3 Karakter Penting Dunia Startup yang Harus Kamu Tau
Buat kamu yang ingin buat startup, 3 karakter penting ini harus kamu miliki dan kuasai dulu

3 Karakter Penting Dunia Startup yang Harus Kamu Tau

Buat kamu yang ingin buat startup, 3 karakter penting ini harus kamu miliki dan kuasai dulu!


Siapa di sini yang belum nonton Serial Netflix Korea yang diambil dari TVN? Itu lohhh, yang dari kemarin lagi hype banget di kalangan para pecinta drama korea. Yak, bener banget kita lagi ngomongin salah satu serial paling keren tahun 2020 kemarin yang judulnya “Start-Up”.


Sesuai judulnya nih, kisanak udah pasti bisa menebak cerita apa yang ada di serial ini. Yaa apalagi kalau bukan tentang startup? Pokoknya ini serial keren banget dan super duper worth untuk ditonton, apalagi buat kamu yang tertarik banget di dunia startup. 


Ngomongin soal serial ‘Start-Up’, kisanak tau nggak sih kalau ternyata ada banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari alur cerita serial tersebut? Kisanak bisa tau soal alur yang benar untuk mendirikan startup. Nggak cuma itu aja, di serial ini kisanak bakal dikasih tau banyak istilah-istilah tentang dunia startup yang mungkin belum pernah didengar oleh kisanak.


Siapa di sini yang mau mendirikan startup hayoo? Kamu tim Han Ji-pyeong atau Nam Do-san?


Eiittsss, sebelum memikirkan jawaban untuk tim mana yang kamu pilih, hari ini Qatros bakal jelasin dulu nih tentang tiga karakter penting startup yang harus kamu tau sebelum mendirikan startup. Setelah kamu tau, kamu bisa pilih deh siapa di antara Han Ji-pyeong dan Nam Do-san yang cocok sama karaktermu. Simak ya!


  1. Hustler (Si karakter penting dunia Marketing dan Bisnis dalam startup)


Nggak bisa dipungkiri, salah satu alasan untuk mendirikan perusahaan adalah untuk menghasilkan uang. Dalam setiap tim pengembangan startup, kisanak akan selalu butuh seorang Hustler. Kenapa begitu?


Hustler adalah salah satu karakter penting startup karena orang ini adalah seorang visioner dalam hal berjualan. Biasanya, karakter hustler dalam startup ini dimiliki oleh para pimpinan atau CEO seperti Seo Dal-mi. Persis kayak Dal-mi, seorang hustler adalah tombak terdepan sebuah startup. Kalau kamu merupakan seorang hustler, maka kisanak dituntut untuk dapat menjual ide ke investor dan membentuk networking yang baik bagi startup yang sedang kisanak rintis!


  1. Hipster (Si anak paling kreatif dalam startup)


Saat ini tingkat kreativitas seseorang sangat diperhitungkan, apalagi di dunia startup. Karakter kedua paling penting dalam startup adalah karakter hipster. Bisa dibilang, para hipster ini adalah pemberi warna bagi startup.


Maka dari itu, jangan heran kalau anak-anak hipster di dunia startup ini adalah anak-anak yang super kreatif dan memiliki desain di bidang desain. Seorang hipster ini dituntut untuk selalu up-to-date  dengan perkembangan sosial media dan memiliki cita rasa yang bagus yang nantinya bakal memberikan citra bagi startup sebagai sebuah perusahan yang super unik dan bagus.


  1. Hacker (Sang Denyut Nadi Startup)


Startup saat ini selalu identik dengan penggunaan teknologi. Untuk itu setiap startup ini membutuhkan orang dengan karakter si hacker. Orang dengan karakter ini adalah orang yang biasanya bertanggung jawab dengan urusan teknologi dalam startup. 


Hacker ini adalah orang-orang yang paham baik mengenai dunia programming dan coding. Bayangin gimana jadinya sebuah startup kalau nggak ada sang hacker? Bisa apa hayo?


Nah itu dia tiga karakter paling penting dalam dunia startup yang  harus bisa kisanak miliki sebelum mendirikan startup. Hayooo, setelah baca ini kira-kira karakter apa sih yang paling cocok sama karakter kisanak? Kisanak tim siapa nih jadinya? Tulis di kolom komentar ya!


Sign in to leave a comment
Lebih Dekat dengan Software Quality Assurance
Lewat proses Software Quality Assurance ini para QA Tester atau seorang QA Engineer dapat memeriksa dan menjamin kualitas serta mengetahui jika ada kesalahan.