5 Langkah Memulai Digital Marketing
Digital marketing merupakan sebuah teknik pemasaran untuk memasarkan sebuah produk dan layanan dengan menggunakan perangkat elektronik dan internet sebagai media digital. Kira-kira, gimana ya langkah untuk memulai digital marketing?

5 Langkah Memulai Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah teknik pemasaran untuk memasarkan sebuah produk dan layanan dengan menggunakan perangkat elektronik dan internet sebagai media digital. Kira-kira, gimana ya langkah untuk memulai digital marketing?


Kemarin Qatros udah bahas soal seberapa penting digital marketing dan jenis-jenis digital product yang harus kisanak tau. Dari dua artikel yang udah Qatros tulis, kira-kira kisanak masih bingung nggak sih gimana caranya untuk memulai bisnis dengan menggunakan digital marketing. Tenang, kalau kisanak bingung Qatros hari ini bakal langsung kasih tau kisanak tentang lima langkah memulai digital marketing. Simak bareng-bareng ya!

Sebelum berjalan lebih jauh lagi, Qatros mau mengingatkan kisanak tentang digital marketing. Kira-kira kisanak masih ingat nggak sih? 

Yak, betul! Digital marketing sendiri adalah sebuah upaya baru dalam dunia pemasaran. Digital marketing merupakan sebuah teknik pemasaran untuk memasarkan sebuah produk dan layanan dengan menggunakan perangkat elektronik dan internet sebagai media digital. 

Nah sekarang Qatros bakal kasih tau kisanak soal tips penting dari lima langkah mudah untuk memulai digital marketing bagi pemula. Tenang aja nggak perlu pusing, karena Qatros bakalan memberikan informasi tentang digital marketing ini sesederhana mungkin. Dijamin deh, kisanak nggak akan kebingungan.

5 Langkah Memulai Digital Marketing bagi Pemula

Karena digital marketing ini merupakan salah satu teknik pemasaran baru, nggak heran kalau masih banyak orang yang belum tau tentang gimana caranya digital marketing ini bekerja. Apalagi bagi mereka-mereka di luar sana yang masih melakukan pemasaran secara konvensional bagi usahanya dan banyak dari mereka yang akhirnya melek sama digital marketing ini tapi masih juga bingung karena mereka ini pemula.

Lewat artikel ini, Qatros bakal bantu kalian untuk belajar digital marketing. Jadi nggak perlu pusing lagi deh!

1. Mempunyai Target Market dan Produk untuk Digital Marketing

Sebelum berenang di sebuah kolam, ada baiknya kamu mengetahui dulu nih ikan apa aja yang bakal ikut berenang bareng kisanak. Sama seperti digital marketing, kisanak harus tau serta memilih dulu pasar dan calon pembeli usaha kisanak. Dalam kata lain, kalau kisanak udah punya pasar dan pelanggan untuk memasarkan produk kisanak, dijamin bisnis kisanak akan lebih mudah dipasarkan dengan menggunakan digital marketing.

2. Jual produk dan layanan yang bisa memberikan solusi bagi banyak orang

Langkah kedua ini adalah langkah yang lumayan penting. Kenapa? Karena produk dan layanan yang bisa memberikan solusi bagi banyak orang adalah produk dan layanan yang akan cepat dilirik oleh calon pembeli. Dalam kata lain, memasarkan produk dan layanan ini akan terasa lebih mudah dengan menggunakan teknik digital marketing.

3. Jangan lupa membuat website

Mempunyai website jualan pribadi adalah langkah yang harus dilakukan agar teknik memasarkan produk menggunakan digital marketing berjalan dengan baik. Website adalah jantung dari sebuah usaha, bisa dibilang website juga menjadi identitas bagi para pelaku bisnis. Jadi jangan lupa untuk membuat website jualanmu sendiri ya.

4. Gunakan juga sosial media

Saat ini, sosial media udah jadi hal yang diperlukan setiap orang. Apalagi dengan hadirnya layanan iklan dari berbagai sosial media membuat kisanak bakal lebih mudah untuk menjalankan digital marketing. Sekarang ini udah ada Facebook dan Instagram ads, ditambah dengan Twitter dan TikTok ads. Beuuhhh, pasti jadi lebih mudah kan?

5. Pelajari SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Kalau kamu ingin mulai menggunakan digital marketing, kisanak juga harus mulai belajar tentang SEO, SEM, dan sosial media ads. Kisanak harus mulai belajar untuk menggunakan strategi pemasaran digital marketing dan di langkah terakhir ini, kisanak harus mulai mengeluarkan sedikit biaya untuk mulai memasarkan produk dan layanan yang kisanak punya. 

Pentingnya digital marketing bagi startup

Ngomongin soal digital marketing, bagi para perusahaan rintisan atau startup ternyata digital marketing ini penting banget untuk dikuasai. Karena pasti deh, setiap startup itu punya produk dan servis yang harus dijual. Lewat digital marketing ini, selling produk akan sangat terbantu loh kisanak.

Udah tau kan kisanak harus mulai dari mana kalau ingin menggunakan digital marketing. Nggak perlu bingung lagi deh pokoknya. Tapi, kalau kisanak butuh bantuan seputar digital marketing, Qatros juga punya loh layanan digital marketing yang siap membantu kisanak kapanpun dan dimanapun. Jangan sungkan ya untuk tanya yah!

Sign in to leave a comment
Punya Bisnis di Zaman Sekarang? Lebih Baik Mempunyai Website atau Mobile App?
Manakah yang lebih baik, mempunyai website atau mobile app untuk kita yang mempunyai bisnis di zaman sekarang?