4 Produk Gagal dalam Dunia Teknologi
Perkembangan dunia teknologi nggak melulu berbuah hasil yang baik. Contohnya 4 produk gagal dalam dunia teknologi ini nih!

4 Produk Gagal dalam Dunia Teknologi

Perkembangan dunia teknologi nggak melulu berbuah hasil yang baik. Contohnya 4 produk gagal dalam dunia teknologi ini nih!

 Odoo • A picture with a caption

Kita udah merasakan kemajuan teknologi yang dari dulu berkembang pesat. Saking pesatnya, kehadiran teknologi saat ini semakin dirasa mempermudah kehidupan manusia. Gimana nggak? Salah satu perkembangan teknologi yang super pesat adalah kehadiran asisten virtual seperti Siri dan Bixby dengan menggunakan teknologi Artifical Intelligence.

Kehadiran teknologi canggih dengan menggunakan Artificial Intelligence ini jadi super mempermudah manusia dalam menggunakan teknologi itu sendiri. Kisanak jadi nggak perlu lagi capek-capek mencari di mesin pencarian untuk mencari sesuatu. Cukup ngomong aja udah bisa menjawab pertanyaan kisanak.

Ngomongin soal teknologi, walaupun perkembangan teknologi  begitu pesat, ternyata pernah ada loh teknologi-teknologi yang dicap sebagai teknologi gagal. Hari ini Qatros bakal memberikan informasi tentang apa aja sih produk-produk paling gagal dalam dunia teknologi. Penasaran? Yuk simak!

  1. Google Glass, inovasi teknologi yang gagal dari Google

Via Wired UK

Posisi pertama untuk produk yang gagal dalam dunia teknologi adalah Google Glass. Kok bisa ya? Padahal kalau dilihat-lihat, Google Glass ini super duper keren untuk dipakai. Google juga udah mengembangkan teknologi Artificial Reality dan Virtual Reality dari lama dan salah satu bentuk dari hasil inovasi tersebut adalah Google Glass.

Ternyata walaupun Google Glass menawarkan pengalaman berkesan bagi para penggunanya, kegagalan Google dalam menghadirkan produk Google Glass adalah karena ketakutan terhadap pelanggaran privasi. Google Glass yang dirilis pada tahun 2012 ini harus gagal di pasaran karena banyak orang yang khawatir dengan kamera yang dipasang oleh Google bisa mengganggu keamanan privasi seseorang. Sayang banget ya?

  1. Hoverboard, kegagalan teknologi dalam dunia transportasi


Via Arm Chair Arcade
Siapa sih yang nggak tau teknologi bernama hoverboard ini? Walaupun namanya cukup terkenal di kalangan para pemain skateboard dan anak-anak, ternyata hoverboard ini menjadi salah satu teknologi paling gagal dalam sepuluh tahun terakhir.

Kok bisa sih? Ternyata inovasi hoverboard yang diproyeksikan sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan bagi manusia, hoverboard ini masih jauh dari kata sempurna. Sejak perilisannya, banyak kasus-kasus seperti mesin yang cepat panas sampai terbakar, kecelakaan, dan beberapa kasus lainnya yang membuat citra teknologi hoverboard ini buruk.

  1. Samsung Galaxy Note 7


Via The Verge 
Kisanak pasti familiar nih dengan nama Samsung Galaxy Note 7. Gimana nggak, perilisan Samsung Galaxy Note 7  ini bisa dibilang menjadi sejarah perilisan smartphone paling buruh Samsung. Udah bukan rahasia lagi kalau teknologi yang dihadirkan Samsung lewat Samsung Galaxy Note 7 ini menjadi mimpi buruk bagi Samsung. Karena sejak perilisannya, banyak banget device-device yang meledak sejak dirilis oleh Samsung.

  1. Theranos



Via The CEO Magazine
Last but Not Least, posisi produk gagal dalam dunia teknologi diduduki oleh Theranos. Produk ini merupakan sebuah proyek inovasi teknologi yang membuat paramedis bisa melakukan tes darah tanpa harus mengambil darah dalam jumlah besar. Sayangnya nih kisanak, setelah membakar uang untuk proses pengembangannya, Theranos hanya berhasil melakukan tes secara akurat sebanyak 15 sampel dari 240 tes yang dilakukan.

Gimana nih kisanak, sayang banget ya produk teknologi ini harus gagal di pasaran. Padahal sebenarnya produk-produk teknologi ini super keren loh! Pendapatmu gimana, coba tulsi di kolom komentar ya!


Source: Vocal Media, Bloomberg

Sign in to leave a comment
Perkembangan Startup di Indonesia dan Jogja dalam 5 Tahun ke Depan
Perkembangan Startup di Indonesia semakin tumbuh dengan pesat. Jogja sendiri telah menjadi salah satu tempat para Startup untuk berkembang. Lantas, bagaimana sih perkembangan Startup Jogja dalam 5 tahun ke depan?