5 Bahasa Pemrograman Paling Populer Digunakan
Java, JavaScript, JavaJive, JavaNine dan sobat Javanica~


Bahasa pemrograman mempunyai peran penting dalam aspek development sebuah software. Tanpa menguasai bahasa pemrograman, seseorang hampir dipastikan tidak dapat melakukan kerja-kerja terkait development software.


Kali ini, startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara akan membahas mengenai 5 bahasa pemrograman paling populer digunakan. Sebelum itu, ada baiknya mengetahui apa sih yang dimaksud dengan bahasa pemrograman, apa saja sih fungsinya dan klasifikasi dari bahasa pemrograman.


Apa Itu Bahasa Pemrograman?


Bahasa pemrograman merupakan sebuah notasi yang digunakan menuliskan / melakukan development suatu program. Bahasa pemrograman juga memiliki nama lain yakni bahasa komputer. Beberapa istilah dalam bahasa pemrograman merupakan adopsi dari istilah-istilah linguistik seperti sintaks, semantik, maupun pragmatik.

Sintaks dalam bahasa pemrograman merujuk pada struktur atau bentuk dari bahasa pemrograman yang sedang di-develop. Bahasa pemrograman merupakan sekumpulan sintaks yang berfungsi untuk mengoperasikan software.


Istilah semantik merupakan upaya untuk mendeskripsikan hubungan antara program dan model komputasi yang telah dibuat. Sedangkan pragmatik merupakan bagian dari bahasa pemrograman yang mendeskripsikan seberapa sukses bahasa pemrograman yang diimplementasikan mencapai target.


Fungsi Bahasa Pemrograman


Seperti halnya bahasa-bahasa lain, bahasa pemrograman berfungsi alat untuk berkomunikasi. Dengan bahasa pemrograman, seorang developer dapat memerintah atau mengoperasikan mesin. Bahasa pemrograman pula yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi.


Tingkatan Bahasa Pemrograman
Klasifikasi tingkatan bahasa pemrograman ini dibuat untuk menilai bahasa-bahasa dari segi tingkat kesulitannya. Startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara, mengurutkan tingkatan dari yang terendah ke paling tinggi. 

1. Low Level Language

2. Middle Level Language

3. High Level Language

4. Object Oriented Language 


5 Bahasa Pemrograman Paling Populer Digunakan


1. Java

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer untuk membuat aplikasi desktop bahkan mobile apps (android-based). Pembuatan web, game dan development aplikasi IoT juga dapat dilakukan dengan bahasa pemrograman Java.


Java akan sedikit sulit untuk dipelajari oleh pemula. Akan tetapi, luasnya cakupan yang dapat dijangkau oleh Java membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini.


2. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan saat ini. Biasanya, python digunakan untuk keperluan membuat data science, blockchain, cryptocurrency, hingga machine learning.


Apabila Anda sedang melakukan development aplikasi IoT, Python juga dapat menjadi pilihan bahasa pemrograman yang dapat digunakan. Bahasa pemrograman ini juga dapat diimplementasikan untuk kebutuhan development web, khususnya bagian back-end.

3. JavaScript

Sangat fleksibel merupakan ungkapan yang cocok untuk menggambarkan bahasa pemrograman JavaScript. JavaScript dapat digunakan untuk development web: baik keperluan front-end maupun back-end, mobile apps, games, aplikasi IoT, bahkan data visualization.


JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat dipilih oleh pemula. Beberapa profesional menganggap bahwa JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang tergolong mudah untuk dipelajari.


4. Swift

Apakah kisanak salah satu pengguna gadget buatan Apple? Dalam pengembangan Mac ataupun iOS, Apple menggunakan bahasa pemrograman bernama Swift. Swift biasa dikolaborasikan dengan Objective-C, bahasa pemrograman yang digunakan oleh Apple lainnya.


Swift mempunyai beberapa kelebihan antara lain aspek sekuritas dan manajemen memori. Swift juga dikatakan mudah untuk dipelajari dan mudah dibaca. 


5. PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer digunakan di Indonesia. PHP dikatakan sebagai salah satu bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk melakukan development.


Yang menjadi minus dari PHP adalah bahasa pemrograman ini memiliki kelemahan pada keamanan apabila sang programmer tidak cukup awas ketika melakukan coding. Bahasa pemrograman ini banyak sekali digunakan untuk membuat website, seperti web yang berbasiskan WordPress hingga laman besar seperti Wikipedia.


Itu tadi 5 bahasa pemrograman paling populer digunakan versi startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara. Bagi kisanak yang minat untuk belajar bahasa pemrograman, langsung gas cari materi e-learning atau daftar bootcamp teknologi terdekat di tempat kisanak tinggal. 

Sign in to leave a comment
Apa Sih Perbedaan Antara Front-end Developer dan Back-end Developer?
Selain front-end dan back-end developer, ada juga nama yang terdengar mirip yakni full-stack developer.