4 Tradisi Lebaran Khas Indonesia Yang Masih Bisa Dilakukan Saat Corona
Mudik udah gak memungkinkan, terus tradisi lebaran khas Indonesia apa aja nih yang masih bisa kita lakuin?


(© Qatros.com/Rudy Wijanarko)

Lebaran tahun ini sangat berbeda dengan adanya virus Corona. Pemerintah dengan tegas melarang adanya tradisi lebaran khas Indonesia 'mudik', untuk memotong persebaran virus Corona (COVID-19). Mau tidak mau, hal ini berdampak pada pihak-pihak yang memang sedang hidup di tanah rantau.

Qatros Teknologi Nusantara cukup paham bagaimana rasanya tinggal di perantauan, sedang mudik sudah tradisi lebaran khas Indonesia yang mendarah daging di tubuh kita. Terlebih untuk pribadi-pribadi yang hidupnya sebatang kara di perantauan, pasti terbayang-bayang bagaimana nikmatnya merasakan kupat opor buatan orang rumah. Atau yang paling sederhana tapi berkesan adalah bercengkrama dengan orang-orang yang kita sayang.

Jangan sedih, kisanak. Setidaknya masih ada usaha-usaha yang dapat kita lakukan untuk mengobati kerinduan akan tradisi lebaran khas Indonesia yang biasa kita lakoni. Teknologi dapat menjadi perpanjangan tangan kita untuk berbagi kebahagiaan bersama orang-orang tercinta. 

Secara khusus, Qatros menghimpun beberapa tradisi lebaran yang memungkinkan untuk dilakukan di tengah pandemi Corona lewat bantuan teknologi. Kira-kira tradisi lebaran khas Indonesia mana aja nih yang udah kisanak coba?

1. Halal bi Halal

Halal bi Halal merupakan momen untuk menyambung tali silaturahmi yang sudah lama tidak kita jalin. Biasanya Halal bi Halal dilakukan dengan cara kumpul keluarga besar, reuni untuk teman kantor/teman sekolah, ataupun secara personal mendatangi orang-orang yang kita anggap penting untuk disambung lagi silaturahminya.

Salah satu tradisi lebaran khas Indonesia ini masih dapat kita lakukan dengan cara memanfaatkan teknologi. Mungkin dulu, saat teknologi masih terbatas dan aksesnya belum se-demokratis sekarang, kita masih melakukan Halal bi Halal hanya via chat, telepon, bahkan sms. Akan tetapi, kita sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi conference call yang memungkinkan untuk berkumpul bersama dan membicarakan banyak hal meskipun terpisah jarak.

2. Makanan khas Lebaran

Siapa yang bisa menampik nikmatnya opor ayam dengan warna kuah yang begitu menggoda ditambah potongan-potongan kecil ketupat di dalamnya? Atau mungkin nikmatnya menghabiskan nastar setoples sendirian?

Makanan-makanan tersebut memang sudah menjadi bagian dari tradisi lebaran khas Indonesia. Dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan mudik, kita dapat menghadirkan atmosfer yang sama dengan memesan makanan-makanan tersebut sendiri melalui aplikasi antar makanan online atau e-commerce. 

Apabila kisanak memiliki pihak-pihak yang benar-benar memperhatikan kisanak, maka ada kemungkinan makanan-makanan tersebut akan dikirimkan kepada kisanak. Atau mungkin kisanak mau mengirimkan makanan-makanan tersebut ke orang-orang spesial? Itu juga bisa kok.

3. Baju Baru

Saat semua serba konvensional, apakah kisanak ingat bagaimana rasanya membeli baju baru di gerai-gerai tertentu yang mungkin kita mengunjunginya hanya setahun sekali? Yang keluar duit orangtua lagi, bukan pundi-pundi kisanak sendiri.

Melalui bantuan teknologi, tradisi lebaran khas Indonesia ini dapat kita lakukan dengan cara memesan baju yang kita pilih di e-commerce ataupun online shop yang muncul di media sosial kita. Kalau mau beli buat orang tersayang juga bisa kisanak. Tinggal pastikan aja apakah model, warna, dan ukurannya sudah cocok untuk mereka pakai.

4. THR

THR bukan hanya hak karyawan, tapi juga hak-hak para bocah di momen lebaran. Adanya Corona tentu memberi kelegaan bagi pihak-pihak yang ingin menabung pundi-pundinya, karena kemungkinan untuk para bocah menagih THR menjadi kecil. Ada untungnya juga ya Corona, kisanak?

Apabila kisanak memang sudah menyiapkan dana tersendiri untuk memberi THR yang mana bagian dari tradisi lebaran khas Indonesia, maka kisanak bisa membagikan kepada mereka dalam bentuk e-money. Tinggal pastikan saja apakah dompet digital yang digunakan sama.

Lebaran memang selalu spesial. Sadar atau tidak, Corona sudah membuat cerita tersendiri untuk lebaran kita pada tahun ini, kisanak. Segenap crew dari startup Jogja, Qatros Teknologi Nusantara mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin ya kisanak~

Sign in to leave a comment
Apa Itu Pentest (Penetration Test)? (Part 1)
Pentest (penetration test) merupakan upaya untuk menemukan kelemahan suatu sistem keamanan jaringan melalui simulasi cyber attack.