3 Pahlawan Teknologi di Indonesia
Selamat Hari Pahlawan!


Pahlawan-pahlawan di bidang teknologi di Indonesia
Ir. Soekarno pernah memberikan sebuah wejangan untuk para anak muda di Indonesia. Beliau mengingatkan kita untuk jangan pernah melupakan sejarah. Kisanak familiar kan soal kalimat itu? Bung Karno pernah menggaungkan istilah Jas Merah agar kita para anak muda nggak pernah lupa tentang sejarah di Indonesia.

Ngomong-ngomong soal sejarah, kisanak tau nggak nih hari ini adalah hari apa? Kalau kisanak jawab hari ini adalah hari Selasa, itu nggak salah. Tapi nyatanya, di hari Selasa ini, tepatnya tanggal 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan.

Menurut sejarahnya, pada tanggal 10 November 1945 pernah terjadi pertempuran hebat pasca kemerdekaan Republik Indonesia di Surabaya. Pertempuran ini terjadi setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Sejak proklamasi digaungkan, pemerintah memberikan maklumat yang menetapkan mulai 1 September 1945 bendera Merah Putih dikibarkan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Surabaya.

Saat itu tepatnya pada tanggal 25 September, tentara Inggris yang tergabung ke dalam AFNEI atau sekutu Belanda sedang berada di Surabaya bersama para tentara NICA. Keberadaan AFNEI dan NICA ini bertujuan untuk melucuti tentara Jepang dan memulangkan mereka ke negaranya lalu membebaskan tahanan yang ditahan Jepang pada saat itu dan mengembalikan Indonesia kepada pemerintahan Hindia Belanda sebagai negara jajahan.


Gejolak pertempuran sudah terasa ketika pada tanggal 19 September 1945, sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan W.V.Ch. Ploegman mengibarkan Bendera Belanda di Hotel Yamato. Akibatnya, masyarakat Surabaya dan para milisi pro kemerdekaan Indonesia marah dan menganggap Belanda menghina kemerdekaan Indonesia dan melecehkan bendera Merah Putih.

Hingga pada 29 Oktober, pihak Indonesia dan Inggris sepakat menandatangani gencatan sampai keesokan harinya kedua pihak bentrok yang menyebabkan Brigadir Jenderal Mallaby tewas tertembak. Pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Robert Mansergh pun mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor. Batas ultimatum itu adalah tanggal 10 November 1945.

Puncaknya pertempuran 10 November pun terjadi selama tiga minggu. Sejak saat itu, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk memperingati 16.000 pahlawan Indonesia yang gugur dalam perang besar di Surabaya.

Nah bahas soal Hari Pahlawan nih, kisanak udah tau belum siapa sih kira-kira pahlawan teknologi yang paling berjasa di Indonesia? Kalau belum, sila baca artikel ini ya karena Qatros udah menuliskan tiga pahlawan teknologi paling berjasa bagi Indonesia versi Qatros. Yuk simak!

3. Dr. Warsito Purwo Taruno

Ilmuwan yang lahir di Karanganyar 53 tahun yang lalu ini merupakan orang yang layak menyandang gelar Pahlawan Teknologi bagi Indonesia versi Qatros. Kenapa? Karena Dr. Warsito adalah seorang pahlawan teknologi yang menemukan sebuah alat berbasi electrical capacitive volume teknologi atau ECVT. Alat temuan Dr. Warsito ini adalah sebuah prototipe yang dapat membasmi kanker, khususnya kanker otak dan payudara.

2. Dr. Prof. Khoirul Anwar

Pahlawan teknologi kedua adalah Dr. Prof. Khoirul Anwar yang merupakan ilmuwan dari Indonesia yang memiliki paten teknologi broadband yang menjadi standar internasional ITU. Ilmuwan kebanggaan Indonesia ini juga layak menyandang gelar pahlawan teknologi di Indonesia karena berhasil menemukan jaringan 4G yang kisanak sedang pakai saat ini. Keren!

1. Dr. Ing Bacharuddin Jusuf Habibie

Siapa sih yang nggak tau Bapak Teknologi Indonesia, Mantan Presiden ketiga Indonesia, serta pencipta pesawat N-250? Yak, Pahlawan Teknologi ini adalah B. J. Habibie. Beliau berhasil menciptakan berbagai macam inovasi di dunia aviasi atau penerbangan. B. J. Habibie juga memiliki banyak paten di dunia penerbangan yang digunakan di dunia internasional yang membuatnya semakin layak menyandang gelar Bapak Teknologi Indonesia sekaligus Pahlawan Teknologi Indonesia.


Gimana menurut kalian kisanak? Terus belajar ya karena bisa jadi besok namamu yang bakal ada di daftar ini sebagai pahlawan teknologi di Indonesia. Jangan takut untuk berinovasi dan selamat Hari Pahlawan!

Sign in to leave a comment
Business Intelligence VS Business Analyst
Apa sih Bedanya Business Intelligence dengan Business Analyst?