5 Dekade Perjalanan Video Game
Nggak Terasa ya Perjalanan Video Game Ternyata udah 5 Dekade

Video Game
Siapa di sini yang masih merasa asing sama video game? Pasti semua orang yang baca artikel di sini udah familiar sama kehadiran video game. Tuh, coba liat burjo sebelah kalau malam pasti banyak orang nongkrong di sana dengan posisi handphone yang miring. Apalagi kalo bukan main video game? Ngaku deh pasti kalian sering main mobile video game kan? Apalagi selama coronamaru menyerang negeri ini, tingkat kegabutan pasti tinggi tuh!

Kisanak pernah terbayang nggak sih, kenapa kita nggak pernah dapat materi sejarah tentang video game? Padahal kalau dilihat sekarang, hampir semua orang nggak pernah lepas dari video game. Apalagi dengan munculnya mobile video game yang bisa kisanak mainkan tanpa harus menggunakan PC atau console. Cukup pakai handphone, kisanak udah bisa main mobile video game yang nggak kalah seru di PC atau console.

Terus kenapa ya Qatros hari ini ngomongin soal video game? Qatros kasih tau deh daripada kisanak penasaran kenapa Qatros hari ini ngomongin video game! Hari ini di tanggal 14 Oktober, Qatros mau memberikan informasi perkembangan video game selama 5 dekade terakhir. Nggak terasa ya kalau perkembangan video game udah sampai 5 dekade?

Perjalanan 5 Dekade Video Game

Buat kalian yang belum tau, game arcade pertama kali muncul di tahun 1972. game arcade ini bernama Pong dan eksistensinya benar-benar jadi seperti primadona bagi anak-anak pada masa itu. Coba deh bayangin kamu lahir di tahun 1972, tanpa smartphone, tanpa sosial media. Tapi udah ada arcade game. Pasti banyak banget kan peminatnya?

Di tahun yang sama, nggak lama setelah arcade game pertama muncul, Magnavox Odyssey hadir sebagai game console yang pertama kali bekerja sama dengan Nintendo untuk mengembangkan teknologi di game lain.

Lanjut di tahun 1981-1985 nih, muncul banyak game legendaris yang pasti kisanak kenal sampai sekarang. Dalam kurun waktu ini, hadir game Pac-Man dan Mario yang waktu itu muncul lewat sebuah game berjudul Monkey Kong di tahun 1981. Dan di tahun 1985, Nintendo merilis console game pertama mereka dan mendirikan Nintendo Entertainment System.

Seiring berjalannya waktu, atau masuk di era 80-an mulai bermunculan perusahaan game baru. Contohnya ada SEGA yang merilis SEGA Genesis, itu loh yang nama karakter di dalam game-nya Sonic the Hedgehog. Dan di era ini juga nih akhirnya game untuk PC juga mulai muncul. Disusul kehadiran game portabel seperti Gameboy. 


Masuk ke era 90 sampai 2000-an, Nintendo pun mempertahankan eksistensinya dengan merilis console game terbarunya yang bernama Nintendo 64. Waktu itu console game besutan Nintendo ini adalah rival terberat bagi PlayStation besutan Sony. Nah di era ini juga, mulai muncul video game interaktif. Contohnya seperti yang dimainkan kisanak dulu, namanya Dance Dance Revolution. Diikuti dengan munculnya game online seperti Point Blank dan Counter Strike. Siapa di sini yang dulunya anak warnet ayo ngacung!

Era 2000-an ini juga menjadi masa jaya bagi Sony setelah merilis PlayStation 2 di pasar global. Namun, Nintendo sebagai pioneer video game nggak kalah saing dengan merilis GameCube, Nintendo DS, dan Gameboy Advance. Microsoft pun juga mengikuti langkah kedua perusahaan video game raksasa itu dengan merilis Xbox. Dan di era ini Steam hadir sebagai sebuah inovasi terbaru video game.

Dan sekarang ini udah banyak banget kan berbagai macam game yang hadir akibat terjadinya perkembangan di industri video game. Coba deh tengok, kita sekarang udah mulai kenal sama yang nama Virtual Reality, ada Augmented Reality, terus mobile video game, ada lagi Artificial Intelligence game. Banyak banget kan? Tapi pernah nggak sih kebayang, gimana kalau seandainya di dunia ini nggak pernah ada yang namanya video game? Udah, jangan di bayangin deh!

Latest Posts


Sign in to leave a comment
Tanggapan Qatros dan Perubahan Budaya Kerja dengan Hadirnya UU Cipta Kerja
Apakah Budaya Kerja Startup Qatros bakal Berubah dengan Hadirnya UU Cipta Kerja?