harus banget memiliki kemampuan untuk menyederhanakan sebuah program agar terlihat lebih simpel dan mudah merawatnya.

6. SABAR!

Yang terakhir dan yang paling penting, kalau kalian ingin sekali jadi seorang programmer handal, kemampuan untuk sabar adalah kemampuan yang wajib dimiliki. Justru sabar adalah kemampuan yang jarang dimiliki oleh banyak programmer di luar sana.

Gimana menurut kalian nih kisanak? Semakin tertarik kan untuk jadi seorang programmer. Gimana kalau Qatros bikin webinar dengan topik programmer? Kalian setuju nggak sih? Komen di bawah ya!

Latest Posts


Sign in to leave a comment
Prinsip-prinsip Kanban yang ada di Hari Kesaktian Pancasila
Emang ada hubungannya ya?