5 Jenis Error Pada Program yang Harus Dihindari Programmer
Kalau ingin jadi programmer, kamu harus bisa hindari 5 jenir error yang ada pada program!

5 Jenis Error Pada Program yang Harus Dihindari Programmer

Kalau ingin jadi progammer, kamu harus bisa hindari 5 jenis error yang ada pada program!

    

    Buat kisanak yang sekarang lagi sibuk banget belajar bahasa pemrograman untuk jadi programmer. Ada baiknya kisanak memahami dulu nih dunia pemrograman. Yaa PDKT lebih dalam gitu soal dunia pemrograman biar jadi programmer paling keren seantero galaksi Bimasakti.


    Dalam masa PDKT lebih dalam soal dunia pemrograman, kisanak harus kenalan juga loh sama jenis-jenis error pada dunia pemrograman. Yaa, selayaknya hubungan pada umumnya, error pada bahasa pemrograman ini diibaratkan sebagai bumbu dramatis yang harus kisanak hindari kalau ingin jadi programmer.


    Apalagi belajar bahasa pemrograman itu nggak segampang kamu ngajak kenalan orang di pinggir jalan loh. Sama halnya dengan ngajak kenalan orang di pinggir jalan, belajar bahasa pemrograman juga memiliki tantangan.


    Dengan proses PDKT yang lebih dalam dengan dunia pemrograman, kisanak udah nggak harus khawatir lagi kalau suatu saat kisanak menemukan sebuah kesalahan yang menyebabkan error. Biar tambah siap dan paham, hari ini Qatros mau kasih tau kisanak soal jenis-jenis error yang harus dihindari oleh programmer, simak ya!


Logical Error


    Error jenis ini adalah sebuah error atau kesalahan yang paling sulit dideteksi dalam dunia pemrograman. Pasalnya error atau kesalah yang ini terjadi bukan karena adanya kesalahan penulisan, tapi juga karena kesalahan programmer dalam menuliskan algoritma. Kebayang kan, kalau kesalahannya aja dari programmer itu sendiri, sesusah apa mendeteksi kesalahannya?


Syntax Error


    Syntax error adalah sebuah kesalahan yang paling sering terjadi di dunia pemrograman. Syntax error sendiri berarti kesalahan tata bahasa. Dari namanya, syntax error ini biasanya terjadi ketika para programmer secara tidak sengaja melakukan kesalahan pada saat menuliskan sebuah bahasa pemrograman.


Runtime Error


    Runtime error juga termasuk kedalam sebuah error atau kesalahan yang sering terjadi saat sedang menjalankan sebuah program yang dibuat programmer. Biasanya Runtime error dalam dunia pemrograman ini disebabkan oleh kesalahan dalam proses input, kesalahan perhitungan, dan kesalahan dalam proses output.


Compilation Error


    Sesuai namanya, compilation error ini merupakan sebuah error atau kesalahan yang terdiri dari berbagai macam error dalam dunia pemrograman. Compilation error biasanya terjadi saat proses tingkat tinggi dikonversi ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin. Dan dalam proses itu, biasanya baru muncul berbagai macam error yang terjadi di compiler dari sebuah program itu sendiri.


Interfacing Error


    Terakhir ada interfacing error yang bisa terjadi karena adanya ketidaksesuaian program pada sebuah software. Biasanya pada kasus-kasus tertentu, interfacing error ini terjadi karena penggunaan protokol web yang salah.


Itu dia lima kesalahan atau error yang harus banget dihindari kisanak kalau ingin menjadi seorang programmer yang handal. Gimana gimana? Udah paham kan? Jangan lupa berikan komentarmu ya di bagian kolom komentar!

Sign in to leave a comment
Selamat Ulang Tahun, Grace Hopper!
Grace Hopper yang bernama lengkap Grace Murray Hopper juga dikenal sebagai seorang penemu di bidang industri komputer di Amerika. Pada masa kejayaannya, Grace Hopper juga ikut menulis tentang penciptaan UNIVAC-1 yang merupakan komputer otomatis komersial pertama dalam sejarah.