5 Tips Belajar Data Science buat Jadi Data Scientist
Mau jadi Data Scientist? Ya belajar Data Science dulu!

Data science

Kisanak pernah nggak kepikiran tentang bagaimana caranya seseorang bisa menganalisa sebuah data? Biasanya untuk mendapatkan suatu pola dari sebuah peristiwa sampai orang itu bisa memperkirakan prediksi atas kejadian yang akan datang. Kira-kira mereka pakai ilmu apa ya? Yang jelas sih bukan ilmu hitam apalagi wangsit yaa!

Ternyata eh ternyata nih kisanak, sekarang ada sebuah cabang ilmu baru nih. Cabang ilmu baru ini dikenal sebagai Data Science. Cabang ilmu ini menggabungkan matematika, statistika, dan ilmu komputer. Loh kok banyak ya?

Fungsi dari Data Science ini adalah untuk menganalisa data dari sebuah kumpulan data dalam skala kecil dan besar. Tujuannya untuk menggali dan mendapatkan pola dari data yang ada sehingga nantinya dapat melakukan prediksi data dengan cukup akurat untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Cabang ilmu data science ini juga bisa digunakan untuk membuat sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence loh!

Karena data science adalah sebuah cabang ilmu baru, kisanak pasti bertanya-tanya nih soal bagaimana caranya untuk menjadi data scientist. Tenang-tenang, Qatros Teknologi Nusantara alias startup paling kece badai anti huru-hara di Sleman bakal membahas tuntas tentang data science dan bagaimana caranya menjadi data scientist di sini, simak yah!

Kemampuan yang wajib dimiliki data scientist

1. Matematika dan statistika

Dari yang udah Qatros jelaskan di awal nih, menjadi data scientist yang ingin mempelajari data science wajib banget bisa matematika dan statistika. Karena kalau mau menjadi data scientist nanti kalian akan berurusan dengan banyak data dan angka.

2. Dasar pemrograman

Nggak perlu yang pro kayak di film-film, tapi untuk menjadi data scientist wajib paham banget sama yang namanya bahasa-bahasa pemrograman. Contohnya seperti R, Python, HTML, dan lain sebagainya.

3. Analisa dan visualisasi data

Menjadi data scientist sejati juga harus dituntut untuk bisa menganalisa dan juga memvisualisasikan sebuah data untuk memecahkan sebuah masalah dan membuat pola dari masalah tersebut. Mending mulai latihan dari sekarang deh!

Proses-proses data science

1. Data Mining 

Data mining adalah sebuah langkah awal dalam pengambilan informasi dari pola data yang sebelumnya nggak diketahui atau biasa disebut sebagai data discovery. Data mining ini fokus untuk mengekstrak pola dengan menggunakan metode statistik untuk dianalisa. 

2. Machine Learning

Kisanak pasti udah familiar sama istilah machine learning. Yak, machine learning adalah bagian dari Artificial Intelligence yang digunakan agar sistem komputer dapat secara otomatis dapat belajar dengan sendirinya tanpa diberi instruksi pemrograman. 

Kesimpulannya nih kisanak, data science ini bertujuan untuk menggali data dan memberikan informasi seakurat mungkin yang nantinya akan digunakan untuk mendeskripsikan pola dari sebuah data untuk dianalisa dan memprediksi nilai probabilitas yang kemudian merekomendasikan hasilnya untuk digunakan sebagai alat bantu pengambil keputusan yang akan dieksekusi oleh data scientist.

Tips menjadi data scientist

Buat kisanak yang tertarik untuk mempelajari data science dan ingin menjadi data scientist, kisanak juga harus paham jenis-jenis pembelajaran data science loh. Contohnya seperti supervised learning, unsupervised learning, reinforced, dan deep learning. Nah, biar lebih semangat lagi, Qatros bakalan kasih lima tips bagi kisanak yang ingin belajar menjadi data scientist. Cekidottt!!

1. Atur tujuan kamu

Kisanak wajib banget nih memikirkan tujuan kisanak untuk mulai belajar data science. Kisanak harus mulai memikirkan apa yang ingin kamu lakukan ketika belajar menjadi data scientist.

2. Kenali dirimu lebih dalam

Setiap manusia kan pasti punya kekurangan dan kelebihan. Apalagi dalam belajar data science, ada tiga kompetensi dasar yang harus dimiliki. Kisanak fokus dulu ke salah satunya, baru nanti mulai belajar ke tahap yang lebih serius pelan-pelan.

3. Buat roadmap pribadi

Ini penting banget untuk dilakukan ketika kisanak mau belajar data science. Fungsi roadmap ini untuk membantu kisanak mengetahui skill apa yang dimiliki oleh kisanak kalau ingin menjadi data scientist. Jangan lupa untuk evaluasi roadmap yang udah kisanak buat ya, biar skill-nya semakin bertambah!

4. Berani praktek

Keberanian adalah kunci dari kesuksesan. Kisanak juga harus mulai berani nih untuk mempraktekkan ilmu-ilmu yang udah kisanak dapatkan dari kelas teori data science ketika belajar data science. Semakin sering latihan maka hasilnya akan semakin baik!

5. Berkompetisi

Last but not least neeehh! Kompetisi itu penting untuk mengasah kemampuan kisanak dalam belajar data science, bisa juga untuk melihat udah sejauh mana kemampuan yang dimiliki setelah sebelumnya menghabiskan banyak waktu untuk belajar teori. 


Nah, itu dia lima tips belajar data science untuk menjadi data scientist dari Qatros, jangan lupa diamalkan ya kisanak! Next kita bahas apa nih? Tulis di kolom komentar ya!


Latest Posts

Sign in to leave a comment
5 Dekade Perjalanan Video Game
Nggak Terasa ya Perjalanan Video Game Ternyata udah 5 Dekade